Saturday, November 8, 2008

Sastra Perancis UNPAD

Aku sekarang kuliah di jurusan sastra Perancis UNPAD.Mungkin kebanyakan orang berpikir sastra itu mudah...Tapi kenyataannya tidak. Ilmu dari segala ilmu adalah filsafat, setelah itu dibawahnya adalah logika, dan dibawahnya adalah sastra, setelah itu lalu cabang-cabang ilmu lainnya.Untuk mendapatkan gelar doktor di jurusan sastra sangatlah sulit, tidak semudah jurusan kedokteran, psikologi, ekonomi atau ilmu2 lainnya. Sastra tidak sekedar mempelajari bahasa, tapi lebih dari itu.

Ketika aku ingin memilih jurusan untuk SPMB, aku putuskan memilih sastra Perancis UNPAD di pilihan kedua karena aku sangat ingin bisa berbahasa Perancis, bahasa yang sangat romantis dan elegan menurutku. Tapi Om ku berkata, "les aja bahasa Perancis kalo mau bisa bahasanya." tapi aku juga ingin mempelajari kebudayaan dan sejarah Perancis, sebuah negara yang punya pengaruh besar di Eropa dan dunia. Dan yang ibukotanya menjadi pusat mode dunia dan mempunyai ikon yang populer, menara Eiffel.

Sekarang di kampus, aku belajar bahasa Perancis mulai dari dasar, vocabularynya, grammarnya, sejarah Perancis mulai dari zaman prasejarah, Louis XIV, hingga zaman sekarang yang akan aku pelajari semester mendatang. Kami juga "diajarkan" bagaimana berperilaku seperti seorang bangsawan...

Bahasa Perancis sangatlah susah, ternyata sangat susah untuk berbicara bahasa "romantis", hehehe. Untuk lulus dari Sastra Perancis, membutuhkan minimal 5 sampai 6 tahun kuliah. Kalau benar-benar rajin dan sedikit mengulang matkul, bisa juga 4 tahun. Banyak juga senior yang mengulang ikut kelasku, dan aku juga begitu semester ini, hiks hiks hiks. Dosen tata-bahasaku berkata, "Untuk belajar di sastra Perancis, kalian butuh bakat dan kerja keras, kalau kalian tidak punya bakat (dan tidak kerja keras), segeralah tinggalkan sastra Perancis." Orang-orang Perancis juga berpikirnya sangat logis dan kita juga diajari dan diasah berpikir logis dan mengutamakan logika. Belum lagi Ketua Jurusan Perancis yang galaknya minta ampun, dia dengan senang hati men-DO mahasiswa yang nilai-nilainya jelek atau memindahkannya ke jurusan lain... Masa yang asalnya jurusan Sastra Perancis jadi jurusan sastra Indonesia atau Sejarah?

Bahasa Perancis tidak hanya digunakan di Perancis saja, tapi juga di banyak negara, contohnya Canada, senegal, Tunisia, Madagaskar, Cote d'ivoire, dan masih banyak lagi. Ada 250 juta orang berbicara bahasa Perancis di seluruh dunia. Bahasa Perancis juga menjadi salah satu bahasa resmi dan bahasa utama PBB. Bahasa Perancis bisa aja jadi bahasa internasional, mengingat negara jajahan Perancis lebih banyak dibanding negara jajahan Inggris, tapi karena Inggris menjajah Amerika Serikat dan AS menjadi negara super power, makanya AS ikut berpengaruh menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional...

69 comments:

  1. kalo mau kursus bahasa Prancis di Bandung, lokasinya ada dimana ya? merci...

