Friday, December 26, 2008

Meine Wohnung


Meine WohnungDas ist meine Wohnung. Meine Adresse ist 40192 Bandung, Utama straße 21. Meine Wohnung ist alt und groß, 190 m2. Einen Garten hat es auch. Meine Wohnung hat zwei Badezimmer mit Toiletten. Ein Badezimmer im Schlafzimmer aus meine Eltern, und ein außer die Küche. Mein Wohnzimmer ist auch sehr groß und hell. Dort steht zwei Sofa. Im Essenzimmer, dort auch Stühle und ein Esstisch. Wir essen gern im Wohnzimmer. Meine Küche ist klein. Ich haße eine Garage auch. Im meine Wohnung, steht das Gästezimmer, das Waschezimmer, und das Arbaitzimmer. Mein Waschezimmer ist sehr klein. Mein Schlafzimmer ist groß und hell.

Wednesday, December 24, 2008

Hari Ibu

Hari Ibu 22 Desember 2008 ini, aku ga bisa ngasih apa-apa ke ibu aku. Malem-malem setelah dia pulang kerja, aku ngucapin met hari ibu n aku peluk dia, dan minta maaf kalo aku ga bisa kasih ibu apa-apa. Trus ibu bilang « Ga apa-apa kok. Yang penting kamu rajin belajar… » Sedih rasanya…

Tuhan, Ricky pengen bikin semua orang yang kenal Ricky bahagia, apalagi orang-orang yang Ricky sayangi… Tapi Ricky hanya manusia yang bisa berbuat salah, maafkan dosa Ricky jika dengan tak sengaja pernah menyakiti mereka… ”

Merci Mon Dieu!

Ya Allah…makasih buat semua kebahagiaan yang telah kau berikan di tahun 2008, mulai awal Januari kemarin hingga penghujung tahun ini… Terima kasih juga untuk semua cobaan yang telah kau berikan, aku yakin itu yang terbaik untukku dan itu salah satu bentuk kasih sayang-Mu. Semoga di tahun depan aku menjadi orang yang lebih baik lagi ya Allah…”

Resolusi 2009

Tinggal menghitung hari, tahun baru akan datang. Tahun 2009, tahun yang aku tunggu-tunggu karena aku sangat suka angka 9. Hehehe. Di tahun depan, aku akan berumur genap 20 tahun! Oh mon Dieu, aku ga mau tambah tua (sebenarnya). Yah…tapi mau gimana lagi. Tahun depan aku dah ga berumur belasan lagi, tapi puluhan! Hiks..hiks..


Tahun depan juga aku bakal ikut Pemilu Nasional pertama. Aku ingin di tahun depan, aku bakal lebih dewasa dibandingkan sekarang, ga banyak cobaan, lebih rajin belajar, nilai-nilai aku lebih bagus, badan sixpacks ku bisa tercapai, hehehe. Semoga aku juga bisa tetep mempertahankan persahabatan aku dengan ke12 sahabat aku. Pokoknya tahun depan lebih baik daripada tahun 2008. I hope so!


Sebenernya tahun depan aku pengen banget nikah, di tanggal 09-09-09! I really love 9! Kapan lagi coba tanggalnya se-perfect ini? Tapi mo nikah ma siapa? Gila aja nikah di umur 20 tahun! Hehehe. Yah…semoga aja di tanggal itu ada momen yang berkesan buatku… Bienvenue 2009!

Maafkan… Pardon-moi!

Aku pengen minta maaf untuk orang-orang yang pernah aku bikin nangis, yang pernah aku kecewakan… Terima kasih banyak untuk semua support kalian, terima kasih banyak kalian telah memikirkanku. Terima kasih juga untuk cinta, kasih sayang, dan perhatian kalian semua buat aku, itu sangat berarti buatku. Sangat! Maaf jika aku tidak bisa membalasnya… Aku harap, kalian mau memaafkanku. Aku harap kalian akan menemukan orang yang lebih baik daripada aku…dan kalian akan bahagia…


Untuk orang-orang yang pasti sadar jika membaca tulisan ini…

I’m sorry…from the bottom of my heart!


Aku, seorang manusia-yang-juga-banyak-salah, yang mencoba untuk menjadi lebih baik lagi

Bandung, 23 Desember 2008

Sendiri ku termenung di kamar
Di rumah pun hanya sendiri
Sejak pagi hingga sore ini,
hujan terus mengguyur Bandung
Langit mendung kelabu
Udara dingin menyelimuti
Perasaan kesepian pun hadir
Ditambah perasaan rindu
Rindu akan kasih sayang seseorang,
Rindu kehangatan sahabat-sahabat

Sentimentil

Aku ga tau kenapa, di saat hujan datang, di saat ku sendiri termenung di kamar kesayanganku, dan ditemani alunan lagu-lagu mellow, tiba-tiba perasaan sentimentilku muncul tak terbendung… Teringat semua kenangan indah yang membuat bahagia, hingga kenangan menyakitkan yang membuatku sampai tidak nafsu makan… Aku jadi merasa kesepian meskipun banyak sahabat-sahabatku yang menyayangiku dan seseorang yang mencintaiku. Namun aku bersyukur diberi kemampuan untuk bisa menuliskan semua perasaan yang kurasakan meskipun tak dapat kutampilkan semuanya di blog ini…

Wednesday, December 3, 2008

Apakah Aku Cinta Padanya?

Ketika kamu bertanya: "Apakah aku cinta padanya?"
Iya, kamu cinta padanya jika:
Kamu merasa dia membuat hidupmu lengkap
Kamu tergila-gila padanya
Sehari tak bertemu, kamu akan selalu merasa rindu
Dia adalah semangatmu
Dia selalu terbayang dipikiranmu kapanpun dan dimanapun
Kamu merasa cemburu jika dia dekat dengan orang lain
Kamu akan merasa sangat sedih jika harus jauh dengannya
Kamu juga akan merasa sedih jika dia sedang sedih
Tapi kamu akan bahagia dan merelakannya ketika dia menemukan orang yang terbaik untuknya dan untuk hidupnya...
Meskipun akan sangat sulit bagi kita...

Kuasamu Atas Cinta

Tuhan, terima kasih karena kau telah mempertemukanku dengannya
Jika dia tidak baik untukku, tunjukkanlah padaku
Jika dia adalah orang yang tepat, jangan pisahkan kami
Jika masalah harus datang, kuatkanlah kami untuk menghadapinya
Jika kami harus berpisah, berikanlah aku sedikit waktu
untuk membuktikan padanya, bahwa aku sangat mencintainya

Sahabat

Sahabat adalah orang yang sangat spesial
Seseorang yang dapat kita percaya dan andalkan
Yang akan selalu menerima kita apa adanya
Kita selalu nyaman ketika bersamanya
Selalu ada untuk kita
Tak pernah lelah untuk membantu kita
Tak kan membicarakan keburukan kita di belakang
Tak mesti selalu membenarkan ucapan dan tindakan kita
Tapi juga menegur dan mengingatkan ketika kita salah
Jagalah persahabatan sebaik-baiknya,
karena persahabatan tak mudah dicari
dan tak mudah untuk dipertahankan

Hidup Manusia

Ingin rasanya berlari mengejar kebahagiaan
namun ia tak mudah tergapai
meskipun mencoba menolak sekuat tenaga semua kesedihan
namun ia akan tetap datang juga
keduanya akan menghampiri seorang manusia
makhluk yang tak punya kuasa apa-apa
yang akan merasa arogan jika sedang bahagia
dan akan merasa sangat rendah jika kesedihan menghampirinya
manusia sudah tahu bahwa hidupnya bagaikan sebuah roda
kadang berada di bawah, kadang berada di atas
namun dia akan lupa diri ketika sedang di atas
dan akan selalu cemas ketika dia berada di bawah
Itu akan selalu berulang tak kan berhenti

Tahukah Engkau

Tahukah engkau,
bahwa kaulah semangat hidupku
bahwa kaulah cinta sejatiku
bahwa kaulah udara dalam setiap nafasku
bahwa kaulah darah dalam tubuhku

Tahukah engkau,
bahwa aku tak berarti tanpamu
bahwa aku tak ingin kau tinggalkan
bahwa aku tak mampu hidup jika kau pergi
bahwa aku ingin selalu denganmu
bahwa aku...teramat mencintaimu!

Kamu adalah Jiwaku

Di saat aku bertemu denganmu untuk pertama kali
Itu adalah momen yang paling berkesan untukku
Di saat kau menjadi kekasihku
Aku adalah orang yang paling beruntung
Di saat kau menemaniku dalam suka dan duka
Itulah waktu yang paling membahagiakan
Di saat kau mengucapkan kata cinta
Kau memberiku harapan dan semangat
Namun di saat kita berpisah
Hatiku akan sangat hancur
Aku tak tahu apakah aku bisa menyusun kembali hatiku
yang telah hancur berkeping-keping
Aku tak tahu apakah hidupku akan lebih baik tanpamu
Aku tak tahu apakah aku bisa melupakanmu
Ataukah aku akan selalu memikirkanmu
Ataukah cintaku padamu akan selalu ada dihatiku yang paling dalam

Galau

Saat kutermenung sendiri di pojok kamar
Hujan diluar seolah menemani kesendirianku
Udara dingin menusuk hingga hatiku yang sedang kosong
Pikiranku pun kacau, entah mengapa...
Lagu-lagu cinta seolah menuntun kegalauanku
Kesedihan melanda, membuyarkan semua semangat
Merasa kesepian meskipun banyak yang menyayangi
Ku tak mengerti, apa yang sedang terjadi padaku...

Tak Kan Pernah Tahu

Jangan bertanya dimana cinta
Karena tak ada yang tahu dimana dia berada

Jangan bertanya kapan cinta muncul
Karena cinta akan hadir di saat yang tak terduga

Jangan menyangsikan cinta
Karena cinta akan membuat kita takjub

Jangan terlalu terlena dengan cinta
Karena kadang cinta menyakiti kita

Jangan mengkhianati cinta
Karena kita akan menyesalinya seumur hidup

Jangan pernah mencoba melupakan cinta
Karena cinta akan selalu melekat di hati dan pikiran kita

Kalau Cinta, Mengapa Menyakiti?

Aku sering menjadi tempat curhat teman-teman dan sahabatku
Ada yang bercerita dia sedang bahagia karena sedang jatuh cinta, baru jadian, atau karena bertemu kecengan walaupun melihat dari jauh. Tapi ada juga yang menangis padaku karena baru putus, disakiti, dan dikhianati. Cinta kadang membuat kita bahagia, sekaligus membuat kita menderita...

Ada yang sampai berkata: "Aku udah ga percaya lagi cinta!" atau "Semua lelaki brengsek!" Tapi mengapa orang yang menyakiti kita adalah orang yang kita sayangi dan cintai? Mengapa semua pengorbanan kita dibalas pengkhianatan?

Aku selalu berpesan pada mereka: "Walaupun kita disakiti, kita jangan sampai menyakiti orang lain! Kalau kita sampai menyakiti orang lain, kita sama bejatnya dengan mereka. Kalian harus percaya ma cinta sejati, karena masih banyak orang baik di luar sana."

