Monday, March 25, 2013

AMOUR, A Great LOVE Story (Movie Review)



  •  Title : Amour
  • Directed by : Michael Haneke
  • Scenario : Michael Haneke
  •  Production : Margaret Ménégoz (Les Films du Losange), Stefan Arndt (X Filme), Veit Heiduschka, Michael Katz (Wega Film)
  • Distribution :  France : Les Films du Losange
  • Budget : 8 100 000 euros
  • Countries : Austria and France
  • Genre : Drama
  • Release Date : France, October 24, 2012



Saya sebagai salah seorang penggemar film romantis dan film Perancis, begitu mendengar ada film yang berjudul AMOUR, saya langsung tertarik untuk menontonnya. Film ini mendapatkan piala OSCAR untuk kategori Film Asing Terbaik pada tanggal 24 Februari 2013. Saya menonton film ini beberapa pekan sebelum OSCAR berlangsung dan saya sendiri mengakui kalau film ini sangat layak mendapatkan OSCAR. 

AMOUR sebuah kata dalam bahasa Perancis yang berarti cinta, merefleksikan keseluruhan cerita dari film ini sendiri. AMOUR adalah sebuah film franko-austria yang disutradarai oleh Michael Haneke dan dirilis pertama kali pada 24 Oktober 2012 di Perancis. Terdapat dua pemeran utama dalam cerita film yang juga didanai sebagian oleh Uni Eropa ini, peran utama pria yang bernama Georges (diperankan oleh Jean-Louis Trintignant) dan peran utama wanita bernama Anne (diperankan oleh Emmanuelle Riva). 

Georges dan Anne adalah pasangan suami-istri yang berusia delapan puluhan tahun, mereka adalah pensiunan guru musik yang tinggal berdua di apartemen. Putri mereka yang bernama Eva juga seorang musisi, hidup di luar negeri dengan keluarganya. Suatu hari, Anne menderita stroke kecil. Ketika dia meninggalkan rumah sakit dan pulang kembali ke rumah, ia terkena hemiplegia (lumpuh di bagian tangan dan kaki di bagian tubuh yang sama). Cinta yang mengikat pasangan tua ini akan diuji karena George berjanji untuk tidak mengirim Anne kembali ke rumah sakit.





Film ini juga memenangkan Palme d'Or atau Palem Emas di Festival Film Cannes pada tahun 2012 dan masuk dalam lima kategori pada penghargaan OSCAR ke-85: Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Michael Haneke), Aktris Terbaik (Emmanuelle Riva), Film Asing Terbaik dan Skenario Asli Terbaik (Michael Haneke). Awal bulan Januari 2013, AMOUR memenangkan Golden Globe untuk film asing terbaik. Pada tanggal 10 Februari 2013, film ini memenangkan dua penghargaan BAFTA di Inggris: Film Bahasa Asing Terbaik dan Aktris Terbaik untuk Emmanuelle Riva.

Pada 22 Februari 2013, ia menjadi film kedua, 32 tahun setelah film Le Dernier Metro” karya François Truffaut, yang memenangkan lima kategori Césars paling bergengsi: Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Michael Haneke), Aktor Terbaik (Jean-Louis Trintignant), Aktris Terbaik (Emmanuelle Riva) dan Skenario terbaik (Michael Haneke). Césars merupakan penghargaan pertelevisian dan perfilman yang bergengsi di Perancis. Pada tahun 2012, AMOUR juga menjadi film pertama yang memenangkan empat penghargaan utama di European Film Awards (film terbaik, sutradara, aktor dan aktris terbaik).

Semua penghargaan di atas memang layak dimenangkan film AMOUR ini. Film berdurasi dua jam lebih dan dengan alur yang sedikit lambat dan setting tempat yang sama mungkin akan membuat beberapa orang bosan, tetapi jalan ceritanya yang tak bisa ditebak membuat kita penasaran untuk mengetahui adegan tiap adegan. Film-film Perancis memang terkenal sebagai film yang sulit ditebak dan mempunyai alur yang tidak biasa. Sangat berbeda dibandingkan film Hollywood. Akting dari kedua aktor dan aktris senior ini pun begitu hebat dan total. Bagi orang yang sudah menonton film AMOUR ini rasanya film ini akan menjadi salah satu film yang tak terlupakan. Selain karena inti cerita yang membuat speechless, tapi film ini juga membuat kita merenung apakah kita bisa mempunyai rasa cinta sekuat pasangan Georges dan Anne? Apakah kita bisa sesabar Georges dalam mengurus pasangan kita yang sedang sakit tak berdaya…?


Sebuah film cinta yang wajib ditonton, saya pribadi memberikan nilai 4,5 dari 5,0 untuk film AMOUR ini.

“The love story of this movie made me sad and speechless…” Ricky M.


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...