Monday, January 19, 2009

Ngehina Sastra? Vous etes abrutis!

Waktu SMA, aku IPA. Tapi waktu SPMB aku ngambil IPS, aku pengen banget kul di jurusan Hubungan Internasional soalnya aku suka banget politik luar negeri. Aku bingung pilihan keduanya apa. Aku liat semua jurusan n aku tertarik ma sastra Perancis. Aku pengen banget bisa bahasa Perancis. Bahasanya romantis, enak didenger, dipake di banyak negara n nasionalisme mereka juga gede banget! Mereka ga mau pake bahasa Inggris. Orang tua aku sih setuju-setuju aja, yang penting aku suka n semangat jalaninnya. Mereka emang orang tua yang demokratis! J'aime ma parents! jadi aku pilih HI n Sastra Perancis UNPAD. Ternyata aku keterima di sastra Perancis Unpad.

Mungkin banyak yang masih menganggap sastra sebelah mata. Paman aku bilang "klo mo bisa bahasa Perancis, les aja di CCF." Tapi kan sastra Perancis tuh ga cuma belajar bahasanya aja. Tapi semua aspek Perancis! Dan di UNPAD, semuanya sastra, ga da jurusan bahasa. Klo mau bahasa doang, kul di UPI aja. Kata temen aku juga waktu mereka di angkot mo ke kampus, ada anak jurusan TIP yang bilang "Gimana UAS nya? Nilai gue kayaknya bakal jelek nih, ntar klo nilainya jelek-jelek pindah ke sastra aja yuk?!" Trus mereka ketawa. Mereka ga tau di angkot itu ada anak sastra Perancis.

Emang mereka pikir sastra tuh gampang apa?? Kebanyakan tuh anak-anaknya ga ada basic sedikitpun, trus dari pertama kul langsung pake buku yang didatengin langsung dari negaranya masing2 n of course pake bahasa masing-masing, ga pake bahasa Indonesia kayak mereka! Pasti susah kan ngeset otak kita yang otaknya udah bahasa indonesia n inggris tiba-tiba belajar bahasa asing. Sastra Indonesia juga ga gampang, belajar bahasa Belanda, bahasa daerah lain n belajar bahasa Indonesia yg bener. Emang bahasa Indonesia kalian dah bener apa?? Sastra Sunda juga belajar bahasa Belanda n klo mau S2, harus di Belanda karena di Indonesia ga ada!

Di jurusan sastra Perancis, semester 3 tuh dosen2nya dah pake bahasa Perancis semua ngajarnya. Apalagi semester keatas lagi! Bahasa Perancis tuh salah satu bahasa yang paling susah di dunia. 16 tenses bahasa Inggris ga ada apa-apanya! Semua kata kerja berubah tergantung subjeknya n kalo waktunya beda, kata kerjanya berubah lagi, trus semua benda di dunia dibagi ada yg masculin n feminin, emang gampang ngapalinnya? Blom lagi kalo sampe semester 4 nilainya jelek2 bisa dikeluarin dari sastra Perancis. Dari semeter pertama aja dosen2 dah ngingetin n selalu bilang "Salah sendiri kalian milih jurusan ini. Kalian harus punya tekat. Kalian juga harus punya bakat, kalo kalian ngerasa ga punya, mendingan kalian cepet2 keluar dari sini n cari jurusan lain" Ketua jurusan juga selama semester 3 ini selalu bilang, "Kalian segera siap2 deh buat daftar ke jurusan atau universitas lain...!"

Kalopun dah lolos dari pengeluaran di semester 4, jurusan sastra Perancis tuh jurusan yang paling lama lulusnya dibanding jurusan lain, bisa sampe 5 tahun. Kita juga dikasih tau gimana cara pikir orang Perancis, apa aja kebaikan dan keburukan mereka. Jadi kita bisa saring sendiri. Yang baik-baiknya kita terapkan. Orang Perancis tuh selalu on time n berpikiran logis banget. Dan aku ngerasain perubahannya, setelah semester 3 ini, pikiran aku jadi lebih logis, sebelumnya selalu pake hati n perasaan. Kita juga dididik untuk berpikiran dan bersikap seperti orang Perancis yang punya attitude. Kita juga harus tau makna/pesan yang tersimapan dibalik sebuah bacaan. N kita harus berpikir keras n sangat logis biar tau.