Mungkin kita akan sulit untuk menemukan cinta yang benar-benar membuat kita bahagia, dan pasti akan banyak rintangan untuk menemukannya... Tapi jika kita saling menyakiti, semuanya ga kan ada habisnya! Semuanya tidak akan menjadi lebih baik... Jika kita disakiti, kita harus sabar... Yakinlah semuanya ada hikmahnya, biarlah Tuhan yang membalas orang yang menyakiti kita. Jika kita kuat, kita ucapkan: "Semoga kamu bahagia..." :) Berarti dia bukan yang terbaik untuk kita...

Kita Tak Tahu

Ada orang yang selingkuh
Ada orang yang setia

Ada orang yang romantis
Ada orang yang dingin

Ada orang yang perhatian
Ada orang yang cuek

Ada orang yang percaya dengan cinta
Ada orang yang meremehkan cinta

Kita tak kan pernah tahu,
orang macam apa yang akan kita cintai

Kita tak kan pernah tahu,
apakah dia tulus mencintai kita

Jika, Mengapa

Jika cinta itu datang untuk memberikan kebahagiaan
Mengapa cinta membuat kita sakit
Jika cinta itu ada untuk memberikan semangat
Mengapa cinta membuat kita kehilangan harapan
Jika cinta membuat kita berkorban
Mengapa cinta mengecewakan kita
Jika cinta berlimpah dengan kasih sayang
Mengapa cinta harus saling menyakiti
Jika seseorang selalu ada untuk kita karena cinta
Mengapa dia pergi di saat kita sangat mencintainya

Saturday, November 15, 2008

Bandung Tercinta (Bandung, Je T'aime!)

Bandung adalah ibukota Propinsi Jawa Barat dan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia. Jawa Barat merupakan salah satu propinsi termaju dan terpenting di Indonesia. Bandung tuh salah satu ibu kota propinsi (kota besar) yang terletak di dataran tinggi dan di kelilingi gunung, oleh karena itu hawa Bandung lebih sejuk dibandingin ma kota-kota besar lain.


Wlopun Bandung ga termasuk dalam 4 kota pembangunan utama yang ditetapkan oleh pemerintah, namun kota yang dinamis ini bisa berkembang dan maju dengan sendirinya dan bisa bersaing dengan 4 kota itu. Mungkin bisa dibilang juga Bandung tuh kota yang paling populer n "paling megang" kedua di Indonesia abis Jakarta. Sekarang aja stiap ada event-event yang diadain suatu produk atopun suatu pemilihan, pasti Bandung masuk dalam kota pilihan dari sedikit kota yang dipilih. Contohnya Indonesian Idol, AFI, Penghuni Terakhir, LA Light Indie Fest, Power of Putih Abu-abu (POPA), POP Mie Cheerleadance Competition, Laurier Cheerleaders Competition, Let's Dance, Idola Cilik, dll. Itu ngebuktiin klo para EO mengakui kalo anak-anak BDG tuh emang pada kreatif n berpotensial. Bahkan ada juga event gede yang hanya diadain di Bandung, yaitu Clear Nation Metamorphoself ma Sunsilk Girl's Day. (ini bkn iklan lho! He he he)

Banyak banget juga artis-artis dari Bandung...dah ga keitung deh banyaknya! Contohnya Harry Roesly, Raffi Ahmad, Dwi Andhika, Laudya Chintya Bella, Rachel Maryam, Bintang2 Extravaganza (Aming, Tikeu, Virnie Ismail,), Donita, Adly Fairuz. Trus atlet terkenalnya Taufik Hidayat ma Mia Audina.

Selain itu yang terkenal dari Bandung tuh musisinya yang terkenal di dunia musik Indonesia, banyak banget juga! Contohnya Mulan Jameela, Peterpan, Armand Maulana, Marcell, Edi Brokoli, Seurieus, Mocca, Ten To Five, ST12, The Changchuters, The Titans, Sindentoska, Aura Kasih, Dygta, Gea idol, The Cinnamons, Project Pop, Keyla, dll. Band-band indie nya juga bejibun n tersebar di seantero BDG. Banyak yang asalnya band indie or penyanyi kafe yang bisa maju n jadi terkenal se-Indonesia. Ga salah dong kalo Bandung dikasih julukan Kota Musisi.

Dulu asalnya Bandung mo dijadiin ibukota Indonesia oleh Belanda, makanya banyak BUMN yang berpusat di Bandung, contohnya PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), PT Telkom, PT Pos Indonesia, n IPTN (sekarang PT DI). Tapi untung aja Bandung ga jadi ibukota Indonesia, ntar Bandung jadi penuh sesak oleh para pendatang n warga Bandung ga bisa jadi tuan rumah di kota sendiri!


BDG juga punya 2 Perguruan Tinggi Negeri yang terkenal di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung ma Universitas Padjadjaran yang berarsitektur khas Sunda. ITB masuk dalam 100 Universitas terbaik di dunia dari 3 Universitas di Indonesia yg masuk daftar itu.
ITB punya banyak banget jurusan yang jadi favorit, mulai dari ilmu yang membedah perut bumi (geologi) sampai ilmu yang mengamati angkasa raya (astronomi). BDG juga punya teropong bintang peninggalan Belanda, yaitu Boscha. Trus ITB juga punya Sasana Budaya Ganesha. Hanya Bandung yang punya 4 Perguruan Tinggi Negeri, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Perndidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Sedangkan kota-kota lain maksimal hanya punya 3 PTN. Selain PTN, banyak juga PTS yang bagus dan berkualitas di Bandung, contohnya Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Bandung, Institut T
eknologi Nasional, dll. Ada juga IPDN.


Jadi ga heran kalo banyak banget mahasiswa dari seluruh Indonesia yg pengen blajar di BDG, ada yang jauh-jauh dari Medan, Bangka, Sulawesi, Kalimantan, dll. Hawa BDG ga terlalu panas dibandingin kota2 besar lainnya. Suhu Bandung rata-rata 18-32 derajat celcius. Kalau ada yang bilang sekarang Bandung jadi panas, itu karena PEMANASAN GLOBAL! DItambah pemerintah Indonesia tidak membatasi jumlah kendaraan pribadi jadinya banyak polusi.

Disamping itu mojang n jajaka BDG emg cantik2 n cakep2, didukung kulitnya yg kebanyakan putih n halus... Ga da yg nyangkal deh, sluruh Indonesia mengakuinya! (he he he, hiperbola bgt) Jadi ga heran kalo banyak cowok dari kota lain yg nyari cewek geulis BDG. Cewek-cowok yang cakep n cantik itu bersebaran di Bandung dengan berbagai profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, orang kantoran, hingga pelayan toko dan SPG/SPB.
Di Mirc, channel BDG aja banyak bgt org dari luar BDG yg pengen knalan ma org2 BDG, mereka bilang sih anak2 BDG tuh pd asik2. N perlu diketahui, channel BDG adalah salah satu channel yang paling favorit n rame! (Hampir) 24 jam channel ini selalu rame.
Cowok2 BDG juga terkenal dengan kegantengannya... Banyak cewek luar BDG yang kesengsem ma cowok BDG. Bahkan cowok2 luar BDG (luar Jabar) juga banyak lho yang nyari cowok2 BDG! (Lho...kok?! :) Ya..tau sendiri lah). Ga heran kalo banyak anak-anak Bandung yang jadi artis.

Setiap akhir pekan or pas liburan, BDG jadi macet bgt soalnya org2 JKT banyak yg liburan n belanja di BDG. BDG jg terkenal dgn Distro n Factory Outlet nya karena anak-anak Bandung yang kreatif yang mempelopori FO dan Distro di Indonesia, ga keitung banyaknya. Selain bagus2 barangnya, harganya juga terjangkau makanya org2 luar kota pd belanja di BDG. Banyak banget orang dari daerah lain yang pengen dateng ke Bandung, tapi terhalang kenda
la jarak yang jauh. Banyak juga bukan orang Bandung yang cinta ma Bandung. Teman-teman di Sumatera, Yogya, Kalimantan dan lainnya pengen banget dateng ke Bandung. Pokoknya masalah fashion, BDG megang bgt! Org2 BDG jg pada fashionable n gaul. Kalau ke mall aja, dandanannya diperhatiin, ga cuek kayak orang-orang di kota2 besar lainnya (menurut pengamatan). Masalah IT juga, anak2 remaja Bandung dah alert banget.


Jajanan makanan di BDG juga pada enak2 n banyak disukai org luar kota. Contohnya: Surabi, Cilok, Batagor, Cimol, Cireng, Combro, dll. Makanan Sundanya juga banyak yg suka. Ada juga Sop Buah yang penciptanya adalah orang Bandung. Banyak banget tempat makan yang enak-enak di Bandung, selain enak juga murah-murah. Ga heran klo Bandung sering diliput berbagai acara kuliner di TV.


Banyak tempat-tempat hangout/rekreasi di Bandung, ada mall2: Bandung Indah Plaza (BIP), Istana Plaza (IP), Cihampelas Walk (CiWalk), Braga City Walk, Bandung Super Mall (BSM), Paskal Hyper Square, Pizet Mall, Parijs van Java, Dago Plaza, Planet Dago. Kita juga bisa nongkrong di sepanjang jalan Dago, bisa juga ke Bukit Bintang, Ke Taman Ir. H. Juanda, ke Lembang, Maribaya, Pangalengan, Ciwidey, Kebun Binatang Bandung, Bandung Electonic Center, Plaza IBCC, Taman Lalu Lintas, Alun-Alun Bandung, Gasibu, Embassy Bandung, Score Bandung, Amare, Amnesia, Starbucks dan J-Co yang banyak di Bandung, dan masih banyak lagi.

Ga salah kalo Bandung dapet julukan Paris van Java, Paris nya pulau Jawa (bahkan Indonesia) karena Bandung punya daya tarik yang luar biasa, mulai dari masih banyaknya bangunan-bangunan tua, banyaknya pepohonan besar, suhu udara yang lebih sejuk dibandingin kota-kota lain di Indonesia, dengan fashionnya (anak2 BDG yang fashionable, dengan bertaburannya distro2), dengan musisi-musisinya, tempat-tempat nongkrong yang banyak dan nyaman, dan lain sebagainya. Kalo Paris punya Sorbonne, Bandung punya ITB. Bahasa Sunda juga punya "accent" sama seperti bahasa Perancis. Juga kalo bahasa Perancis semua kata kerjanya berubah sesuai subjeknya, kalo bahasa Sunda bahasanya berbeda-beda untuk tingkatan orang yang kita ajak bicara. Tapi kalo orang2 Perancis dibilang sombong di Eropa, orang Bandung/Sunda nggak, mereka ramah dan halus. Kalo landmark Paris tuh menara Eiffel, klo Bandung punya kantor gubernur yang paling terkenal se-Indonesia, yaitu Gedung Sate. Sekarang BDG punya landmark tambahan, yaitu Jalan Layang Surapati.

Club sepakbola kebanggaan Bandung adalah Persib Bandung!