    ReplyDelete
  2. Bisa di IFI Bandung, jalan Purnawarman. Gedungnya tepat di seberang BEC. Kmu bisa tanya2 dulu ke sana... Maaf ya telat balesnya :D

    ReplyDelete
  3. Ka, mau tanya dong, biaya per ssemesternya berapa disana? Utk sastra perancis ya :)

    ReplyDelete
  4. kalau sekarang sih biaya per semester nya 2 juta rupiah. kalau saya dulu 1,2 juta dan semester 7 dan 8 jadi 600.000 :D
    Makin lama makin mahal ya biaya kuliah :)

    ReplyDelete
  5. bonjour, aku minat nih masuk sastra prancis unpad... kalo boleh tau, jumlah peminat dan daya tampung tahun ini berapa? kira-kira masuknya susah gak?
    merci :)

    ReplyDelete
  6. salut mon amie(e) , salam kami dari pendidikan bahasa perancis UPI .. artikel yang bagus , kapan2 bikin acara sharing UPI-UNPAD dong .. sekalian ngeceng haha . mudah2an AEDF & HIMAPER bisa banyak berkerja sama~

    merci beaucoup. salam AEDF (association des etudiant du departement de francais) UPI

    ReplyDelete
  7. @Dea Kim: Maaf baru balas :) Saya kurang tahu sih kalau sekarang soalnya saya sudah lulus bulan Maret 2012 ini. Tapi setiap tahun daya tampung SasPer UNPAD rata-rata 50an orang. Kalau peminatnya dari seluruh Indonesia bisa mencapai ratusan! Kalau masalah gampang atau susah sih tergantung. Kamu bisa masuk jalur SPMB yang cukup sulit, bisa juga SMUP (penerimaan khusus UNPAD). Ayo semangat buat masuk SasPer UNPAD nya! :)

    @Anggi Dwi: Salam kenal juga Anggi! :) Wah ide bagus tuh! Tapi saya sudah bukan mahasiswa lagi. hehe Coba kamu hubungi twitter Himaper UNPAD di @himaper . Mungkin kalian bisa kerjasama bikin suatu acara. Jangan lupa undang saya! hehe

    ReplyDelete
  8. kalau kuliah sastra perancis, apakah sebelumnya HARUS ada dasar nya dulu ? les mungkin atau apa.. kalau tidak punya dasar sebelumnya apakah memungkinkan bisa survive ? hahaha

    ReplyDelete
  9. Ngga kok, ga harus punya dasar apa-apa. hahaha. Saya juga pas masuk Sastra Perancis ga punya pengetahuan sama sekali tentang bahasa Perancis. 95% temen-temen saya juga ga punya dasar sama sekali. Saya juga ga les sama sekali :)
    Kalau mau survive yg penting punya kemauan untuk terus belajar, punya passion tentang bahasa Prancis atau negaranya ;)

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. sekarang kaka nya udah lulus ? :o

    ReplyDelete
  12. sya juga tahun ni mo msk unpad sasper
    do'a in masuk ya kak
    oh ya kak nak sasper unpad prnh
    study tour ke prancis gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn semoga bisa masuk SasPer UNPAD ya!
      Tapi klo udah masuk harus kuat loh n jangan keluar, sayang! :D
      Hahaha, ga pernah lah klo study tour ke sana... kemahalan :(
      Dulu juga kita berharapnya gitu tapi ya ga ada duitnya...hehe
      Semoga aja pas tahun kamu ada :p

      Delete
    2. sekarang kk kerja dimana dg membawa gelar sasper ?

      Delete
    3. Saya belum kerja, lagi berusaha buat S2 di Prancis dulu... Minta doanya ya :)

      Delete
  13. oke :) aku rencana mau ambil sastra prancis kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Semangat ya! Semoga bisa masuk dan kalo masuk bisa betah dan bertahan :) Kabarin ya kalau jadi masuk :)
      Bonne chance!

      Delete
  14. Thanks for one's marvelous posting! I really enjoyed reading it, you can be a great author. I will make sure to bookmark your blog and will come back later in life. I want to encourage that you continue your great job, have a nice day!