Buat yang ngehina, kalian tuh kul blajarnya masih pake bahasa Indonesia, jadi gampang kan ngapalin semua materi kuliah kalian?! Asal kalian tau aja, jurusan sastra Perancis tuh satu2nya jurusan sastra di Unpad yang diakui di seluruh dunia. Dan di Indonesia, cuma sastra Perancis Unpad dan UI yang diakui di seluruh dunia. Kita kalo mo sidang aja harus punya nilai TOEFL 500 dan DELF B2 (tes yang diakui di seluruh dunia dan berlaku seumur hidup)! Ga da yang nyangkal juga kalo ada banyak orang yang pengen belajar n pengen bisa bahasa Perancis! Bahkan yang jurusan lain juga pengen kuliah di Perancis kan?! Klo kalian ngehina lagi, kami tinggal "jawab" pake bahasa Perancis biar kalian ga ngerti n kalian pastinya jadi bakal diem n malu sendiri gara-gara ga ngerti... La litterature francais n'est pas facile et si vous nous humiliez, vous etes faux et abrutis!!

MAAF kalo kata-katanya agak KASAR, tapi MAAF juga, kalian dah NGEHINA jurusan yang SALAH!! :)

63 comments:

  1. tak ada satu ilmu yang lebih berguna dari ilmu yang lain, seluruh ilmu yang kita terima ibarat organ tubuh yang kita miliki, saling melengkapi dan saling mendukung

    ReplyDelete
  2. setuju aku skrang juga SMA di Ipa , baru mau lulus tahun depan, penginnya sih juga ambil sastra Prancis, aku baca di post mu yang "Sastra Prancis Memakan Korban" , aku udah ngira dari awal kalo ambil sastra Prancis pasti susah banget, apalagi aku belom punya dasar apa" , baca postnya situ yang itu, jadi minder sndiri mau masuk sastra Prancis, kayaknya sebegitu susahnya , gimana dong ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hanako! Hehehe Jangan kuatir! Kalau kamu emang niat masuk SasPer n pas kuliah kamunya rajin, kamu pasti bisa kok bertahan di SasPer bahkan lulus dengan cumlaude. ;) Temen-temen saya banyak yang males2an dan asal-asalan masuk SasPer makanya kuliah mereka juga berantakan. Saya juga dulu ga ada dasar sama sekali bahasa Perancis kok :) Ayo semangat! ;)

      Delete
  3. Bonjour, tulisan yg di atas truly something banget. Aku jadi mikir keras betapa indahnya bahasa perancis itu sendiri. Tapi mikir keras juga betapa sulitnya bahasa perancis. Sama kaya hanoko nih, aku baru mau lulus tahun depan. Dan niat ngambil sastra perancis nantinya, buat masuk ke sasper itu sendiri `sulit ga sih?` . Trus harus ya punya bakat di saster? Kalo masalah bakat bingung nih cara ngegali bakatnya. Biar pas nanti masuk sasper ngga kaget. Merci ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour! Makasih banyak udah berkunjung dan komen ^^ Wah...bagus2! Hmm...klo buat masuknya sih ada jalan yang mudah, ada juga yang sulit. Kalo lewat SNMPTN ya sulit banget karena bersaing dengan calon maba seIndonesia tapi klo lewat jalur khusus penerimaan mahasiswa UNPAD ga terlalu sulit ;)
      Hmm...mungkin klo ga punya bakat juga tetep bisa kok, yang penting rajin belajar dan kuliahnya semangat ;) Jangan males hapalin konjugasi kata kerja bahasa Perancis juga :D
      Semangat ya dan semoga berhasil! Bonne chance

      Delete
  4. Pernah ngalami juga.. aku dari Sastra Indonesia.. aku sangat suka sastra, entah dalam negeri atau luar krn aku suka baca.. tp ketika aku berniat masuk sastra, bny orang menanyakan: "kalo di sastra kerjanya apa", "ada to jurusan sastra indonesia?". nylekit emg.. dulu sempat disuruh ortu ambil sastra inggris, biar cari kerja gampang, tp aku gak sreg masuk sastra asing, krn gak tau sama sekali soal sastra di negeri sendiri terus tiba2 masuk sastra asing, akhirnya tulus tanpa keadaan terpaksa, aku ambil sastra indonesia.. dan sma seperti km, setelah masuk di sastra aku merasakan perbedaan dari segi pola pikir. di jurusan sastra, aku menemukan bagaimana ide-ide atau gagasan menjadi sesuatu yg sangat penting daripada materi. sewaktu awal semester, dosenku pun pernah cerita pengalamannya ketika berhadapan dg pertanyaan serupa tentang kuliah sastra: "apa manfaatnya kuliah sastra?", dosenku pun memberikan kata kunci: "peka". melalui sastra, tidak hanya belajar soal teks, tp juga kebudayaan yang dibawa si teks itu. dan benar, kenyataannya, kepekaan seorang non-sastra dg seorang anak sastra terhadap fenomena-fenomena yg hadir, ditanggapi dg cara yg berbeda. anak sastra cenderung kritis, sedang non-sastra (mengabaikan ilmu sastra) cenderung apatis.