Bandung punya banyak banget stasiun TV lokal, mungkin yang terbanyak di Indonesia. Ada 8 stasiun TV: Bandung TV, STV, TVE, Pajajaran TV (PJTV), MQTV, Space Toon BDG, CT Channel, ma IMTV, Jakarta aja cuma ada 3 TV lokal. Di Bandung juga pertama kali dibangun bioskop terbesar di Indonesia, yaitu Blitz Megaplex di Parijs van Java. Biasanya yang pertama-pertama suka Jakarta, tapi Blitz Megaplex pertama kali dibangun di Bandung. Operator-operator telekomunikasi juga jadiin Bandung sebagai tempat pertama ujicoba mereka. AXIS pertama kali ada di Surabaya dan Bandung, Flexi pertama kali ada di Jakarta dan Bandung, Esia juga pertama kali di Bandung n Jakarta. Makanya anak-anak Bandung up-to-date banget. Di Bandung banyak banget Circle K, di Jakarta aja jarang. Saksikan juga Seputar Jabar di RCTI setiap pukul 6 pagi yang menyajikan berita khusus Jawa Barat. Kalo seluruh Indonesia menyaksikan Seputar Indonesia, hanya Jawa Barat dan jawa Timur yang menyiarkan berita khusus kedua daerah itu (Seputar Jabar dan Seputar Jatim). Mungkin karena kedua propinsi ini ada propinsi yang paling banyak penduduknya, paling maju dan penting di Indonesia.

Bandung sering banget jadi tempat shooting film, contohnya film Mirror, Cintapucino, Love is Cinta, Tarix Jabrix, From Bandung With Love, Sering juga TV-TV ngadain berbagai acara musik dan acara lain di Bandung. BDG juga pernah jadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika thn 1955, dan itu bikin nama BDG dikenal di dunia internasional. Pokoknya kita harus bangga sebagai orang BDG n harus ngejaga nama baik BDG.


BDG: Music, "Flower" n Fashion City!

Museum di Bandung: Museum Pos, Museum Geologi, Museum Sri Baduga

Stasiun TV di Bandung: Bandung TV, STV, TVE, Pajajaran TV (PJTV), MQTV, Space Toon BDG, CT Channel, ma IMTV

Media cetak: Pikiran Rakyat, Radar Bandung, Galamedia, Majalah Grey, Ninetyniners Magazine

Jalan-jalan yang terkenal: Jalan Merdeka, Asia-Afrika, Dago, Braga, Riau/Martadinata, Setiabudi

Bangunan-bangunan tua di Bandung: Gedung Sate, Gedung Bank Indonesia, Kantor Antara, Gedung SMAN 3, 5, dan 20 Bandung,

Radio-radio terpopuler di Bandung: Ninetyniners, Ardan, Paramuda, OZ Radio, I-Radio Bandung, Prambors Bandung,


Masjid Terkenal: Pusdai Jabar, Masjid Istiqamah, Masjid Agung Bandung, Masjid Cipaganti

Cerita Mengharukan...

Ada cerita mengharukan... Waktu lagi nulis blog di depan komputer, aku dengerin radio Ninetyniners, di situ dibacain cerita nyata yang diambil dari internet. Kira-kira isinya begini:

Ada seorang pria di Taiwan bernama Abe, dulu dia orang yang tidak mampu, tapi setelah dewasa dia menjadi orang yang sukses dan bergaji besar. Dia hanya tinggal ma ibunya. Ibunya sudah tua, rambutnya ubanan, banyak luka bakar ditubuhnya, mungkin orang-orang akan merasa jijik jika melihatnya. Meskipun keadaannya begitu, dia tetap melakukan pekerjaan rumah seperti ibu rumah tangga lainnya. Setiap Abe membawa teman-temannya ke rumahnya dan teman-temannya bertanya "Siapa wanita itu?" Abe malah menjawab "Dia pembantu. Dulu dia ikut ibu aku, tapi sekarang dia sudah tidak punya siapa-siapa lagi, kasihan..." Astagfirullah!

Suatu hari, ibunya denger apa yang anaknya bilang ke teman-temannya yang dateng ke rumah, tentu aja dia sedih banget n sakit hati. Tapi dia hanya diam dan hanya bisa menelan ludah dan rasa sakit itu. Lalu setelah itu, setiap ada temen-temen Abe yang dateng ke rumahnya, dia selalu mengurung diri di kamar agar tidak membuat malu anaknya. Rasa sakit itu terus dia simpan hingga dia jatuh sakit parah... Kemudian Abe tidak sengaja menemukan sebuah kotak di lemari pakaian ibunya. Dia pikir itu isinya perhiasan, tapi setelah di buka ternyata isinya sebuah foto wanita cantik dan selembar potongan kertas koran yang memberitakan terjadi sebuah kebakaran dan seorang wanita menyelamatkan anaknya dari kebakaran itu dengan menutupinya dengan kain sehingga anaknya tidak luka sedikitpun.
Tanpa pikir panjang, dia langsung tahu bahwa wanita cantik itu adalah ibunya. Ibunya sekarang penuh luka bakar dan jelek karena dia menyelamatkan nyawa anaknya dalam kebakaran, ibunya rela berkorban untuk dia. Dia langsung menangis dan bersujud di depan kasur ibunya dan meminta maaf. Ibunya berkata: "Sudahlah, yang lalu biarkan berlalu. Ibu maafkan." Setelah kejadian itu, Abe jadi berani membawa ibunya berbelanja di supermarket, dan dia tidak sengaja bertemu seorang wartawan yang tertarik untuk menulis cerita ini...

Aku terharu banget denger cerita itu... Kalo aku jadi dia, aku bakal bahagiain ibu aku ketika aku dah sukses. Aku pengeeenn banget bahagiain ibu aku! Aku pengen bikin dia bangga. Aku pengen nunjukkin kalo semua usaha dia, semua kerja keras dia, dan dia kerja dari pagi sampe malem tuh ga sia-sia. Aku pengen bikin dia nangis bukan karena kesalahan aku, tapi karena dia nangis bahagia. Ibu...maafin aku kalo kadang aku bikin ibu kecewa... Bikin ibu kesel... Maafin semua kesalahan aku... Terus doakan aku... Insya Allah aku bakal bahagiain ibu dan bapak...

Buat kalian yang baca tulisan ini... Seburuk apapun orang tua kita (terutama ibu), kita harus menerima dia apa adanya, kita harus hormati dia, jangan sampe kita menyesal di kemudian hari, di saat dia dah ga ada...

Mall-mall (Les Hypermarches)

Mall-mall yang pernah aku datengin:


Bandung:Bandung Indah Plaza, Cihampelas Walk, Istana Plaza, Paskal Hyper Square, Pizet Mall, Braga City Walk, Bandung Super Mall, Mollis, Paris van Java, Jatinangor Town Square


Jakarta:Blom M Plaza, Citraland, Mall Taman Anggrek, Pondok Indah Mall, Plaza Semanggi, Mangga Dua Suare, Plaza Slipi Jaya, Plaza Senayan, Plaza Indonesia, Cilandak Town Square, Atrium Senen, WTC Mangga Dua, Pacific Place, Grand Indonesia, Pluit Junction, Mall Artha Gading, Gajah Mada Mall, Bintaro Plaza, Mall Kelapa Gading, Setiabudi, Lindeteves, Mega Mall Pluit, Cilandak Mall, Senayan City, Mall Citra klender, Roxy, Kalibata Mall, Arion Plaza, Mall Puri Indah, Tamini, Ratu Plaza, STC Senayan, ITC Permata Hijau, EX, FX, Plaza Ciledug


Depok:Depok Town Square, Margo City


Bekasi:Mega Mall Bekasi, Mall Metropolitan Bekasi


Yogya:Ambarukmo Plaza, Shafir Plaza, Mall Malioboro, Plaza Klaten (di Klaten)


Semarang:Simpang Lima Plaza, Citraland

Hangout di Mall


Aku seneng banget jalan-jalan ke mall. Soalnya disana banyak tempat-tempat yang enak buat nongkrong, ngobrol, makan, nonton film, dll. Ga tau knapa ga pernah bosen aja, pasti suasananya juga selalu berbeda... Apalagi kalo pergi ma temen-temen or sahabat-sahabat aku...

Mall paling favorit di Bandung buat aku n sahabat2 aku (mungkin juga smua org Bdg) sih BIP (Bandung Indah Plaza). Walaupun mallnya ga terlalu besar, tapi letaknya strategis, terletak di jalan Merdeka, deket jalan Dago, deket Gramedia n BEC, deket juga ma Balaikota. Mall ini lumayan lengkap juga, ada bioskopnya, ada McD, Starbucks, Jonas Photo, Toko Gunung Agung, toserba Yogya, Hypermart, Es Teler 77, dll. Aku ma 11 sahabat aku kalo maen n nongkrong di BIP suka dari jam 10 pagi sampe jam 9 malem! Qta suka ngobrol/curhat sambil makan di foodcourt BIP n foodcourt Yogya, nonton, or liat2 buku di Gunung Agung. En tentu aja sambil foto-foto narsis2an pake HP aku... Dimana pun tempatnya Qta suka foto2... Kemaren aja pas acara halal-bihalal ma sahabat aku (namanya genk Kerajaan/Neo-Royaume) foto di HP aku mencapai 200an biji!

Fotonya lucu2... Tapi Ulan mah fotonya sering banget gayanya gitu-gitu mulu...close up lagi! Hehehe. Ortu aku sampe heran n bapak nanya ma aku "Emang ga capek apa maen sampe 10 jam lebih gitu?" Mm...agak capek sih, tapi capeknya ketutup ma rasa seneng, hehehe. Qta juga suka maen ke mall-mall lain tapi rasanya ga seseneng klo maen di BIP, ga tau juga knapa. Mungkin karena BIP tuh rame banget, jadinya bisa sekalian ngeceng n dikecengin, hahaha.

Malem Takbiran ma Sahabat2, Aku Hampir Celaka!


Malam Takbiran Lebaran 2008

Sehari sebelum malem takbiran, aku kepikiran buat ngajak sahabat-sahabat aku jalan-jalan menghabiskan malam takbiran kayak tahun kemaren. Aku ngajak Aryoso n Arsya. Tahun kemaren kita jalan-jalan pake mobilnya Aryoso, tapi sekarang ga bisa karena mobilnya rusak. Mereka pun setuju buat malem takbiran bareng, aku juga ngajak Ulan. Ternyata Fitri juga pengen ikut. Asalnya Arsya n Aryoso mau buka di rumah aku juga, tapi yang jadi cuma Arsya doang. Jam7an Aryoso dateng ke rumah aku bawa motornya. Asalnya kita mau pake motor Arsya n Aryoso aja, tapi karena Fitri juga pengen ikut jadinya harus bawa motor aku juga. Tapi masalahnya aku blom punya SIM, takutnya ada razia. Trus pas aku telp Ulan, dia bilang dia ga kan ikut klo Fitri ga ikut. Kita jadi bingung harus gimana, Arsya bilang "Ya udah kita malem takbiran di rumah kmu aja" "Ga mau ah, ga rame!" jawab aku. Aku jadinya bete, kok jadi ribet gini sih.

Trus akhirnya aku mutusin, "Ya udahlah aku bawa motor aku aja, biarin ada razia juga!" "Wess...Ricky mau berkorban!" kata Aryoso. Ya mo gimana lagi, daripada ga jadi malem takbiran. Trus Kita bertiga berangkat dari rumah mo jemput Ulan n Fitri di Antapani aku pake motor masing2. Kalo malem takbiran gitu di daerah rumah aku rame banget, orang-orang pada nyalain kembang api kecil n petasan.