    Also visit my weblog :: payday advances direct no matter what
    My page - payday loans compare

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. mas, sekarang sastra perancis unpad akreditasinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmu bisa lihat info lengkapnya di sini http://www.unpad.ac.id/?fakultas=sastra-perancis :)

      Delete
  17. bonsoir....
    wah bahasa Prancis emg menarik n challenging bgt ya. Sy juga dulu sebenerny pgn masuk sastra Prancis.Apa daya malah nyasar ke HI. hehehee
    btw ada gak y jurusan sastra prancis untuk S2?? dan kalopun ada, apa harus S1 bahasa prancis or minimal bisa berbahasa prancis atau yg awam sama sekali juga boleh?? kalo bro Ricky punya infonya di share dong. hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour!
      Waduh! :O Saya malah dulunya pengen ke HI, eh malah nyasar ke Sasper! hahaha kebalikan banget kita.
      Hmm...kayaknya sih ga ada. Soalnya klo lulusan sasper yg mau S2, biasanya S2nya ya lebih umum n dicampur dari lulusan sastra lainnya. Ntar gelarnya juga kan M.Hum.
      Kayaknya dari HI klo mau S2 di sastra mungkin bisa :D

      Delete
  18. Saya pengen masuk sasper unpad sekarang saya di gunadarma kalimalang, bekasi ngambil jurusan menejemen tapi saya ga kuat mtk ekonomi sama akutansinya -_-. doa'in ya kak mudah"an masuk unpad taun 2014 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang ga kuat menurut saya jangan dipaksakan, nantinya kuliah dan nilai-nilai akhir kamu juga bakal ga maksimal :D
      Saya doakan semoga bisa masuk SasPer UNPAD ya! Amien! :)
      Jangan lupa kabari saya kalau sudah masuk :P

      Delete
  19. kalo mau coba makanan prancis sebelum ke prancis langsung, di Paris Villages- satu2nya brasserie Prancis di Bandung, bisa share info disana, pemiliknya org prancis. Di setrasari mall blok B4 no 98 depan griya tlp 022 2006958...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya! :) Semoga bisa mampir ke sana ya :)

      Delete
  20. Bisa cerita gimana proses kelulusannya? Kebetulan saya angkatan 2012 mahasiswa sasper unpad. Merci d'avant :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses kelulusan secara general maksudnya?
      Semester 6 atau 7 ada mata kuliah seminar, sesuai jurusan yang diambil misalnya seminar linguistik. Nah seminar itu kayak bikin penelitian kecil yang bisa mengarah ke skripsi. Klo misalkan seminarnya bagus, ntar bisa dilanjutkan ke proposal skripsi. Terus ada sidang buat proposal skripsinya. Kalau dosen-dosen menerima proposal kamu baru deh kmu bisa skripsi. Ntar dosen pembimbing ditentukan pas sidang proposal itu.
      Dari sekarang klo bisa baik-baik ama dosen :D
      Pas sidang skripsi dosennya baik-baik kok ngujinya. Ada juga sih temen saya yg dapet kata-kata "pedes" tapi cuek aja toh insya Allah lulus pas sidang skripsi itu.
      Bon courage! :)

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Kak aku minat banget deh sama sastra perancis !! Kaka waktu masuk test di unpad apa aja yang di tesin (basic nya) , susah gak kak persaingan masuk ke sasper unpad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Jill! Saya waktu masuk UNPAD lewat jalur SPMB jadi ya tesnya pelajaran2 IPS, matematika, bhs Indo dan bhs Inggris. Kalau mau masuk UNPAD lewat SMUP, kayaknya tesnya matematika dasar, bhs Indo dan bhs Inggris deh. Kalau SMUP ga terlalu sulit persaingannya ;)
      Ayo semangat masuk SasPernya! :)

      Delete
  23. Hai kak:)
    Kegiatannya apa aja sih di Sasper Unpad? UKMnya apa aja? terus ada praktek apa aja? saya lagi nyasar di Ilmu Politik Unsoed. Saya tadinya milih HI, malah nyasar ke ilmu murninya. Saya kira di politik bakal ada budaya-budaya gitu juga,ternyata ga terlalu berkembang. Malah saya berasa kuliah di jurusan Filsafat .. terasa membosankan sekali membahas negara dan kekuasaan.

