Friday, January 23, 2009

Fakta-fakta Bandung

Berbagai fakta tentang Bandung:

- Bandung punya Festival Film Bandung yang lumayan bergengsi n terus bertahan sampe sekarang meskipun dulu dilarang waktu Orde Baru.

- Bandung jadi tuan rumah Festival Film Indonesia 2008

- Film pertama yang dibuat dan ditayangkan dibioskop di Indonesia adalah film Lutung Kasarung pada 31 Desember 1926 di Kota Bandung. Yang kedua adalah film Eulis Acih pada tahun 1927 juga di kota Bandung.

- Bandung adalah kota pertama dibangunnya bioskop terbesar di Indonesia, yaitu Blitz Megaplex Paris Van Java

- Andrea Hirata sekarang bekerja n tinggal di Bandung

- Obat Hepatitis B dan obat rabies hanya dibuat di Pasteur untuk kebutuhan seluruh dunia!

- Di Bandung terdapat berbagai pabrik merk-merk fashion terkenal, contohnya Quicksilver, Mark N Spencer dan Billabong.

- Bandung punya lagu nasional, yaitu Halo-halo Bandung. Bandung juga disebut dalam lagu "Kereta Api"

- Puluhan ribu kendaraan masuk ke kota Bandung setiap weekend, apalagi waktu liburan.

- Rakyat Bandung rela menghanguskan kota tercintanya yang indah agar tidak dikuasai penjajah!

- Demonstrasi mahasiswa pertama di Indonesia adalah di kota Bandung

- Ir. Soekarno dan banyak orang-orang hebat lainnya yang berkuliah di Bandung

- Bandung satu-satunya kota yang mempunyai 4 perguruan tinggi negeri. Yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati. Juga mempunyai banyak perguruan tinggi swasta yang bagus, contohnya: Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Bandung, Universitas Komputer Indonesia, dll.

- Banyak pelajar dari seluruh Indonesia yang menuntut ilmu di Bandung. Mereka juga bisa terhibur karena banyaknya tempat hiburan, tempat nongkrong dan mall-mall. Sehingga mereka tidak ketinggalan zaman.

- Institut Teknologi Bandung adalah salah satu dari 3 PT Indonesia yang masuk daftar 400 PT terbaik di dunia.

- Bandung adalah tempat dimana Modernitas terpadu dengan tradisi Sunda. Bandung adalah kota dinamis dan kreatif. Terutama di bidang fashion, kuliner, dan kepemudaan.

- Bandung menggelar Helaar Fest dan Bandung Creative City Forum yang mengumpulkan orang-orang kreatif dari berbagai profesi untuk mengadakan suatu acara.

- Bandung adalah kota yang dipilih untuk ujicoba pertama berbagai operator telepon selular, contohnya Esia, Flexi, 3, dll. Axis juga pertamanya hanya ada di Bandung dan Surabaya. Sehingga masyarakat Bandung sering menjadi pencoba pertama dibandingkan kota-kota lain.

- Banyak musisi dan artis yang berasal dari Bandung, lengkapnya di www.friendster.com/parisdejava. Bandung juga terkenal di bidang musik

- Bandung dipilih menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika dan juga peringatan 50 tahun KAA.

- Bandung adalah kota besar (ibukota provinsi) yang paling dekat dengan ibukota Jakarta. Dibangun jalan tol Cipularang yang mendekatkan keduanya, yang bisa ditempuh hanya 2jam. Dan 3 jam menggunakan kereta api.

- Meskipun Bandung merupakan kota terbesar ke4 di Indonesia, namun nama Bandung bisa dibilang terpopuler ke2 setelah Jakarta.

- Berbagai acara TV ataupun promosi produk2, pasti mencantumkan Bandung sebagai kota peserta dan tempat promosinya.

- Bandung mempunyai lapangan yang juga terkenal yaitu lapangan Gasibu.

- Bandung mempunyai stasiun TV lokal terbanyak se-Indonesia, terdapat 8 stasiun TV, yaitu: Bandung TV, STV, IMTV, PJTV, Space Toon Bandung, MQ TV, Edukasi TV Bandung, CT TV

- Radio Bandung jumlahnya banyak dan yang terkenal adalah Ardan Radio, OZ radio yang punya cabang di Bandar Lampung dan kota lain, juga Ninetyniners yang membuka cabang di Jakarta. Ninetyniners adalah radio nomor satu di Bandung selama 8 tahun berturut-turut hingga sekarang menurut survey AC Nielson.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...