Pas mau belok ke rumahnya Ulan, tiba-tiba motor Aryoso berhenti mendadak mesinnya, aku di belakang dia, jadinya aku remnya juga mendadak n nabrak kaki dia. Setelah ngejemput Ulan n Fitri kita bingung mau kemana, trus aku putusin "Gimana klo ke Gasibu aja? Kita makan roti bakar n susu murni." Mereka setuju, kita pun menuju Gasibu. Ternyata rame banget jalanan Bandung ma orang-orang yang mau malem takbiran.

Kita kan mo belok ke Gasibu, harusnya belok ke arah kiri tapi Arsya malah lurus terus. Dia ma Fitri di depan, Aryoso di tengah n aku ma Ulan di belakang. Trus kata aku n Ulan "Arsya, belok kiri ih!" "Ya udah atuh kalian mundur dulu biar bisa belok." kata Arsya. Jadinya kita motornya jalannya mundur bertiga. Aku n Ulan ketawa-ketawa, pake motor kok mundur-mundur jalannya n tiga motor lagi yang mundurnya. Aku n ulan ketawa-ketawa, hahaha. Kata si Ulan "Ih meni aya-aya wae!" Mana di pinggir jalannya banyak orang lagi n di belakang ada polisi lagi... Malu banget...

Setelah sampai di Gasibu kami menuju tampat favorit kami, tapi kayaknya ga jualan malem itu. Jadinya ke tempat lain, setelah markirin motor, kita masuk n duduk di salah satu warung tenda pinggir Gasibu. Pas liat-liat menu yang ada di meja ternyata ga da roti bakar n sumur, adanya makanan berat semua. Kita jadi pada kecewa, aku dan Arsya bilang "Ya udah kita pindah aja yuk?!" "Ga usah ah, malu, kasian. Lagian kita juga parkirnya di depan warung ini." kata Aryoso. Dia orangnya emang ga enakan. Aku juga sebenernya ga enak, tapi gimana lagi daripada bete.
Trus aku ada ide, "Gimana kalo kita tanya ke Aa nya, ada roti bakar ga? Kalo ga ada, kita pergi aja..." "Oh iya, iya...!" kata anak-anak setuju. "Udah aku aja yang tanya." kata Fitri, dia pun nanya n emang ga jualan roti bakar. Akhirnya kita keluar juga dari warung itu n pindah ke warung di sampingnya, tapi motor kita tetap di depan warung yang tadi. Warung yang ini lebih nyaman n rame daripada yang tadi. Kita pun duduk dan mesen. Seperti biasa aku pesen roti bakar keju coklat n sumur melon.

Yah...seperti biasa kalo ngumpul gini Ulan, Arsya n Fitri ngerokok. Aku ga suka banget ma asep rokok! Sambil makan, kita ngobrol-ngobrol, curhat-curhat, ketawa-ketawa, n of course foto-foto dong! Hehehe. Kita kalo ngumpul gini emang suka heboh-heboh, jadinya kita jadi pusat perhatian yang lainnya. Kita duduknya di meja yang di pinggir jalan, jalannya rame banget ma mobil-mobil bak yang ngangkut anak-anak pada joget-joget n nyanyi-nyanyi sambil nabuh bedug. Itu tuh malem takbiran kok mereka ga takbiran sih, malah nyanyi yang lain-lain...
Trus kita kepikiran buat ngedadahin setiap ada mebil bak yang ngangkut orang-orang. Pas kita dadahin mereka, mereka juga ngedadahin kita sambil teriak-teriak n nyanyi-nyanyi. Heboh n seru banget lah! Kita jadi ketawa-ketawa, saolnya kita sok kenal banget ke mereka! Hahaha. Meja tetangga kita sampe ada yang ketawa juga. Yang beli disitu ada yang pacaran, sekelompok genk kayak kita, bahkan ada juga yang ma keluarganya.

Abis selesai makan di situ, kita masuk ke dalem lapangan Gasibunya. Rame banget juga disitu, ternyata ada kru dari Metro TV n TV One yang lagi ngeliput malem takbiran di Gasibu. Di lapangannya banyak orang yang nyalain petasan n kembang api, bagus-bagus juga kembang apinya, rame banget. Di sekitar situ banyak juga polisi yang lagi ngerazia pedagang petasan. Kita lalu ke tengah lapangan n duduk disitu. Trus kita foto-foto. Abis itu kita ngobrol2. Lapangannya dah disiapin buat shalat Ied besok pagi.

Setelah puas main-main di Gasibu kita berencana ke tempat lain. Mereka nanya "Mau kemana skarang Q?" "Mm...gimana kalo kita ke jalan layang surapati aja? Kita foto-foto di menaranya?" kata aku. "Oh...hayu atuh!" kata yang lain setuju. Tapi setelah sampe sana ternyata di sekitar menaranya banyak polisi, akhirnya kita jalan terus. Lalu kita berhenti buat berunding. "Kita ke bukit bintang aja yuk?" saran aku lagi. "Oh hayu atuh!" Semuanya pada setuju n excited. Waktu menunjukkan jam setengah12.

Malem itu jalan Dago lumayan macet, banyak banget motor n mobil yang sisinya anak muda dan berbagai plat no kendaraan dari kota lain. Tapi setelah simpang Dago jalannya jadi agak sepi. Qta pun menuju Dago atas. Gila bandung dingin banget malem itu! Mana aku cuma pake sweater doang lagi... Aku bawa motornya sampe menggigil gitu... Menuju bukit bintang jalannya nanjak mudun gitu... Arsya di depan, aku di tengah n Aryoso di belakang. Pas turunan yang curam banget, motor aku terus aja maju kenceng padahal aku dah ngerem, jalannya licin banget ma kerikil-kerikil, aku ga bisa ngendaliin motor aku. Padahal di samping kanan aku tuh jurang n kalo aku jatuh ke kiri aku pasti luka berat ma kerikil2nya... Aku berdoa di dalam hati "Ya Allah, selamatkan saya! Saya ga mau celaka... Apalagi besok pagi Lebaran..." Sambil berdoa aku berusaha ngendaliin motor.

Fitri yang dah di depan dengan selamat pun teriak-teriak, Ulan juga di belakang teriak-teriak dengan cemas "Ricky, hati-hati!" Ulan n Aryoso juga jadi grogi bawa motornya ngeliat aku mo celaka... Setelah Arsya markirin motornya dia menghampiri aku, tapi akhirnya aku bisa ngendaliin motor n selamat sampe ke jalan yang datar... Pff...syukur Alhamdulilah aku waktu itu selamat! Aku berterima kasih banget ma Allah. Aku ga tau deh gimana kalo sampe aku jatuh ke jurang padahal besoknya Lebaran. Sahabat-sahabat aku juga jadi lega... "Ih...Ricky, Fitri tuh takut tau kmu kenapa-kenapa!" kata Fitri...

Lalu per motor bayar seribu rupiah buat ke bukit bintangnya. Ternyata disana rame banget! Dah banyak motor-mobil. Setelah markirin, kita ngobrol-ngobrol n curhat-curhat. Kita ga bisa foto-foto soalnya gelap sih... Hehehe. Waktu pun menunjukkan pukul 1 lebih dini hari which is itu tuh dah Lebaran. Aku ngajak pulang coz takut besok pas halal bihalal ngantuk banget. Ulan juga setuju. Arsya nolak, "Nanti lagi lah pulangnya..." Dia nolak soalnya dia lagi cinlok ma Fitri, hehehe.

Kita pun pulang, mereka ke rumah aku dulu. Nyampe rumah aku jam 2an. Trus mereka pun pulang. Pas Ulan n Fitri nyampe rumah mereka SMS aku, katanya mereka lagi duduk di luar rumah coz orang rumah dah pada tidur n pintunya dikunci... Hehehe, kacian... Aku baru bisa tidur jam setengah3 dan bangun jam6 buat shalat Ied... Pff...ngantuk banget!

Keluarga Kerajaan


Waktu SMP, aku punya 4 sahabat, mereka tuh Ilham, Aryoso, Arsya, n Gilang. Trus waktu SMA nya aku punya 2 genk, yang pertama genk yang isinya sahabat2 cewe aku, mereka tuh Ulan, Raisa n Narizka. Yang kedua yang isinya cewe-cowo, mereka Atrika n Akbar. Dan waktu kuliah aku punya sahabat, dia Feri. Walaupun ga satu kelas dan bahkan ga satu sekolah/kampus, tapi persahabatan ma mereka tetep aku jaga. Qta juga masih sering maen bareng.

Antara genk aku yang satu n yang lain tuh ga saling kenal, tapi aku coba buat kenalin n satuin, ternyata berhasil! Sekarang mereka saling kenal n juga dah akrab satu sama lain, akhirnya terciptalah genk Kerajaan/Neo-Royaume yang terdiri dari Ricky (Prince), Ulan (Queen), Arsya (King), Raisa (Princess), Aryoso (The Wizard), Atrika (Queen), Akbar (Knight), Ilham (Prime Minister), Feri (Prince), ditambah Fitri (Princess), Gilang (Knight), Priesda (Princess) n Arif (Prince). Jadi semuanya ada 13 orang.

Persahabatan Qta dah dalem banget, dah kayak sodara sendiri. Orang tua mereka kenal aku, ada juga orang tua yang saling kenal. Aku, Arsya, Aryoso n Raisa dah 7 tahun lebih sahabatan. Ma Ulan, Atrika n Akbar dah 4 tahun lebih sahabatan.
Karena aku yang nyatuin mereka, jadinya klo mau ngumpul, aku yang harus mengorganisir, aku SMSin mereka semua, aku yang nentuin tempatnya n waktunya, repot deh dah kayak EO aja... Tapi ga apa-apa sih... aku seneng aja...

Di kampus juga sekarang aku punya banyak temen deket... Senangnya!

My Best Friends... I love you so much! Friendship forever!

Saturday, November 8, 2008

Tahun 2008

Tahun 2008 ini kayaknya tahun yang rame banget...! Tahun ini diselenggarakan Euro, Thomas n Uber Cup, PON, Olimpiade di Beijing, Asian Beach Games di Bali dan juga ada pemilu Amerika Serikat yang dimenangin ma Barack Obama. Bangganya, Indonesia jadi tuan rumah n juara umum di Asian Beach Games yang pertama kali diadain ini. Indonesia dapet 22 medali emas, peringkat ke2 cuma dapet 4 emas... Jauh banget selisih emasnya...
Selain event-event olahraga itu, ada juga event dalam bidang pendidikan... Ada pameran pendidikan Belanda, Perancis, dan juga Uni Eropa. Aku dateng ke semua acara itu. Enak banget, selain bisa dapet info kuliah disana, aku juga bisa latihan ngomong ma bule dalam bahasa Inggris n bahasa Perancis. Plus dapet berbagai merchandise lagi dari mereka... Setelah dateng ke acara itu, jadi pengen banget kuliah di Eropa...terutama di Belanda n Perancis!
Pada tahun ini juga aku pertama kali berpartisipasi dalam pemilu. Bahkan aku mengikuti 4 kali pemilu dalam tahun ini: pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, pemilihan Ketua BEM universitas, pemilihan ketua BEM fakultas, dan juga pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung :)

Le Marseillaise

Le Marseillaise

Allons, enfants de la Patrie,
Le jour de gloire est arrive!
Contre nous de la tyrannie
L'etendard sanglant est leve,
L'etendard sanglant est leve!
Entendez-vous dans les campagnes
Mugir ces feroces soldats?
Ils viennet josque dans nos bras
Egorger nos fils, nos compagnes.
Aux armes, citoyens!
Formez vos bataillons!
Marchons, marchons!Qu'un sang impur
Abreuve nos sillons!