    tulisan yg bagus, cuma masih terlalu emosional ya untuk menanggapi reaksi masyarakat awam. mungkin lebih baik dikemas dg bahasa yg baik. salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal Okta! :) Wah saya salut dengan pilihan dan pemikiran kmu! ^^
      Iya, pendapat2 kamu emang bener banget! :)
      Hehe iya waktu itu baru awal2 masuk kuliah n masih ababil jadinya emosional deh. haha
      Sekarang mah udah lulus dan lebih tenang ;) Makasih banyak udah berkunjung ke blog saya dan sudah komentar.
      Semoga sukses ya kuliah di Sastra Indonesia-nya dan untuk karir selanjutnya :) Indonesia sangat butuh orang-orang yang mencintai sastranya seperti kamu :)

      Delete
  5. Salut! Kak, aku mau nanya nih. Di sastra perancis semester pertamanya kayak apa kak? Plis kak jelasin yang jelas ya:))) soalnya aku mau ngambil ini jurusan. Merci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut! :)
      Semester pertama belajar bahasa Prancis yang dasar-dasar seperti pengucapan, alfabetis, angka-angka, konjugasi verba-verba penting, pengenalan bahasa Prancis dan negara Prancis, mendengarkan percakapan sederhana, dll. Yang jelas semester pertama kamu harus udah mulai rajin, rajin nyatet dan rajin ngapalin :D Kalau kamu dasarnya bagus, insya Allah ga akan ada halangan untuk semester2 selanjutnya :)

      Delete
  6. Salut, Ricky. Je m'appelle Btari. Aku tertarik buat masuk unpad, kira2 cara buat masuknya gimana ya? Harus ikut test apa aja? Merci d'avance:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut Btari!
      Untuk masuk SasPer UNPAD kamu bisa ikut tes SMUP (Saringan Masuk UNPAD) atau melalui tes nasional seperti SPBM. Sekarang ga tau namanya apa, abisnya berubah terus sih. Haha. Tapi kamu harus ambil yang IPS. Kalau kamu lolos SMUP, kamu bisa otomatis masuk SasPer Unpad kalau emang pilihan kamu itu. Ayo semangat! kabar2i ya :)

      Delete
  7. Ka aku mau nanya, aku mau masuk sastra perancis tapi aku gapunya dasar perancis sama sekali, karena sekolah aku bahasa asingnya bukan perancis, masih memungkinkan gak buat ngambil sasper?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Saya waktu pertama kali masuk SasPer juga ga punya basic apa-apa kok. Dan mayoritas anak SasPer ga punya basic french sama sekali, jadi kamu ga usah khawatir. :)

      Delete
  8. kaka, salam kenal. saya mau bertanya, sesulit apa bahasa prancis itu ka ? soalnya saya suruh ngambil sastra prancis, tapi saya tidak punya basic dari awalnya ka ? mohon bantuannya ka. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut Ayu! Saya waktu pertama kali masuk SasPer juga ga punya basic apa-apa kok. Dan mayoritas anak SasPer ga punya basic french sama sekali, jadi kamu ga usah khawatir. Bahasa Prancis itu sulit karena ada jenis kelamin untuk semua benda (harus dihafal), trus semua kata kerja berubah sesuai subjeknya, dll. Tapi kalau kamu rajin belajar, kayaknya ga akan ada hambatan apa-apa :)

      Delete
    2. Ka, bahasa Perancis itu ada tenses kaya inggris ga ka? Merci

      Delete
    3. Hai Farida.
      Ada kok. Tapi aturannya lebih teratur. hehe

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Aku anak sains tapi sangat tertarik ke sastra, art of words itu lho yg bikin keren. Bahasa Indonesia aja belum aku kuasain sepenuhnya..
    Keren banget blognya..
    Gara2 blog ini jadi pengen belajar bahasa Perancis jga haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rasyid! Makasih buat kunjungan dan komennya ^^ hehe Sama saya juga merasa ga ada apa2nya dalam bahasa Indonesia, tapi dengan belajar bahasa asing, wawasan kita jadi lebih terbuka dan kita sadar dan semakin bersyukur kita punya satu kekayaan yang tak ternilai: Bahasa Indonesia dan bahasa2 daerah yg ga dimiliki bangsa lain. Ayo belajar bahasa Prancis... hehe

      Delete
  11. Kakkk senior ,aku mau nanya kk ambil sasper dari tes sbmptn ,brp passing gradenya ?? Aku abis kelar sbmptn kemarin dan aku pilih sasper smua ui,unpad,dn upi. Aku tkt ga keterima smua :'((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ade... Hmm...waduh udah lupa waktu itu PG nya berapa... Kalau sekarang brp gitu?? Wah kamu niat bgt ya masuk SasPer?? hehe. Harus optimis dong! Saya doain semoga kamu lolos SBMPTNnya... Kabarin saya ya hasilnya! ;)