    Bagaimana nih kalo dgn Sasper?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fajar! :)
      Di SasPer ada banyak kegiatan dan UKM. Kmu bisa ikut UKM2 jurusan Ilmu Budaya seperti basket, futsal, paduan suara, dan masih banyak lainnya. Untuk SasPer sendiri ada Himpunan Mahasiswa Sastra Prancis. Setiap tahunnya Himaper suka ngadain acara gede yang ngundang salah satu kedutaan besar negara yang berbahasa Perancis :)
      Praktiknya ya praktik mendengarkan, berbicara, drama, ada dosen asli Perancisnya juga loh :D
      Di SasPer menyenangkan sih, bisa belajar negaranya, budayanya, film2nya, kulinernya, politiknya juga dan masih banyak lainnya.
      Oh gitu... Hmm...apa kamu berencana pindah jurusan?

      Delete
  24. Ka kalo kuliah di sasper pas SMAnya (sebelum kuliah) harus bisa menguasai banyak bahasa perancisnya ga? Terus di test nya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Naura! Nggak kok, 95% mahasiswa Sastra Perancis pada ga punya basic bahasa Prancis sebelum masuk kuliahnya. Jadi semuanya mulai dari nol. Saya juga sebelum kuliah ga ada basic sama sekali, bahkan ga tau pengucapan alfabet dalam bahasa Prancis. Jadi jangan kuatir ! ;)
      Kalau tes, tergantung kamu ingin masuk lewat jalur apa: SNMPTN atau SMUP. kalau SMUP sepertinya dites matematika dasar, bhs Indo dan bhs Inggris deh...

      Delete
  25. Salut! Kak mau nanya nih, yg
    dipelajarin di sastra perancis apa aja
    kak? Soalnya aku ada minat buat
    jurusan ini, susah gak kak
    pertamanya? Merci c:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut! Banyak, mulai dari bahasa Prancisnya (grammar etc...) trus sejarah negaranya, sejarah kesusasteraannya, kebudayaannya, pokoknya semua hal tentang Perancis. Pertamanya pasti agak susah, sama seperti kita pertama kali belajar bahasa baru lainnya. Tapi kalau kamu emg suka dan niat, pasti bisa kok ;) Bon courage!

      Delete
  26. halo kak :)
    saya pingin banget ambil sastra perancis kalo udah kuliah. kira - kira persiapan yang dibutuhin apa aja ya kak? mumpung masih kelas sebelas. biar nanti masuk ke universitasnya lancar dan kuliahnya maksimal. #amiin xD
    o iya, kalo ke sasper dari smk bisa kan kak? merci beaucoup :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shaqqi!
      Wah...bagus! Hmm...yang paling penting sih kamu harus lulus UN dan SNMPTN atau Ujian saringan masuk universitas yang kamu pengen. Jadi ya persiapkan mata pelajaran2 yang diujiankan. Lebih baik lagi kalau kamu dari sekarang beli buku buat belajar bahasa Perancis yang bisa kamu beli di toko buku, jadinya kamu ada basic dikit. :)
      Bisa kok, teman sekelas saya dulu ada yang dari SMK :) dan dia lolos SMPB (dulu). :) Bon courage! :)

      Delete
  27. Bonjour! Saya tahun ini mau UN jadi rencana saya mau msk Unpad sastra perancis. Mnrt kamu saya tes lewat jalur mana ya. Biar sdkit gitu saingannya. Soalnya saya lht peminat 2013 259 orang diterima cuma 28 orang. Jd gmna biar gampang msk nya. Merci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour! kalau mau yang saingannya dikit ya ikut SMUP aja :) Semoga diterima di SasPer UNPAD ya! :)

      Delete
  28. sesulit itukah? kk kelas saya ada yg ngejalanin sipil ITB + hukum unpad sekaligus. trus dua2nya sukses. trus saya niat seperti dia, sekarang saya farmasi ITB, rencana thn ini mau daftar sastra perancis unpad. tpi setelah baca blog kk jadi mundur hehe. susah atau gampang itu relatif sih, cuma menurut kk dilihat dari kerjaan anak2nya, lebih susah kuliah di sastra prancis atau hukum unpad?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kamu benar, susah atau gampang itu relatif dan gimana anaknya. Bisa jadi anak hukum sukses kuliah di hukum tapi ga sukses di bahasa atau sebaliknya. Tergantung niat, bakat dan kerajinan juga. jadi aklau kamu niat, jangan ragu ;) Menurut saya, semua ilmu ga ada yang gampang kok :D