Le Marseillaise adalah lagu kebangsaan Perancis (Republique Francaise)

Sastra Perancis UNPAD

Aku sekarang kuliah di jurusan sastra Perancis UNPAD.Mungkin kebanyakan orang berpikir sastra itu mudah...Tapi kenyataannya tidak. Ilmu dari segala ilmu adalah filsafat, setelah itu dibawahnya adalah logika, dan dibawahnya adalah sastra, setelah itu lalu cabang-cabang ilmu lainnya.Untuk mendapatkan gelar doktor di jurusan sastra sangatlah sulit, tidak semudah jurusan kedokteran, psikologi, ekonomi atau ilmu2 lainnya. Sastra tidak sekedar mempelajari bahasa, tapi lebih dari itu.

Ketika aku ingin memilih jurusan untuk SPMB, aku putuskan memilih sastra Perancis UNPAD di pilihan kedua karena aku sangat ingin bisa berbahasa Perancis, bahasa yang sangat romantis dan elegan menurutku. Tapi Om ku berkata, "les aja bahasa Perancis kalo mau bisa bahasanya." tapi aku juga ingin mempelajari kebudayaan dan sejarah Perancis, sebuah negara yang punya pengaruh besar di Eropa dan dunia. Dan yang ibukotanya menjadi pusat mode dunia dan mempunyai ikon yang populer, menara Eiffel.

Sekarang di kampus, aku belajar bahasa Perancis mulai dari dasar, vocabularynya, grammarnya, sejarah Perancis mulai dari zaman prasejarah, Louis XIV, hingga zaman sekarang yang akan aku pelajari semester mendatang. Kami juga "diajarkan" bagaimana berperilaku seperti seorang bangsawan...

Bahasa Perancis sangatlah susah, ternyata sangat susah untuk berbicara bahasa "romantis", hehehe. Untuk lulus dari Sastra Perancis, membutuhkan minimal 5 sampai 6 tahun kuliah. Kalau benar-benar rajin dan sedikit mengulang matkul, bisa juga 4 tahun. Banyak juga senior yang mengulang ikut kelasku, dan aku juga begitu semester ini, hiks hiks hiks. Dosen tata-bahasaku berkata, "Untuk belajar di sastra Perancis, kalian butuh bakat dan kerja keras, kalau kalian tidak punya bakat (dan tidak kerja keras), segeralah tinggalkan sastra Perancis." Orang-orang Perancis juga berpikirnya sangat logis dan kita juga diajari dan diasah berpikir logis dan mengutamakan logika. Belum lagi Ketua Jurusan Perancis yang galaknya minta ampun, dia dengan senang hati men-DO mahasiswa yang nilai-nilainya jelek atau memindahkannya ke jurusan lain... Masa yang asalnya jurusan Sastra Perancis jadi jurusan sastra Indonesia atau Sejarah?

Bahasa Perancis tidak hanya digunakan di Perancis saja, tapi juga di banyak negara, contohnya Canada, senegal, Tunisia, Madagaskar, Cote d'ivoire, dan masih banyak lagi. Ada 250 juta orang berbicara bahasa Perancis di seluruh dunia. Bahasa Perancis juga menjadi salah satu bahasa resmi dan bahasa utama PBB. Bahasa Perancis bisa aja jadi bahasa internasional, mengingat negara jajahan Perancis lebih banyak dibanding negara jajahan Inggris, tapi karena Inggris menjajah Amerika Serikat dan AS menjadi negara super power, makanya AS ikut berpengaruh menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional...

Masa SMA ku

Dengan NEM yang aku peroleh, aku mencoba mendaftar ke SMAN 5 Bandung (peringkat 2 se-BDG), tapi ternyata NEM ku masih kurang untuk masuk skolah itu. Jadinya aku masuk ke pilihan ke2, SMAN 20 Bandung (peringkat ke5). Padahal dengan NEM-ku, aku bisa masuk SMA peringkat ke3 dan semua dibawahnya, aku cuma ga bisa masuk SMA 3 dan 5 aja... Tapi kalo aku masuk SMAN 8 atau SMAN 2 (peringkat ke 3 dan 4) letaknya jauh banget dari rumahku, blom lagi paginya harus kena macet di jalan! Ya udah aku milih SMAN 20 sebagai pilihan ke2. Aryoso juga masuk 20.
SMAN 20 juga terkenal dengan cheersnya. Sekolah aku letaknya strategis banget, letaknya di belakang gedung sate, kami juga bisa berolah raga di gasibu, tetanggaan ma Mesjid Istiqamah, deket ma Pusdai, ke BIP tinggal satu kali angkot, ke jalan Riau juga deket, ke Jonas Photo tinggal jalan, deket ma WS (Waroeng Steak) sebelah sekolah kami juga ada taman...
Agak kecewa tapi aku yakin ini yang terbaik buat aku... (dan emang jadi yang terbaik buatku)
Sekolah ini bangunannya tua n terlihat kokoh. Bagus banget lah dari luar. Bangga juga sekolah di salah satu bangunan tua yang dilindungi pemerintah kota, skolah yg lainnya tuh SMAN 3&5. Sekolahku ga boleh diperbarui bagian luarnya, apalagi dirubah bentuk luarnya, bolehnya cuma dalemnya aja. Sekolah ini punya lapangan basket yang gede.
Seperti biasa, pertama masuk SMA pasti ada ospeknya n dimarah-marahin gitu... Wlopun capek tapi lumayan berkesan juga sih... Aku masuk kelas XB. Aku duduk ma Akbar (yg jadi sahabat aku sampe skarang). Aku duduk di kursi paling depan, deket meja guru lagi (rajin bgt ya? he3). Setelah beberapa lama belajar sebagai anak baru, aku dan temen2 sekelas jadi lebih deket. Aku deket ma Ulan n Raisa (sahabat aku sampe skrg jg), juga ma Narizka, Iqbal, Arief, n Eda... Awal2 SMA, aku masih rajin sehingga aku dapet ranking 4 di kelas. Lama-kelamaan aku jadi ngerasa males...mungkin gara-gara puber kali ya, hehehe. Waktu kelas 1 juga ada tes IQ, IQ aku 135.
Aku suka jalan-jalan bareng temen-temen deket aku ke BIP atau dateng ke acara2 di Bandung. Kalo ada mata pelajaran yang harus berkelompok, kami juga suka satu kelompok. Seneng lah bisa dapetin sahabat lagi. Aku bingung mau ikut ekskul apa, Aryoso ngajakin ikutan DKM ya udah aku juga ikut DKM. ;p
Aku jadi kenal ma senior-senior DKM n ternyata mereka pinter2, kita bisa nanya pelajaran ma mereka. Waktu kelas 2 nilaiku cukup untuk masuk IPA, aku masuk XI IPA 3, sekelas ma Narizka n Iqbal. Tapi karena masih awal-awal, kami bisa pindah kelas, Raisa n Ulan pindah ke kelas aku, jadinya kami sekelas lagi. Eda dan Arief masuk IPS. Aku diajak senior buat ikutan ngospek adik kelas, makanya aku jadi panitia MOS (Masa Orientasi Sekolah). Aku ditugasin buat jadi petugas medis. Banyak anak2 baru yang sakit atau pura-pura sakit, makanya mereka diem di tempat medis. Aku jadi ngobrol2 ma mereka. Aku juga jadi panitia DKM buat ngadain acara Idul Adha ma pesantren n aku jadi PK (pembimbing kelompok).
Di kelas 2 ini nilaiku jadi turun, mungkin karena pelajarannya IPA semua n aku ga terlalu suka IPA, tapi aku juga ga mau masuk IPS. Persaudaraan kelas XI IPA 3 jadi gede karena pada nyontek n kerja sama, hehehe. Aku juga pernah ketauan nyontek ma guru TIK, ceritanya ada di bagaian blog lain. Di kelas 2 ini aku dibeliin HP baru ma ibu dan beberapa bulan kemudian hilang dicopet orang, hiks hiks...
Laurier ngadain kompetisi cheersleader sekota Bandung yang diikuti SMP n SMA, diadain juga di Jakarta dan Surabaya. Lawan berat SMAN 20 adalah SMAN 1 Bdg karena cheers mereka juga kuat n bagus. Di saat pre-eliminasi juga mereka juara 1. Waktu finalnya aku nonton ma Ilham di Bandung Super Mall. Pengumumannya sekitar jam6 n waktu itu ujan. Dan ga disangka2 SMAN 20 keluar sebagai juara sekota Bandung!! Kami semua seneng n ga nyangka, kita pada ujan-ujanan n jingkrak2an. SMAN 1 cuma juara 3 n mereka ga nyangka bisa kalah, padahal pas tadi tampil mereka n pendukungnya yakin klo mereka bakal menang. Karena menang, cheers sekolah kami diundang ke acara good morning Trans TV buat tampil n diwawancarain. Bangga banget deh!
SMA 20 juga merasa bangga karena salah satu muridnya, Gea bisa masuk Indonesian Idol dan sampe nembus 3 besar. Apalagi dia banyak disukai juri. Banyak juga event2 promosi yang ngadain acara n promosi di 20, misalnya Clear Nation Metamorphoself, Gatsby, Kartu As, My School STV, Coca-Cola, dan banyak lagi produk2 lainnya. Aku juga suka ikutan kalo mereka ngadain kuis n bagi2 hadiah... Makanya suka dapet banyak hadiah dari mereka.
Di kelas 2 juga merupakan ultah aku yang paling berkesan, apalagi itu ultah sweet seventeen aku! Someone dan sahabat2 aku yang bikin ultah aku spesial! Waktu kelas 1 aku nraktir mereka di Pizza Hut, kali ini aku traktir mereka nonton. Selain itu, waktu aku kelas 2 juga diadain bazaar sekolah untuk pertama kalinya setelah dilarang diadain bazaar selama 10th. Nama bazaar sekolah kami TraffiXX. Dan ternyata bazaar kami ini juga sukses dan untung. Banyak juga anak-anak n ibu-ibu yang dateng karena pengen ngeliat Gea Idol.
Pada masa kelas 2 lah yang merupakan saat terindah waktu SMA dan SMA adalah saat terindah dalam hidup kita (hidupku khususnya). Sekolah kami ngadain studi tur ke PLTU Suralaya, Krakatau Steel, Anyer, n Dufan. Seneng banget deh n berkesan! SMAN 20 BDG juga merupakan SMA pertama di Jabar yang mengunjungi PLTU Suralaya & Krakatau Steel.
Waktu kelas 3, masih tetep di XII IPA 3 n temen2nya juga tetep, ga da yang berubah.Karena waktu kelas 2 aku ikut audisi OSIS n keterima makanya awal kelas 3 ini aku jadi panitia MOS lagi n diangkat jadi Koordinator Medis (yah naik pangkat daripada thn lalu, he3). Kali ini lebih banyak yg sakit (mungkin pura2 sakit). Aku juga bela-belain keluar sekolah n beli obat buat mereka di apotek deket sekolah. Kata Atrika (sahabat aku), anak2 baru itu gosipin Q, katanya Q baik banget, he3 narsis) Waktu pembagian surat cinta n benci ternyata aku dapet surat cinta n dapet bunga mawar...senengnya... ;p Meskipun jadi panitia itu capek, tapi seneng n berkesan juga! Tahun ini aku jadi yang paling senior, tahun sebelumnya masih punya senior n junior.
Aku kelas 3 ini ga ikut bimbingan belajar. Jadi aku belajar sendiri untuk menghadapi UAN, oh my God matematik! Juga UAS Fisika, Kimia, Biologi dan praktek2nya... Aku takut banget ga lulus SMA ntar... Aku dan temen-temen mengurangi main. Aku juga dah ga aktif di DKM n OSIS. Sebelum UAN, aku juga dah lulus les bahasa Inggris di LIA. Jadi bisa tenang n fokus belajar di sekolahnya. Akhirnya Q juga lulus SMA dengan nilai yang lumayan bagus n bisa lolos SMPB!