      Delete

  12. Halo kak! Aku kan skrg naik ke kelas 3 sma dengan jurusan ipa. Nah kebetulan kalo seandainya aku dpt undangan, aku pengen nyoba daftar hi ui dan sastra perancis ui. Tp yg aku takutin itu krn sastra perancis susah bgt kan ya kak? Sementara kayak temen aku udh nyaranin aku les dan bilang "kalo ga les nanti pas kuliah lo bisabisa kayak anak tk sementara temen2 lo udh kayak anak sma". Benerkah itu kak? Terus kalo mau masuk sastra perancis itu tesnya apa aja ya kak? Matematika? Bahasa inggris? Atau apa? Terimakasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...sebenernya susah atau gampang itu relatif sih... Semua bahasa juga ada tingkat kesusahannya masing2. Tp klo kamu beneran niat kuliah dan rajin mah ga kan ada masalah kok ;) Saya juga pas mulai kul ga tau apa2 ttg bhasa Prancis dan selama kul ga les juga. Tapi tetep bisa lulus dengan memuaskan kok :)
      Tapi klo kmu jadinya ambil HI, ya udah mending les bahasa Prancis aja
      Klo saya masuknya SNMPTN (dulu). Klo masuk jalur khusus Unpad (SMUP) mungkin matematika dasar bahasa Indonesia dan b. Inggris :)
      Semoga berhasil ya!

      Delete
  13. Kak Ricky ,
    Kak ricky uda semester berapa kuliah di Sasper ? Atau uda lulus ?
    Kalau uda lulus , sekarang kak ricky kerja jd apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aries! Saya sudah lulus tahun 2012. Insya Allah bulan depan lanjut S2 di Perancis. :)
      Makasih udah berkunjung dan komen di blog saya :)

      Delete
  14. Salut Kak,
    Pengen minta saran dan masukan nih, boleh gak? Boleh ya?
    Aku pengen banget masuk Sastra Perancis UI, soalnya akreditas sekolah mendukung, aku sekolah d salah satu SMAN favorit di Medan, trus udah ada basic juga
    Tapi kalo buat kuliah di luar kota apalagi jakarta, kayaknya org tua aku gak bakalan sanggup biayain aku kak,
    Kalo aku kuliah di daerah aku, gak ada sastra perancis..
    Dilema kan kak?
    Kasi saran ya kak, Merci...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nia! Maaf saya sudah lama ga buka blog. Lagi sibuk kuliah., hehe
      Gimana ada perkembangan terbaru tentang sekolah kamu?
      Hmm...sudah coba minta bantuan/beasiswa ke pihak kemdikbud atau universitas?
      Kalau memang betul-betul ga bisa sekolah Sastra Prancis di luar kota, saya sarankan lebih baik pilih jurusan lain yang kamu suka, tapi kamu tetap belajar bahasa Prancis secara otodidak, lumayan kan nanti bisa kepake kemampuan bahasanya dan kamu punya kemampuan yg lain sesuai jurusan yang kamu ambil. Di Medan juga ada IFI, kamu bisa les bahasa Prancis di sana kalau kamu ada rezeki :)
      Bonne chance!

      Delete
  15. Halo kak, aku seneng belajar bahasa khususnya sih bahasa asing. Dan aku juga seneng tentang yg berhubungan dgn luar negeri gitu. Jadinya aku ragu kak harus milih jurusan hi atau sastra? Kalau HI kan mencakup lebih banyak kalau sastra cuma satu; sastra prancis, sastra inggris,dsb. Saran kakak gimana? Dan kalau lulus jurusan sastra, kerjanya apa ya ka? aku kepingin kerja di luar negri hehe. Terus yang diuji kalau tes jurusan sastra apa aja kak? Maaf banyak nanya ya kak hehe. Thankyou!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey! Saya juga dulu kayak kamu. Seneng sama yg berhubungan ma Internasional dan negara2 lain. Kamu lebih berat kemana? Saran saya pilih apa yg kamu sukai banget. Masuk HI bagus, tapi kemampuan bahasanya kurang. Soalnya klo pengen jadi diplomat, lebih bagus juga bisa bahasa lain selain bahasa Inggris. Lulusan Saspran banyak yg kerja di bank, jadi dosen, di perusahaan swasta, media, dll.
      Kerja di luar negeri sebagai apa?
      Saya ikut SMPTN (nama jaman dulu) ya ditesnya bidang IPS. matematika, bahasa Indo, Inggris, dan IPS.
      Good luck buat kamu :)