      Delete
    2. iya setuju, ga bisa compare sebenernya

      Delete
  29. sedikit cerita soal kakak kelas saya itu ka ricky :)
    http://blogs.itb.ac.id/nurinamaretha/2014/01/26/ill-keep-my-promises/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good article!! Semangat ya belajar bahasa Prancisnya :)

      Delete
  30. Aku pengen masuk jurusan sastra perancis di Unpad tapi terbentur biaya nih kak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Bukannya sekarang ada beasiswa bidik misi ya? Coba kamu cari tahu infonya di situs DIknas :) Semangat ya! Semoga berhasil menemukan cara untuk kuliah.

      Delete
  31. kak, aku lulus sbmptn ke sastra prancis dan Bidik Misi jg nih, tp keluarga lebih condong buat milih ke yg lain (kebetulan keterima di yg lain dan bukan bidik misi) nah tp aku pingin bgt bisa bahasa prancis kak, tolong dong info harga biaya kursus bahasa prancisnya di IFI bandung, trs ujian DELF nya jg itu teh kayak gmn yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey! Oh gitu ya... Kalau menurut saya sih pilih jurusan yang kamu bener-bener suka aja. :)
      Jujur saya kurang tahu biaya kursus di IFI, ga pernah kursus di sana juga. hehe
      Kamu bisa tanyain langsung kok. Ga apa-apa tanya2 doang juga...
      Kalau ujian DELF itu ujuan tertulis listening, writing, dan comprehension. Trus terakhir ada praktek berbicara bahasa Prancis.
      Semoga membantu :)

      Delete
  32. Ass...
    Kak.. aku masih kls 12 udh di minta buat nerusin kmna?? Aku awalnya pengen management bisnis.. tp aku trtarik sama sastra korea.. tp karena gak ada di bandung.. aku harus pilih yg lain yg ada di bandung.. nah aku walnya pengen management lagi di unpad tp gak jadi ah pengen sastra lagi aja.. pas baca di unpad ada sastra prancis aku seneng bgt.. doain yah semoga aku keterima kuliah di unpad atau pilihan kedua aku.. ugm.. aamiin..
    Merci.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Emmy! Gimana hasil usaha studi kamu? Akhirnya pilih apa?
      Semoga kamu bisa masuk jurusan yang kamu suka dan kuliahnya bisa semangat! :)
      Bonne chance! :)

      Delete
    2. lulus sastra perancis kakak kerja apa ya?and kebanyakan sastra perancis pada berkarir dimana?

      Delete
    3. Ada yang ajdi dosen, banyak yang kerja di media jadi jurnalis koran / TV, banyak juga yang kerja di bank, atau di perusahaan swasta lainnya di berbagai bidang.:)

      Delete
    4. kakak sendiri dimana?keliatanya jadi diplomat sainganya banyak,sesulit apa sih sebenrya bahasa perancis?gue ngisi perancis di SNMPTN

      Delete
  33. serius lulus harus 5 taon minimal?dah kyak kedokteran aja,gak bias 8 semester?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mereka targetin 8 semester kok :) Dulu 5 tahun. hehe

      Delete
  34. Hai kak aku mau tanya, dalam jurusan sasper ini bahasa yg digunakan dalam belajar itu memakai bahasa indonesia atau bhsa perancis? Trus kalo bikin skripsinya gimana? Pake bahasa perancis atau bahasa indo? aku tuh niat bgt kak pgn masuk sasper unpad. Kakak paling susah belajar dijurusan itu bagian yg mana? Dan linguistik itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Tentu aja dalam sehari2nya kita pakai bahasa Indonesia. Tapi mulai semester 3 tau 5, lupa lagi, dosen2 ngajarnya full pakai bahasa Prancis. Skripsinya pakai bahasa Indonesia tapi kesimpulannya harus dalam bahasa Prancis.
      Tentunya paling susah mempelajari grammarnya.
      Linguistik itu tata bahasa seperti fonologi, semantik, dll.