Liburan ke Yogyakarta

Waktu kelas 2 SMP, sekolahku ngadain liburan ke Yogyakarta. Kami akan mengunjungi Keraton Jogja, candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Malioboro. Ada sekitar 8 bus pariwisata untuk mengangkut kami seangkatan. Perjalanannya lama karena jarak yang jauh, kami juga berhenti di beberapa kota. Setelah 8jam lebih perjalanan, kami pun sampai di Jogja. Pertama, kami mengunjungi Keraton Jogja. Setelah keliling2 kompleks Keraton, aku, Yoseph, dan Ilham ditawarin naik becak ma tukang becak buat keliling2 Jogja. Agak dipaksa-paksa gitu tapi karena kita juga emang pengen jalan2 n nyari oleh-oleh, kita naik becak itu. Kita singgah di beberapa toko oleh-oleh n kita beli beberapa bungkus makanan khas Jogja.
Abis itu Qta dianterin ke tempat bis-bis kita berada. Beberapa lama kemudian, bisnya berangkat menuju hotel. Kita mau nginep di hotel Ambarukmo, hotelnya lumayan mewah n bagus... Hotelnya tingkat 8 atau lebih...aku lupa. Asalnya kita mo nginep di kamar yang biasa-biasa aja, tapi karena dah penuh, ma hotel kita dikasih kamar suite! Kamarnya gede banget, kayak di apartemen aja, ada kamar tamunya, barnya, kamar mandi plus bathtube, pemandangan keluar hotel, ada lemari es, lengkap deh! Pembagian kamarnya sesuai pembagian kelompok sebelumnya. Makan malemnya kita dikasih paket nasi ayam plus Coca-Cola dari KFC.
Malem itu, kami ga kluar dulu, istirahat di hotel. Aku, Ilham, Aryoso n Gilang jalan2 keliling hotel malem2. Kita berniat ngisengin orang, pas kita jalan di lorong hotel, kita mencetin bel semua kamar yang kita lewatin trus kita lari cepet-cepet biar ga ketauan. Kita ngelakuinnya ke semua kamar di 2 lantai hotel itu, kita ketawa-ketawa puas aja ngeliat orang ngebuka pintu kamar mereka tapi di luarnya ga da siapa-siapa... Dah itu, Ilham pengen mainan lift, kita pun nunggu lift yang kosong trus Qta mainin lift. Dari lantai dasar sampe lantai paling atas kita datengin
Besoknya kita jalan-jalan ke Candi Borobudur n Prambanan. Waktu itu pengunjungnya sedikit, makanya rombongan kita bebas banget keliling-keliling. Disana kita foto-foto terus. Sampe sekarang foto2nya masih ada...jadi malu sendiri ngeliat foto waktu aku masih kecil n beda banget ma yang sekarang...hehehe. Meskipun disana panas, tapi kita enjoy banget. Abis dari sana, kita ke pantai Parangtritis. Disana kita main-main n lari-larian di pantai, sendal aku yang sebelah sampe kebawa arus n ilang... Mungkin si Ratu PS butuh sendal kali ya... Hehe
Qta makan siang di sana... Capek juga seharian jalan-jalan, tapi seneng juga. Waktu itu, Parangtritisnya lagi lumayan rame... Karena dah sore, kita pun pulang kembali ke hotel. Di hotel kita istirahat bentar n siap-siap buat jalan-jalan ke Malioboro. Karena kita keenakan istirahat n dah disuruh ke bis, kita siap-siap buru-buru n banyak yang mau mandi, jadi aku mandi bareng bertiga ma temen aku... Agak risih n malu juga sih...tapi ya mo gimana lagi...daripada ditinggalin rombongan?!
Bis pun berangkat menuju Malioboro, dari hotel letaknya ga terlalu jauh... Setelah sampai di Malioboro, kita dibebasin buat berpencar tapi harus dah di bis jam9. Aku dan temen2 jalan di sepanjang Malioboro sambil liat-liat barang jualan, siapa tau ada yang unik n bisa kita beli. Kami beli kaos Dagadu buat oleh-oleh, aku beli 3 kaos... Kaosnya lumayan lucu-lucu n unik tulisannya. Kita lalu masuk ke Mall Malioboro n liat-liat dalemnya kayak gimana. Disana kami ketemu 2 guru cowok kami...
Karena waktu dah nunjukin jam9 malem n kita juga dah puas jalan-jalan n belanjanya, kita balik ke bis lalu balik lagi ke hotel. Karena capek, ngantuk, n dah malem juga...kita pun tertidur lelap. Besoknya Qta pulang menuju Bandung... Agak sedih juga sih pas ninggalin hotel n liburannya dah selesai...
Dan yang bikin sedih lagi, sekarang hotel Ambarukmo, hotel yang penuh kenangan indah buat kami, dah ga ada. Bangunannya dah kosong n sekarang di depannya malah ada Ambarukmo Plaza... ga tau deh apa yang terjadi... Kita jadi ga bisa nginep di hotel itu lagi buat ngenang kenangan indah waktu SMP...
Sampe saat ini, aku dah 5 kali jalan-jalan ke Jogja... Pengen lagi sih jalan-jalan ke sana or ke tempat lain ma sahabat-sahabat dan teman-temanku...

Wisata Ke TMII n PRJ

Waktu kelas 1 SMP, sekolahku ngadain wisata ke Taman Mini (TMII) n ke Pekan Raya Jakarta (PRJ). Sekolah nyarter sekitar 8 bis. Di bis, aku duduknya ma Arsya n Ilham. Selama perjalanan, kami ngobrol, ngemil, n foto-foto. Waktu itu blom ada tol Cipularang, jadinya ke Jakarta masih butuh waktu lumayan lama. Qta istirahat di Sukabumi buat ke WC n beli makanan.
Setelah sampe di Jakarta, rombongan langsung menuju TMII dulu... Disana kami boleh berpencar, tapi harus kumpul siangnya. Aku, Arsya, Gilang n Ilham jalan-jalan keliling TMII, ke taman burung, naik kereta gantung, ke berbagai anjungan daerah, dll. Waktu mo foto-foto, tiba-tiba kamera aku error ga bisa buat foto... Aku minta tolong ma guru cowok aku, sapa tau dia bisa benerin, ternyata ga bisa... Bete banget... Makanya kenang-kenangan waktu di TMII cuma dikit...
Setelah puas jalan-jalan di TMII, siangnya kami semua kembali ke bis masing-masing, ternyata kita mau masuk ke gedung IPTEK. Disana ada banyak peragaan IPTEK, canggih-canggih n unik juga... Ternyata fisika bisa menyenangkan! Aku n temen-temen nyobain berbagai alat. Kita disana ga foto-foto karena keasyikan nyobain berbagai alat, lagian emang ga boleh bawa kamera sih... Hehehe
Abis itu kita keluar n dikasih makan siang paket nasi ayam KFC. Ada yang makan di luar, ada juga yang makan di bis. Setelah makannya beres semua, semuanya masuk ke bis n kita berangkat ke PRJ. Sebelumnya blom pernah ke Sea World, jadi penasaran banget Sea World kayak apa. Ketika nyampe disana, kami semua antri buat masuk ke arena PRJ nya. Karena siang-siang, cuacanya panaaaass banget! Sampe-sampe basah smua ma keringet. Apalagi antrinya waktu itu lumayan lama.
Setelah masuk, rombongan berpencar. Seperti biasa, aku jalannya ma sahabat-sahabat aku... Kami keliling2, cari yang unik-unik sambil cuci mata, hehehe. Ternyata disana ada permainan Rumah Hantu. Kami tertarik buat nyobain masuk ksana... Beberapa teman kami juga ikut masuk. Buat masuk kesana kita harus bayar 10.000. Pas masuk, langsung gelap n ada suara-suara hantu gitu... Kita sambil jalan pelan-pelan, di kiri kanannya muncul hantu2, kita pada teriak=teriak, sambil ketawa-ketawa juga soalnya yang cewenya pada heboh banget! Kita lari-lari jadinya n dorong-dorongan gara-gara ada hantu. Ada juga pocong yang jatuh dari atas, jadinya kan makin heboh... Beberapa lama kemudian akhirnya kita keluar... Huh...sampe keringetan, tapi rame n lucu juga...
Kita di PRJ sampe sore... Dah itu kita semua balik ke bis, Arsya sempet beli kerak telor dulu, tapi aku ga beli. Setelah semuanya masuk bis, kita pulang ke Bandung deh...