      Delete
  16. hai kak.. salam kenal ya..
    aku mau tanya, kalau kuliah di jurusan sasper, setelah lulus peluang kerjanya dimana saja ya dan sebagai apa ya? soalnya aku uda kls 12 dan tertarik masuk sasper di UNPAD lwt SNMPTN(semoga) hehe.. selain itu klo di UNPAD cara pembayaran administrasinya bgaimana ya? hehe
    maaf kalau banyak nanya.. makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Angelika ! Salam kenal :)
      Lulusan Sastra Prancis peluang kerjanya luas kok. Temen2 saya banyak yang kerja di bank, stasiun TV, koran, majalah, sekolah asing (Prancis) di Jakarta, jadi dosen, dll. So jangan kuatir ! ;)
      Pembayaran SPP nya setiap semester dan di awal masuk ada biaya juga yang harus dibayar. Menurut saya kuliah di univ negeri ga ribet dan ga semahal kalau kuliah di swasta :)
      Semangat ya Angelika ! Semoga impian kamu tercapai!:)

      Delete
  17. hi kak! aku tertarik banget sama sasper. Kuliah jurusan sasper tuh ada belajar menghitung juga ngga ka kaya jurusan jurusan yang lainya?soalnya aku paling gasuka banget sama yang namanya berhitung. Aku bener bener tertarik banget sama sasper meskipun aku gapunya basic apaapa tapi yakin aja kalau aku bisa (kebangetan optimis). Oiya mohon infonya ya ka hehe terima kasih^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Dinan ! Hahaha saya juga milih SasPer karena ga mau ada hitung2an dan kenyataannya emang ga ada sama sekali ! Jadi jurusan ini tepat banget buat kamu ;) Saya juga milih SasPer ga ada basic sama sekali kok. Saya SMA nya jurusan IPA, SMPTN ngambil jurusan IPS dan akhirnya keterima di SasPer. Beda banget kan ? :D Sekarang saya master di Perancis ambil pariwisata. Ga ada basic juga. Kalau kamu semangat dan suka ma apa yang kamu kerjakan pasti bisa kok :)
      Kasih kabar ya kalau jadi masuk SasPer :)

      Delete
  18. Salut!
    Setuju sama apa yg kamu tulis diatas. Sastra ga bisa diremehin begitu aja. Tanpa sastra, ilmu pengetahuan yg lain itu bukan apa apa. Toh, semua buku yg dipakai untuk belajar ditulis dgn baik kan? Karena adanya sastra. Entah itu dlm bahasa indo,inggris ataupun perancis.
    Saya belajar bhs perancis di IFI thamrin dan mulai jatuh cinta dgn perancis karena keunikannya. Apa yg ditulis tdk sama dgn yg diucapkan dan itu beda sekali dgn bhs inggris jurusan yg skrg saya pelajari selama 6 semester.
    Dan asiknya, bhs inggris, bhs perancis, dan bhs spanyol punya sedikit persamaan. Dan itu memudahkan saya utk belajar ketiganya secara bertahap. Jangan ragu utk pilih sastra. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut Lili !
      Bener banget semua pendapat kamu ! :)
      Makasih buat komentarnya! Wah kamu belajar bahasa Spanyol juga ya ! hehe Saya juga lagi belajar nih. Semangat buat kita ! :)

      Delete
  19. Salut! Hai kak, aku kan sekarang 3 SMA dan bentar lagi akan melanjutkan ke perguruan tinggi dan aku juga tertarik sama perancis. cuma disini aku masih belum bisa membedakan antara sastra dan bahasa perancis karena yang aku lihat di ugm adanya sastra perancis dan di uny itu bahasa perancis. kira-kira bedanya apa ya kak dalam pembelajarannya? merci^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Selviana !
      Memang agak beda antara jurusan Sastra dan Bahasa Prancis. Kalau di Sastra, kamu bakalan mempelajari sejarah negara Prancis, sejarah literaturnya, karya sastra Prancis yang populer, ekonomi, politik dan segala sesuatu tentang Prancis. Sastra lebih luas mata kuliah yang dipelajarinya dibandingkan bahasa. Menurut saya lebih baik kamu ambil Sastra. Tapi kamu bisa juga lihat daftar mata kuliah kedua jurusan tersebut dan bandingkan mana yang bakalan kamu lebih sukai nantinya ;) Semoga membantu :)

      Delete
  20. Salut
    bg ricky..selamat ya karna udah berhasil lulus dan kerja di Prancis :)

    bg, sebelum masuk di saspra unpad kemampuan b.inggris bg udah bgus atau belum??apakah ntuk msuk saspra kmampuan b.inggris kita hrus bgus dan fasih??apa mahasiswa saspra t b.inggrisny udah jago,bg ?apa aja strategi bg supya bisa menguasai bhasa prancis n sastra prancis??trus bg bisa S2 d prancis krna dpat beasiswa kah??