      Delete
  35. Salut kak, kak saya mau nanya gimana cara kaka bisa lancar bhs prancis? gimna persiapan kaka buat tes delf sampe b2? gimana cara kaka bisa sampek ke prancis dan dapet kerjaan dengan lulusan sastra prancis? Maaf kak pertanyaannya byk hehe tolong di jawab ya kak soalnya aku juga anak sastra prancis unnes yg baru aja masuk thun 2015 kmren, merci beaucoup☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yunita. Tentunya harus rajin belajar dan prakterkkin bahasa Prancis nya sehari2, ma temen sekampus atau ma orang Prancis langsung biar bisa lancar. Harus banyak baca artikel berbahasa Prancis.

      Delete
  36. Hai kak.
    Wah salut banget bisa sampe kuliah disana.
    Aku kelas XII nih (IPS) nah rencananya insyaallah abis lulus nanti pengen ambil jurusan ini. Saya mau tanya kak. Saya kan nol banget, gak ada basic sama sekali. Jadi biar kesannya gak awam banget nanti pas disana, saya mau belajar dulu dikit. Entah kosa kata atau apa. Nah kira-kira yang awal-awal dipelajari tentang apa ya kak? Terus ospek di unpad nya kaya gimana? Oiya kalo SNMPTN/SBMPTN itu biaya kuliahnya gratis kan kak.
    Maaf nanya nya banyak banget.
    Mohon bantuannya 😊
    Dan semoga sukses S2 nya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Makasih banyak.
      Saya juga dulu ga ada basic sama sekali kok dan ga tau satu katapun dlm bahasa Prancis. Banyak juga temen2 saya yg gitu. Jadi ga usah kuatir. Tapi bakalan lebih baik lagi kalo kamu siapin dari jauh2 hari. Kamu bisa baca2 grammar bahasa Prancis di internet atau beli buku panduan belajar bhs Prancis buat pemula. Yang pasti awalnya kita bakal diajarin dari yg dasar bgt kayak konjugasi, kata benda, trus budaya Prancis.
      Ospek saya dulu ga ada kekerasan sama sekali, lebih ke fun dan yg ribetnya harus bawa barang2 dengan nama2 aneh, klo salah bawa dihukumnya dengan push up atau lari. Tapi mungkin skrg udah beda, saya udah lulus lama dari Unpad :D
      Kalo waktu saya dulu, mahasiswa lulusan SNMPTN/SBMPTN biaya masuk univ nya lebih murah daripada mahasiswa lain dan uang semesterannya juga lebih murah. Tapi sekarang saya ga tau sama sekali. Kamu bisa dateng langsung kok ke kampus buat tanya2, mereka bakal kasih info selengkap2nya.
      Makasih banyak buat doanya, tapi saya udah lulus S2nya di sini. hehe
      Sukses ya buat studi kamu. :)

      Delete
  37. salut kak!je suis etudiant,j'ecoute di unpad kan adanya bahasa dan sastra perancis,nah kalau di unpad ada nggk pendidikan bahasa perancis doang?nggk usah ada sastranya.
    merci beaucoup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Kurnia. Setahu saya kalo di Unpad adanya sastra Prancis doang. Kalo Pendidikan Bahasa Prancis adanya di UPI. Info lebih lengkap lihat situs berikut ini http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-budaya/
      De rien :)

      Delete
  38. Bonjour ! Kakak S2 di perancis pake biaya sendiri atau beasiswa ? Klo pake beasiswa, beasiswa apa yg kakak gunain skrg ? Ada tipsnya gak kak supaya mudah dpt beasiswanya ? Merci beaucoup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour ! Alhamdulillah saya dapet beasiswa Dewa. Ga akan mampu kalo pake biaya sendiri, hehe. Saya dapetnya Beasiswa Excellence Eiffel dari Pemerintah Prancis. Yang pasti kamu harus punya DELF minimal B2, IPK yang bagus, bisa minta surat referensi dari dosen, dan bikin motivation letter atau projet professionnel yang bagus. Semoga membantu. De rien :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...