Masa SMP ku

Dengan NEM yang aku dapatkan, aku mendaftar ke SMP Negeri 14 dan 7. Ternyata aku diterima di SMP Negeri 14 di jalan Supratman. Seneng banget bisa masuk SMP Negeri peringkat 10 besar di Bandung. SMP ku ini tidak terlalu jauh dari SD ku, masih satu daerah. Letak SMP ku ini cukup strategis, di depan sekolah kami ada lapangan besar (lapangan Supratman), kalo mau ke mall BIP tinggal naik angkot sekali dan tidak jauh.
Waktu pertama kali masuk SMP ada pengenalan sekolah gitu (semacam ospek). Aku masuk kelas 1F dengan wali kelas pak Suhendar, dia orangnya baik banget, kalem, dan sabar. Waktu pertama kali masuk, aku duduk di bangku paling depan. Aku gak sekelas ma temen SD ku, meskipun ada beberapa temen SD yang masuk SMP 14. Setelah beberapa lama aku jadi duduk ma Widi. Aku seneng celana pendekku berubah warna, asalanya merah jadi biru (warna favoritku) hehehe...
Pas awal-awal belajar, guru bahasa inggris nyuruh anak buat maju ke depan siapa yg bisa ngerjain soal, tapi ga da yang mau maju. Ga tau karena ga bisa or karena malu. Di dalem hati aku bilang "Kok kayak gini aja ga bisa sih?" lalu aku pun maju ke depan dan jawabanku benar. Aku jadi ngerasa pinter, hehehe. Padahal di SD aku biasa aja, mungkin kualitas sekolah sebelumnya juga menentukan kali ya? Akhirnya aku jadi sering maju ke depan dan jadi anak kesayangan guru itu, hehehe. Seneng juga jadi anak kesayangan meskipun kadang suka disuruh2!
Aku gak mau banget nyontek dan ga mau dicontek juga. Meskipun tugasnya dah harus cepet-cepet dikumpul, tapi aku ga mau nyontek. Sampe-sampe salah satu temen sekelasku bilang 'Udah Ricky ih kmu nyontek aja nih!" Tapi aku tetep aja ga mau. Aku juga lumayan rajin belajar dan dapet ranking 3 besar dan 5 besar waktu kelas 1. Bangga banget deh, seneng juga bisa bikin orang tua bangga.
Karena tulisanku juga lumayan bagus, apalagi dibandingin ma cowok2, aku juga pernah jadi sekretaris, disuruh nulis catatan di papan tulis (dulu masih pake kapur). Waktu mau lebaran aku pengen ngirimin kartu lebaran tapi bingung mau ngirim ke siapa, soalnya aku blom ada temen yang terlalu deket, biasa-biasa aja. Aku pun nanya alamat rumah temen-temenku yang bernama Arsya, Gilang dan Ilham. Aku ngirim kartu Lebaran ke mereka. Akhirnya kita berempat jadi deket dan pergi kemana-mana bareng. Mereka pun yang menjadi sahabatku hingga sekarang, kami sudah bersahabat sekitar 7 tahun! Arsya orangnya jail, aku dan Ilham kadang suka marah-marahan ma dia, aku dan Ilham pun kadang suka marahan, hehehe.
Suatu hari diadakan lomba baris-berbaris, kelas kami ikutan dan aku, Ilham dan Arsya ikutan lomba itu mewakili kelas kami ditambah anak-anak lainnya. Kami kerja keras latihan dan menciptakan gerakan baris-berbaris. Kami latihan di lapangan Supratman.Dulu kelas 1 masih masuk siang dan pulang sore, jadi kita bisa latihan sebelum masuk sekolah. Pas hari pertandingannya kami melakukannya dengan baik, dan gak disangka-sangka kelas kami menang di peringkat pertama untuk kelas 1! kami dapat piala, kami seneng banget usaha kami ga sia-sia dan bisa membanggakan kelas 1F! Aku mulai enjoy dengan kehidupanku di SMP ini. Dengan prestasiku dan juga sahabat-sahabatku. Di SMPku ada kelas unggulan yaitu kelas 2A dan 3A, aku sangat berharap masuk kelas itu.
Akhirnya impianku terwujud, aku masuk kelas 2A meskipun katanya sekarang ga da kelas 2 yang unggulan (hanya kelas 3), tapi aku tetap senang masuk kelas berlabel A itu. Aku sekelas ma Arsya lagi n Raisa. Kelasnya heboh banget, orangnya gila-gila, tapi juga persaingannya ketat. Ada murid yang bernama Sugeng, dia cowok tapi latah banget, suka niruin goyang Inul segala. Dia suka perform di depan kelas gitu, hehehe.
Di kelas 2A aku deket ma temen yang namanya Abyan dan Aryoso, sampe sekarang aku dan Aryoso bersahabat. Hampir 6 tahun kami bersahabat! Di kelas 2 ini, aku mulai mau nyontek, hehehe. Wali kelas kami Bu Agnes, dia orang Jawa yang punya pandangan luas dan juga tegas. Aku senang bisa deket ma dia, dia guru bahasa Indonesia. Aku juga deket ma guru matematika, namanya Bu Atin soalnya ulangan matematikaku selalu bagus. Kalo pas ulangan matematikku jelek, dia pasti nanya "Ricky kenapa nilainya jelek?" dengan nada bicaranya yang khas... Aku cuma bisa tersenyum. Dia orangnya galak dan ditakuti di kelas. Tapi aku malah semangat buat belajar matematik, sampe2 nilai matematik Ulangan Umumku dapet 10! Seneng banget, ga nyangka! Aku juga deket ma guru biologi, dia baik banget. Waktu kelas 2, nilai biologiku bagus-bagus walau kadang dapet jelek. Soalnya aku ngapalin pelajarannya sampe bener-bener hapal, jadi waktu ulangan ataupun tes lisan, aku bisa menjawab dengan benar. Aku juga masih suka disuruh nulis di papan tulis buat catatan anak-anak. Aku sering jadi ketua kalau disuruh bikin kelompok2 gitu, meskipun sebenernya aku males jadi ketua soalnya pasti mereka males buat kerja.
Aku juga diangkat sebagai ketua kebersihan kelas di daftar organigram. Anak-anaknya susah disuruh bersih-bersih, makanya aku sering nyapu kelas meskipun hari itu bukan giliran piketku. Aku semakin betah sekolahnya waktu itu, dekat dengan banyak guru, dan juga mendapatkan sahabat baru. sekarang sahabatku jadi Arsya, Ilham, Gilang, dan Aryoso. Kami suka shalat Jum'at bareng di masjid deket sekolah, jalan-jalan ke mall, main ke rumah Aryoso atau rumahku, kemana2 bareng. Aku juga deket ma genk Ijo Loemoet (bisa dibilang genk terbesar di kelasku).
Ada cerita lucu, aku kan bikin buku "Friendship" gitu. Isinya biodata lengkap (mulai dari nama, tempat tgl lahir, hingga makanan favorit), aku minta temen-temenku ngisi. Buat lucu2an aja. Aku juga minta tanda-tangan2 guru2. Pas aku minta tanda tangan Bu Atin (guru matematika itu) dia nanya "Ini buat apa? Da ibu mah belum mau pensiun! Harus nandatangan ini teh?" Anak-anak sekelas pada ngeliatin n heran, ada juga yang ketawa denger Bu Atin ngomong gitu. Aku bingung mo jawab apa, didalam hati aku bilang "Ih...aneh banget sih pikiran guru ini!" Trus aku bilang aja ke dia "Ah enggak kok Bu, ini buat kenang-kenangan aja..." Tapi akhirnya dia nanda-tangan juga, hehehe.
Aku juga seneng bisa dapet ranking di kelas, aku ingin masuk kelas unggulan. Ada 2 kelas unggulan, kelas 3A dan 3H. Pas liburan, kami seangkatan pergi ke Yogyakarta, liburan yang sangat berkesan dengan teman-teman SMPku. Kalo mo tau ceritanya, baca blogku yang judulnya "Liburan ke Yogyakarta".
Kenaikan kelas tiba, waktu melihat pengumuman pembagian kelas di lapangan ternyata aku terdaftar di kelas 3A! Aku seneng banget cita-citaku tercapai! Yang bikin seneng lagi, sahabatku Ilham juga masuk kelas yang sama. Kelas itu hanya berisi 10 orang laki-laki, bahkan untuk membuat grup sepakbola aja ga bisa. Yah...wajar lah kebanyakan yang pinter kan cewek. Aku sebangku dengan Dimas, tapi lalu ganti jadi dengan Azmi. Ada yang bilang kalo kelas 3A tuh arogan, padahal kami biasa aja kok...
Mulai kelas 3, aku dibelikan HP untuk yang pertama kali oleh orang-tuaku, seneng banget! Apalagi waktu itu masih sedikit yang punya HP. Tapi HP nya ga bertahan lama soalnya HP aku dan Ilham ilang waktu kami shalat di mesjid deket sekolah. Sedih banget... Waktu itu juga musim lagi yang namanya Tamagochi, aku suka bawa mainan itu ke sekolah. Hehehe, kalo dipikir2 lagi aku kayak anak kecil aja, hehehe.
Arsya masuk kelas 3B dan Gilang & Aryoso masuk kelas 3G. Kami sibuk belajar untuk menyiapkan ujian Nasional. Persaingan di kelas ini begitu ketat tapi kami tetap berteman baik. Aku ikut les di SSC, begitu juga Ilham, Gilang dan Azmi. Aku mendapatkan teman baru disana. Kadang nilai Try Outku bagus, kadang jelek juga. Waktu kelas 3 ini, aku merasa prestasiku semakin menurun, ga tau kenapa...
UAN pun tiba, dan kami libur panjang setelahnya. Akhirnya aku lulus UAN dan dapet NEM yang lumayan bangus! Huh...akhirnya lulus SMP juga. SMPku pun rankingnya naik jadi ranking 3 se-Bandung. Sampe sekarang aku merasa SMP adalah masa keemasanku dalam masalah pendidikan. :) Dan juga masa yang sangat berkesan dan masa dimana aku bertemu sahabat-sahabatku hingga sekarang.

Salah Naik Angkot

Suatu hari, jemputanku nungguin kakak kelas yang pulangnya agak sore gitu, aku dan beberapa anak lain males buat nungguin di mobil terus, temenku punya ide buat pulang naik angkot. Aku blom pernah naik angkot dan penasaran ingin mencobanya. Aku pun setuju dengan idenya. Lalu Aku dan 3 orang teman antar-jemput pulang naik angkot. Aku bingung mau naik angkot apa, sedangkan teman-temanku udah tau mau naik angkot apa. Aku melihat ada angkot yang tulisannya Cicaheum-Ciwastra, jadi aku menyetop angkot itu karena rumahku deket Cicaheum.
Aku naik angkot itu berdua dengan temanku, tapi dia turun duluan. Aku bingung, kok jalannya ga seperti yang biasa aku lewatin ma Mang Ade (supir antar-jemputku)? Setelah beberapa lama supir angkotnya menyuruh aku turun karena dia bilang angkotnya ga nyampe Cicaheum, aku bingung banget harus gimana n naik apa lagi. Supir angkotnya ngasih tau, "Kamu jalan aja lurus nanti ada angkot warna ijo yang tulisannya Cicaheum, kamu naik itu aja." Lalu aku ngasih uang seribu karena aku ga tau banget ongkos angkot berapa dan dia pun ngasih kembaliannya. Aku pergi dan berjalan kaki lumayan jauh, rasanya pengen nangis... Akhirnya aku melihat juga angkot ijo itu dan aku naik angkot itu. Setelah beberapa lama...akhirnya sampai juga di Cicaheum! Seneng banget rasanya bisa nyampe dengan selamat! Walopun tadi takut kesasar, tapi sekarang seneng karena dapet pengalaman pertama kali naik angkot! ;p