    aku senang bisa ngebaca tulisan bg krna memotivasi jga aku setuju bahwa saspra n sastra yg lain bukan mata pel yg gampang dikuasai kyak membalikkan telapak tangan..
    aku ami, siswa sma klas 3 ipa..ntuk ngelanjutin Kuliah aku tertarik bnget masuk saspra atau sasjerman UI aku jg mudeng sama jurusan HI krna dasarnya aku suka belajar yg berhubngan tentang negara2 lain dan bersosialisasi dngan bnyak orang..jujur aku gak takut ntuk prospek ke dpan dngan jurusan saspra atau sasjrman jika kita giat, n rajin cuma aku dilema krna kmampuan b.inggris aku masih pasif tapi aku minat bnget dngan jurusan ni,,
    n aku jg udah rencanakan strategi ntuk perbaikin b.inggris biar lebih srta rajin download video dr youtube ntuk blajar alfabet, angka , bhasa prcakapan sehari2 prancis n jerman( bljar otodidak dulu sbgai pemula :) )
    krna t aku mohon balas, saran n motivasiny ya bg:)merci.

    semangat ntuk maju ya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut Ulfa ! Terima kasih sudah baca blog saya dan kasih komentar :)

      Kenapa kamu berpikir kalau masuk SasPran harus bisa bahasa Inggris? Anak-anak SasPran banyak kok yang ga bisa bahasa Inggris! hahaha. Lagian bahasa Inggris dan Perancis beda, jadi kamu ga usah kuatir. Kamu ga harus bisa bahasa Inggris kalau mau masuk SasPran or Sastra jerman tapi ya lebih baik lagi kalo kamu bisa bahasa Inggris karena bahasa Inggris penting buat karir kamu ke depannya. Apalagi di Indonesia sekarang sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN.

      Iya alhamdulillah saya bisa S2 di Prancis karena dapet beasiswa. Kamu bisa baca tulisan saya di sini http://rickylicious.blogspot.fr/2014/08/perjuangan-dua-tahun-akhirnya-berbuah.html ;)
      Dulu juga saya pengen banget kuliah di HI tapi SNMPTNnya keterima di SasPer :D
      Tapi peluang kerja SasPer atau SasJer luas kok! Temen2 saya banyak yang kerja di bank, koran, majalah, TV, jadi dosen, di kantor swasta lainnya. Jadi kamu ga usah kuatir.
      Semoga jawaban saya membantu kamu. Jangan sungkan buat tanya2 :)
      Semangat ya buat kamu juga, semoga berhasil ! :)

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. yeeeah ada harapan buat masuk sastra prancis :') skrang gak ngelirik saspra ui tpi unpad jg hehe :D

    bg, berdasarkan pengalaman bg ni ya waktu di unpad..gmana sih bg lingkupan pergaulan mahasiswa saspra unpad???orang tua sama guru bk aku was-was jg tntang pergaulan d saspra unpad soalny lingkungan dpadang tu lumayan kental islaminy bg dr sd-sma semua siswa sekolah negri n beberapa swasta wajib pakaianny ketutup jd aku jg kebiasa pakaian tertutup..
    guru bk aku khawatir krna 5 thun yg lalu ada alumni aku msuk saspra ui eeh pas balik kpdang dia bisa dikatakan amburadul lah..

    please jawabanny y bg :)merci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di UNPAD pergaulannya ga ekstrem kayak di UI kok. Sahabat saya ada yang berasal dari Padang dan berhijab. Dia ga keganggu apa2 kok. Yang penting pinter2 milih temen. Tapi seangkatan saya 98% orangnya baik2 dan ga "nakal" ;) Jadi ga usah kuatir. Unpad masih kental ma budaya Sunda dan di sana banyak mahasiswi/a asal Malaysia juga.

      Delete
  23. Bonjour! Kak mau tanya, waktu kakak mau masuk SasPer tes-nya pelajaran apa aja? Dan di artikel kakak bilang klo mau sidang harus punya nilai TOEFL 500, apa nilai TOEFL jga wajib? Merci!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masuk lewat jalur SNMPTN IPS, jadi ya pelajaran2 IPS, bahsa Indonesia, matematika dasar, bhs Inggris. Iya TOEFL wajib kalo mau lulus aja :)

