Monday, March 25, 2013

UPSIDE DOWN Film Review


         
Directed by
Juan Diego Solanas
Produced by
Claude Léger, Dimitri Rassam, Aton Soumache, Jonathan Vanger
Alexis Vonarb
Written by
Juan Diego Solanas
Starring
Jim Sturgess
Kirsten Dunst
Music by
Benoît Charest
Cinematography
Pierre Gill
Editing by
Dominique Fortin
Paul Jutras
Distributed by
Warner Bros.
Lionsgate
Samuel Goldwyn Films
Millennium Entertainment
Release date(s)
  • 22 August 2012 (Kazakhstan)
  • 15 March 2013 (US)
  • 17 April 2013 (France)
Running time
107 minutes
Country
France
Canada
Language
English
Budget
$50 million



Upside Down adalah sebuah film science fiction romantis yang ditulis dan disutradarai oleh Juan Diego Solanas. Film ini dibintangi dua pemeran utama yakni aktor Jim Sturgess yang memerankan Adam dan Kirsten Dunst yang memerankan Eden. 

Film ini menceritakan dua dunia yang terpisah, dunia atas dan dunia bawah. Dunia atas (Up) kaya raya dan makmur, sedangkan dunia bawah (Down) miskin. Up membeli minyak dengan harga murah dari Down dan menjual listrik kembali ke Down dengan harga lebih tinggi. Pergi ke Up atau memiliki kontak dengan siapa pun dari Up dilarang keras dan dapat dihukum dengan penahanan atau hukuman mati. Satu-satunya koneksi yang menghubungkan dua dunia adalah melalui perusahaan "Transworld", sebuah perusahaan yang berkuasa dari dunia atas yang memiliki bangunan megah.

TransWorld Company

Adam tinggal di sebuah panti asuhan di Down setelah kehilangan orang tuanya dalam sebuah ledakan kilang minyak. Hanya bibinya-lah satu-satunya keluarga yang ia miliki yang selalu ia kunjungi setiap minggu. Bibinya memiliki resep rahasia untuk membuat pancake terbang menggunakan serbuk sari dari lebah merah muda yang mengumpulkan serbuk sari dari kedua dunia. Resep itu telah melewati beberapa generasi dan akan diwariskan kepada Adam. Suatu saat resep rahasia itu akan berguna bagi Adam.

Saat Adam masih anak-anak, dia memanjat sebuah gunung yang menjulang hingga mendekati Up. Di sana dia bertemu Eden, seorang gadis dari Up. Beberapa tahun kemudian saat Adam dan Eden beranjak remaja, mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan asmara. Mereka bertemu di gunung tempat mereka pertama kali bertemu. Adam menggunakan tali untuk menarik Eden arah Down, kemudian mereka menuju ke hutan untuk berjalan-jalan. Tak disangka pasukan keamanan menemukan mereka, karena panik Adam lalu melepaskan tali agar Eden kembali ke dunianya, Adam tertembak oleh pasukan keamanan. Tak berdaya, ia hanya bisa melihat Eden terjatuh lalu terbaring tak bergerak di tanah lalu darah mengucur dari kepalanya. Ketika ia kembali ke rumah, bibinya ditangkap dan rumahnya hancur.
 
Sejak saat itu dia tidak pernah bertemu lagi dengan Eden. Cerita film selanjutnya menggambarkan usaha Adam yang gigih untuk menemukan Eden karena ia masih mencintai Eden. Efek visual yang mengagumkan dari film ini juga membuat dua dunia dengan dua gravitasi berbeda itu terasa nyata dan menarik imajinasi kita untuk ikut membayangkan berada di dalamnya. Cerita yang berjalan dengan tempo yang pas dan dengan alur cerita yang tak rumit, membuat film ini semakin menarik untuk ditonton. Beberapa adegan dalam film ini memacu jantung kita berdetak lebih cepat tetapi perjuangan cinta Adam membuat film ini bisa menjadi film science-finction paling romantis yang pernah ada.
 
Penilaian pribadi dari penulis untuk UPSIDE DOWN: 3,8 dari 5,0



4 comments:

  1. kayaknya seru nih filmnya.. jadi pingin nonton.. cari ah dvdnya.... btw, banyak adegan kissingnya gak? soalnya mau nonton ama anakku di rumah.. amankah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak mbak sudah mampir dan kasih komen ^^
      Filmnya emang seru kok! Romantis dan keren!
      Euh...klo adegan kissingnya kayaknya 2 kali deh... Tapi ga banyak kok... :D
      Pas ada tanda-tanda mau adegan kissing, anaknya jangan sampe liat... hehehe :D

      Delete
  2. saya kemarin liat film ini via DVD ketiduran. membosankan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha buat kmu film ini membosankan ya? :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...