Masa SD ku

Masa SD adalah masa dimana masih polos-polosnya. Pada masa ini juga aku belajar bahasa Indonesia dan belajar terbiasa menggunakan bahasa itu, soalnya sehari-hari di rumah aku menggunakan bahasa Sunda. Ternyata mengalir begitu saja dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami ataupun berbicara. Mungkin kalo kita ada di luar negeri, kita juga bisa dengan mudah mempelajari bahasanya dengan lebih cepat.
Aku sekolah di SD Priangan, sebuah SD swasta di Jalan Baros no.1 Bandung. Meskipun jauh dari rumah, tapi orang tuaku menyekolahkanku disini karena ingin aku mendapatkan pendidikan terbaik. Kebanyakan gurunya etnis Cina (tapi bukan sekolah Kristen) jadinya kami dididik dengan disiplin. Jumlah muridnya pun tidak terlalu banyak, satu angkatan hanya ada 3 kelas. Karena letak sekolahnya jauh dan kedua orangtuaku bekerja, jadinya aku pergi sekolah menggunakan antar-jemput. Aku ikut antar-jemput Mang Ade, dia orang yang baik, ramah dan sabar. Aku menunggu dia menjemputku dipinggir jalan Padasuka, seberang jalan Utama. Dia juga mengantarkanku pulang di tempat yang sama. Ada belasan anak dalam satu mobil, campuran dari kelas 1 sampai kelas 6. Karena tiap hari pergi dan pulang ke sekolah bareng, kami pun jadi akrab dan suka konsultasi pelajaran juga ke anak yang lebih tua.
Waktu SD aku masuk kelas 1B, 2B, 3A, 4C, 5B, 6A. Wali kelasku baik-baik semua. Aku juga punya teman-teman yang baik. Ada seorang albino di sekolahku, namanya Arman. Dia bener-bener bule, rambut, kulit, dan matanya. Tapi dia orang Indonesia asli, itu karena dia kekurangan pigmen. Dia orangnya tempramental gitu. Makanya anak-anak (termasuk aku) suka ngejekin dia n dia ngejar-ngejar kita keliling sekolah, dan kalo dah ketangkep ma dia, kita bakalan dipukulin bertubi-tubi. Sakit sih, tapi fun juga! Kita jadi main kejar-kejaran n petak umpet juga, tapi dia seolah-olah jadi "kucing" nya, hehehe. Dia sebenernya orangnya baik sih. Kadang dia ga mood juga buat ngejar kita, jadinya aku ma temen-temen main sendiri. Biasanya main petak-umpat atau kucing-kucingan, kita suka main sampe keringetan.
Di SDku banyak banget penjual makanan dan rasanya enak-enak! Yang paling megang sih Batagor, itu Batagor yang paling enak yg pernah aku rasain dari SD sampe sekarang aku kuliah. Banyak banget yang belinya, harus ngantri. Tempat itu juga jadi tongkrongan ibu-ibunya yang nganter/ngejemput anak-anak. Ada juga Pisang Keju, Es Teh & Es Jeruk, Kue Cubit, Es Kelapa Nanas, dan masih banyak lagi.
Kalau kita gak buat PR atau PR nya ketinggalan, kita suka disetrap. Berdiri di dalam kelas di pojok deket pintu selama pelajaran itu berlangsung atau berdiri di luar. Aku juga beberpa kali pernah disetrap gara-gara PR ku ketinggalan, hehehe. Yah...itung-itung buat pengalaman.
Banyak juga produk-produk yang berpromosi ke SDku, seperti susu Milo, Dancow, Combantrine, dan masih banyak lagi. Jadinya kami minum susu gratis. Hampir setiap bulan ada dan dalam sebulan suka beberapa kali. Suka juga ada kuisnya dan aku pernah dapetin hadiahnya. Enak banget deh!
Waktu kelas 1 aku pertama kali dapet ciuman! Tapi ciuman di pipi, kami duduknya cewe-cowo gitu. Ga tau kenapa tiba-tiba temen sebangku aku mencium pipi aku. Aku kaget sih, tapi seneng juga soalnya dia cantik, hehehe. Waktu perpisahan kelas 1, kami rekreasi ke Alfa Zone di jl. Cihampelas. Itu tuh tempat bermain untuk anak-anak. Arena bermainnya menjulang tinggi seperti labirin, ada perosotan dan bola-bolanya. Rame banget deh! Tapi sekarang tempat itu dah ga ada lagi, sayang banget.
Waktu kelas 3, kami rekreasi ke Taman Safari. Kami berangkat menggunakan bus pariwisata. Rasanya seneng banget bisa rekreasi bareng temen-temen. Di sana tidak hanya melihat hewan-hewan yang berkeliaran, tapi juga kami mencoba permainan yang ada disana, contohnya kora-kora. Berkesan banget deh liburannya meskipun sempet ujan n ujan-ujanan. Waktu kelas 3 juga, aku menaksir seorang cewe teman sebangku aku. Dia cantik banget, lucu. Dia nanya ke aku "kamu suka sama siapa? Tapi jawab dalam hati ya!" Aku pun menjawab pertanyaannya "Aku suka kamu" tapi aku jawab dalam hati. Lalu dia tiba-tiba nanya dengan setengah kaget dan malu "Apa? Kamu suka ma aku?" Hehehe, ternyata dia bisa baca pikiran orang, aku jadi malu, hehehe.
Kelas 3 juga pertama kalinya aku naik angkot dan tersesat! Kalo mau tau ceritanya, baca blog yang berjudul "Salah naik angkot". Mulai kelas 4, aku ga naik antar-jemput lagi soalnya aku dah bisa naik angkot. Jadinya aku pulang naik angkot ma temen-temen aku.
Kami pergi rekreasi lagi waktu kelas 5. Kami pergi ke Dufan dan Sea World. Kami berangkat dari Bandung subuh-subuh. Selama di Dufan aku bermain sekitar 8 permainan, ini mungkin ketiga kalinya aku ke Jakarta. Ga da bosennya deh kalo maen ke Dufan. Aku main pukul-pukulan buaya gitu ma temen-temen, eh ternyata aku yang paling banyak mukul buayanya, jadinya aku dapet hadiah boneka beruang putih yang kecil. Aku kasihin adik bonekanya.
Waktu kelas 6, aku sibuk pemantapan untuk Ebta dan Ebtanas. Aku juga ikut les di Ganesha Favorite di deket jl. Dipati Ukur. Pokoknya sibuk belajar deh buat ujian itu. Pas hari H nya sih lancar-lancar aja. Dan ternyata hasilnya juga lumayan bagus. SD kami mengadakan perpisahan di sebuah gedung, acaranya sangat meriah dan mengharukan. Rasanya sedih juga berpisah dengan sekolah, guru-guru, dan teman-teman yang telah bersama selama 6 tahun. Waktu pengumuman doorprize, ternyata aku disebutin nomornya. Aku dapet mug gede gitu warna cokelat, seneng banget rasanya dapet kenang-kenangan dari SD.
Masa SD ku adalah masa ketika aku lebih mengenal dunia luar dan pertumbuhan karakter dan kepribadian aku selama 6 tahun, rasanya lumayan lama juga menghabiskan waktu 6 tahun di satu sekolah. Tapi masa SD ku sangatlah menyenangkan, berwarna, dan berkesan meskipun selama SD prestasiku biasa saja. Paling bagus juga ranking 11, hehehe.
Buat Gea, Oki, Arman, Wisnu, dan teman-teman SDku lainnya, kalian sekarang kuliah dimana? Kalau baca tulisan ini, kasih kabar ke Ricky ya... I miss you all!

Sunday, November 2, 2008

Masa Kecilku


Waktu masih balita, aku dan adikku punya seorang teman. Dia anak pengasuhku, namanya Nenah. Kami pun jadi berteman, bahkan dah kayak sodara sendiri. Waktu balita aku dan adikku seringnya main di rumah dengan semua mainan yang dibeliin ortu kami. Setelah berumur 6 tahun lebih aku jadi sering main ma temen-temen seumuran di sekitar rumah. Rumahku bukan di kompleks, jadi orang-orang disini berinteraksi tiap hari dengan hangat, ga kayak di komplek yang kayak tanpa kehidupan.

Umur aku dan adikku hanya selisih 2 tahun, jadinya kami suka main bareng. Kami berteman ma cewek n cowok seumuran di sekitar rumah, temen kami ada sekitar 11 orang lebih. Mereka adalah Nenah, Nopi, Lina, Ujang, Sigit, Odi, Rosi, Wiwin, Opi, Iwan, dan Ulfah. Jadi kalo pas lagi main n kumpul semua, jadinya rame banget. Ada banyak permainan favorit kami yang sering kami mainkan. Kami suka main petak umpet (ucing sumput), ucing kup, main badminton, main kartu gambar, main kartu remi (cangkulan, 4 satuan, jujurigan), main ucing baledog, main kasti, ucing jatuh, ucing ada sebuah, tikus dan kucing, monopoly, sepedahan, main roler skate, dll. Qta juga suka menciptakan permainan baru. Seneng banget klo lagi main permainan itu ma temen2, kita pasti keringetan n ketawa-ketawa. Ada juga anak yang nangis gara-gara ga sengaja kedorong anak lain trus Qta berusaha biar nangisnya berenti n mereka baikan lagi. Pernah juga adik aku yang kena lemparan bola tenis di kepalanya ma salah satu temen, trus adik Q nangis.

Kita juga suka ke walungan (sungai) buat nangkep ikan kecil, klo bahasa Sundanya "ngala impun". Jarak dari rumah lumayan jauh sih, tapi sekalian jalan-jalan. Qta juga suka ngala impun di selokan sambil panas-panasan. Walaupun terkesan jorok, tapi Qta have fun n nikmatin kebersamaan dan persahabatan. Pernah juga sendal Nenah sebelahnya terbawa arus sungai, jadinya pas pulang Qta minjemin dia sendal secara gantian dan yang pas lagi minjemin jalannya engkle.

Setiap siang/sore kita suka main sepedahan keliling daerah rumah, kadang juga suka ada anak nakal yang gangguin kita yang ngalangin jalan. Kita juga suka nyuci sepeda bareng di halaman rumah aku. Atau kita suka main ke Pateri (pabrik sendal deket rumah), disana bisa main sepedahan, roler skate, ucing-ucingan, dan juga ngala kersen (ngambilin buah kersen dari pohonnya). Kalo di lapangan belakang rumahku atau di Pateri ada pemutaran layar tancep, kami suka nonton bareng. Kami nyampeur (datengin rumah temen2) temen n berangkat bareng. Sebelumnya kami beli makanan ringan di warung buat dimakan waktu nonton layar tancep. Kami emang orangnya jarambah (suka main jauh), jajan aja kami pergi ke warung yang jaraknya sekitar 400 meter.

Bulan puasa adalah salah satu saat yang ditunggu2, biasanya sekolah kami pada libur (meskipun sekolahan aku & adikku dan sekolahan mereka berbeda). Pagi-pagi kami sudah kumpul di rumahku buat main. Yang identik dengan bulan puasa (pada waktu itu) adalah balon gelembung. Kebetulan di rumahku ada pohon bunga sepatu, jadinya kami bikin sendiri balon itu dengan bahan daun kembang sepatu dan campuran sabun deterjen. Pas bulan puasa kami ga main di luar rumah n ga main ucing-ucingan, tapi main di rumah aku n main kartu, ular tangga, atau monopoli. Sore harinya aku ngabuburit ma mereka ke Cicaheum... disana banyak penjual makanan n barang2. Pulangnya kami bawa makanan buat buka. Kami juga suka main petasan kalo lagi bulan puasa, hehehe.

Sedeket-deketnya kami, pasti yang namanya persahabatan suka ada konflik. Diantara kami suka berantem n marahan. Waktu berantem kami suka ejek-ejekan, sampe ada yang nangis segala. Karena rumahku letaknya strategis, temen yang lagi musuhan ma aku or adikku suka kami blokir jalannya. Kalo mereka lewat depan rumah, kami suka nyamperin dia, dianya jadi takut, hehehe. Tapi ga lama kok kami berantemnya, kami suka cepet baikan n langsung main bareng lagi. Kalo pas aku or adikku pengen ultah kami dirayain, kami juga ngundang mereka... Semasa kecil, semua permintaanku selalu diturutin ma ibu n bapakku. How happy I am!

Karena kita sering banget panas-panasan, makanya kulit aku jadi ga seputih waktu sebelum kenal mereka. ;p Tapi warna kulit ga da artinya dibandingin semua pengalaman, keceriaan, persahabatan dan masa kecilku yang indah dan tak kan pernah kulupakan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...