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Salut kak ricky, aku mau nanya dong kak gimana cara kaka bisa lancar bhs prancis, trus gimana persiapan kaka waktu mau tes delf sampek tes delf B2, dan gimana cara kaka bisa sampek ke prancis dan dapet kerjaan dengan lulusan sastra prancis? Tlg di jawab yaa kak merci beaucoup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut Yunita ! Pertama2 saya belajar bahasa Prancis nilai saya jelek2 karena saya ga terlalu semangat dan ga rajin belajar karna dulu pengennya masuk HI. haha Tapi setelah menerima kenyataan baru saya rajin belajar. Dan biar bisa lancar bhs Prancis emang harus rajin belajar dan praktekkin. Soalnya konjugasi dan genre harus dihapal. Persiapan DELF harus banyak baca artikel2 bahasa Prancis, banyak dengerin lagu atau nonton film Prancis buat listeningnya. Dulu begitu lulus lumayan gampang kok dapet kerjaannya. Trus saya mutusin buat lanjutin S2 dan daftar beasiswa. Diterima buat kuliah di Prancis sekaligus dapet beasiswa dari Pemerintah Prancis makanya saya bisa di Prancis skrg. Semoga pertanyaan2 kamu terjawab. Jangan sungkan tanya2 lagi klo masih ada yang mengganjal ;D

      Delete
  26. hai kak! salam kenal
    aku baru lulus smk dan ikut sbmptn, waktu milih jurusan aku bingung. aku inget guru aku bilang temennya yang ambil pend bhs prancis di UPI sekarang udh kerja di prancis dan lanjutin pendidikan di sana dan tinggal di sana juga. jadilah aku milih Pend Bahasa Prancis di pilihan kedua dan keterima. tapi sekarang aku bingung, selain karena aku ga ada basic bahasa prancis sama sekali, aku juga grogi sama embel 'pendidikan'. kesannya langsung jadi guru aja.
    menurut kaka nih yang anak saspra, ngliat anak pend. bhs prancis gimana sih? peluang kerja lebih sedikit ato gimana?
    makasih sebelumnya, sukses s2 nya di Prancis ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Chrisstela ! Selamat ya sudah keterima di Pendidikan Bhs Prancis ! :) Saya juga dulu ga ada basic sama sekali kok. 90% anak SasPer juga ga ada basic sama sekali jadi jgn kuatir. DUlu sih imej anak pendidikan tuh cara pengajaran dan materinya beda sama anak SasPer. Karena kita belajar tentang budaya, sejarah dan banyak hal mengenai negara Prancis. Tapi kalo kemampuan berbahasa Prancisnya mgkn sama aja. Kalo UNPAD punya standar, mahasiswanya klo pengen lulus harus punya sertifikat DELF B2 dulu. Kalo masalah peluang kerja sih kata saya mah sama2 aja ;)

      Delete
  27. Oui, c'est bien ça
    Je parle un petit peu Français . Hehe .

    Salam kenal kak, sastra jerman
    Kita tetangga ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha Salam kenal juga tetangga ! :D Makasih udah mampir blog saya. Danke schon! :D

      Delete
  28. Salam. Saya diterima di sastra prancis unnes, dan saya cari tahu tentang sastra prancis. Sudah banyak artikel2 yang saya baca, tp belum ada yang bisa menjawab pertanyaan saya "mengapa sastra prancis?" , "Mengapa jurusan sastra selalu diremehkan?" , juga banyaknya pertanyaan orang2 pada saya "mau jadi apa?" , "mau kerja apa?".
    Saya juga berfikir tentang pekerjaan dan akan jadi apa nantinya. Tapi saya tidak meremehkan seperti yang orang2 lakukan. Saya terus mencari tahu tanpa merasa puas sedikitpun dengan informasi yang saya peroleh. Semakin banyak saya mencari tahu, semakin banyak pertanyaan. Akhirnya saya sadar bahwa saya tidak akan merasa puas sebelum saya merasakannya sendiri.
    Btw, dipostigan ini saya merasa hancur dan takut. Kegiatan perkuliahan sastra prancis dikemas begitu menakutkan dalam postingan ini. Saya mempunyai saran, bagaimana kl kau memposting bagaimana perjuanganmu saat kuliah dijurusan ini. Seperti susah mudahnya, keuntungan kerugian, bagaimana menghadapai segala kesulitannya, pekerjaan/kegiatanmu sekarang. Itu akan sangat membantu dan membangkitkan semangat. Terimakasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Krasi ! Terima kasih banyak sudah berkunjung ke blog saya dan memberikan komentar. Hmm...ide kamu bagus banget. Sudah lama saya tidak menulis karena sibuk dengan perkuliahan saya dan kegiatan lainnya, tapi saya akan buat tulisan seperti yang kamu usulkan karena SasPer itu sebenarnya jurusan yang hebat.
      Ditunggu ya artikelnya ;) Semangat buat perkuliahan kamunya

      Delete
    2. Merci beaucoup^^
      Semoga sukses selalu yaa..

      Delete
  29. Kak, mau tanya dong. Aku minat masuk sasper nih. Tp ga ada basic sama skali. Skrg sih lg bljr bhs prancis dikit" lewat aplikasi Duolingo. Kalau kuliah sasper nanti ad pelajaran native nya nggak sih kak? Kudenger dr org" yg kuliah sasper katanya ada pel native jg. Kalo trnyata memang benar ada gmn ya kak? Aplg kalo pel native nya di awal" msk kuliah. Mana ngga bisa sm sekali bhs prancisnya. Nanti kalo gurunya ngomong dan aku ga ngrti hrs gmn dong? Hehehe. Makasih sebelumnya kak. Sukses selalu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Deasy. Saya pas masuk SasPer juga ga ada basic sama sekali kok. Jadi kamu ga usah kuatir. Masih mending kamu ada basic dan niat buat belajar dari Duolingo.
      Iya di Sasper ada kuliah sama native. Biasanya semester 3 atau 4. Kita juga ga ngerti semua apa yang dia ucapin kok tapi lama2 juga ngerti sendiri ma maksudnya. hehe. Jadi ga usah kuatir.
      Kalo kamu rajin belajar dan niat kuliah SasPernya pasti sukses.
      Makasih dah kunjungi blog saya dan sukses juga buat kamu.

      Delete
  30. Kak, kk masuk sasper dimana? Aku dari SMK kelompok Pariwisata, aku disekolah belajar Bahasa Perancis, alhamdulillah basic nya aku sdh paham, tapi yaa harus banyak belajar. Sekarang aku ikut SNMPTN UI jurusan sasper, kira-kira bakal diterima ga ya kak? :( Aku takut saingannya yg banyak anak SMA apalagi kalo mereka juga belajar Bahasa Perancis disekolah nya juga. Gimana peluang SMK di SNMPTN ini menurut kk? Merci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Din. Saya SasPer di UNPAD. Saya kurang tau gimana sistem SNMPTN skrg. Pastinya berbeda ma dulu. Kalau dulu sih saya anak IPA, buat masuk Sasper lewat SNMPTN saya ambil jurusan IPS jadi tesnya Matematika, Bahasa Indo, Bhs Inggris, Ekonomi dan Pengetahuan Umum. Jadi ga ada hubungannya ma kemampuan bahasa Prancis. Kalau kamu dapet nilai bagus di mata pelajaran yg diujiankan insya allah pasti bisa lolos. Bonne chance !

      Delete
  31. halo kaakk

    firstly i'd like to thank you for those words and insights about the literature world and how it is not easy to be learning one. karna ngga lama waktu itu juga wali kelasku sendiri sempat agak ngeremehin aku waktu aku bilang mau masuk jurusan sastra. he said (like any other typical people that don't understand literature at all would say) "jurusan sastra mau kerja apa? peluang kerjanya sedikit.". Nah, aku mau nanya nih kak if you don't mind :). kan kakak udah lulus tahun 2012 ya? setelah lulus itu kaka langsung lanjut S2 atau langsung kerja? dan kalo kerja itu prospeknya apa saja and how it affects your life in general after studying french literature? hehe maaf ya ka banyak nanya im a curious little kid.. makasih banyak sebelumnya!! :)

    ReplyDelete
  32. Gila kak.. Keren waktu bagian bahasa perancisnya. aku dari dulu pingin belajar bahasa Perancis. Aku pingin kuliah di Perancis. Emg susah bgt ya?

    ReplyDelete
  33. Bonjour, Je m'appelle Jefri. Je suis étudant à Bandung. J'aime apprendre le français et les autres langues :)

    Wah saya sangat suka baca postingan kakak. Benar tuh kalo sastra jgn diremehin. Walaupun saya mahasiswa teknik tapi saya juga suka belajar bahasa.
    Duluuu eh jadi curhat nih wkwk, saya mahasiswa IPA dan sejak SMA saya suka pelajaran bahasa prancis sewaktu di kelas, pas jalur SNMPTN saya takut ngambil HI karena lintas jurusan jadi saya memilih Teknik Pertambangan dan saya juga masuk. Emang disini tiap hari aku bertemu angka, simbol, persamaan pokoknya hitunganlah tapi saya gak pernah berhenti belajat bahasa biar ada skill hehehe.

    saya juga pengen melanjutkan pendidikan di Perancis, gimana sih kak caranya? Merci :)

    ReplyDelete
  34. akhirnya nemu juga postingan yg menguatkan aku hehe,, kebetulan saya maba jurusan sastra kak, sastra indo sih. lolos lewat jalur sbmptn. 22 juni nanti baru registrasi ulang.btw makasi kak,,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...