Thursday, March 7, 2013

Penting: Polling Nama Stadion Gede Bage, Ayo Vote!

Stadion Gede Bage (foto: www.pikiran-rakyat.com)

Akhirnya pembangunan stadion sepakbola di daerah Gedebage sudah akan selesai dan Bandung pun kini memiliki stadion sepakbola berkelas internasional. Tapi Pemkot masih kebigungan buat kasih nama stadion itu. Kemarin (6 Maret 2013) saya dengar iklan dari Pemkot Bandung di radio kalau Pemkot Bandung membuka polling lewat SMS untuk memilih salah satu nama dari tiga nama usulan. Ketiga nama usulan stadion yang bisa dipilih adalah:

GELORA BANDUNG LAUTAN API
GELORA GEDEBAGE KOTA BANDUNG
GELORA ROSADA

Mengapa ketiga nama itu?

Menurut berita dari detikBandung yang saya baca, nama GELORA BANDUNG LAUTAN API dan GELORA GEDEBAGE KOTA BANDUNG adalah dua nama stadion yang direkomendasikan oleh Tim Kajian Naskah Akademis Penamaan Stadion Utama Sepakbola (SUS). Ketua Tim Kajian, Nina Herlina Lubis, menyampaikan bahwa tim terdiri dari tujuh orang dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) telah menyeleksi 40 usulan nama stadion dari masyarakat, setelah itu mengerucut menjadi 20 nama, lalu tim memilih dua nama. Jadi, Tim Kajian memutuskan untuk memilih dua nama di atas. Menurut Nina, tim memikirkan nama stadion berdasarkan berbagai aspek seperti: ilmu sejarah, kebijakan publik, hokum, sosiologis & antropologis, bahasa Indonesia dan bahasa Sunda.

Lalu Nina menjelaskan bahwa ada 8 kriteria yang menjadi alasan Tim Kajian mengusulkan kedua usulan nama di atas, yaitu:
  1. Memberikan kebanggan bagi warga
  2. Sesuatu yang patut dikenang dan diingat
  3. Memiliki keterkaitan dengan bangunan
  4. Penamaan nama tokoh umumnya setelah tokoh tersebut meninggal
  5. Memiliki unsur pendidikan
  6. Orisinal atau tidak ada dua nama untuk bangunan serupa
  7. Menumbuhkan semangat, sportifitas, dan menggambarkan kenetralan
  8. Tak bertentangan dengan norma kesusilaan dan ketertiban umum

Nah, berdasarkan semua kriteria di ataslah Tim Kajian mengusulkan nama GELORA BANDUNG LAUTAN API dan GELORA GEDEBAGE KOTA BANDUNG.

Nina juga menjelaskan “Bandung Lautan Api itu peristiwa bersejarah yang mencerminkan pengorbanan dan perjuangan. Sejarah harus dikenang. Sehingga ini bisa “membakar” semangat masyarakat sepak bola dan meningkatan prestasi”.

Bagaimana dengan nama GELORA GEDEBAGE KOTA BANDUNG? Nina menjawab “Gede bage nama yang memiliki keterkaitan budaya setempat, dan masyarakat Sunda umumnya. Nama itu bagus. Gede atau ageing dalam bahasa Sunda artinya besar. Bage itu bahasa Sunda yang berarti bahagia. Nama ini juga bersifat netral. Nama Gede Bage patut dikenang sebagai nama daerah di Kota Bandung”.

Stadion yang dibangun di atas lahan seluas 24,5 hektare dan menghabiskan dana Rp 600 miliar ini dilengkapi dengan tribun, lapangan sepak bola, atletik, kantor, sirkulasi dan servis.
Nah, kalau usulan nama ketiga GELORA ROSADA? Hmm…di artikel tersebut tidak dibahas sama sekali usulan nama yang ini. Sepertinya ada pihak-pihak tertentu yang ingin memaksakan kehendaknya untuk memberikan nama stadion berkelas internasional itu dengan nama GELORA ROSADA. Warga Bandung asli pasti tau sendiri lah ya siapa pihak-pihak itu….?! Tapi kalau kita lihat di poin ke-4 dari kriteria pemilihan nama yang dilakukan Tim Kajian: Penamaan nama tokoh umumnya setelah tokoh tersebut meninggal, apakah si tokoh ini yang ingin namanya dijadikan nama stadion berencana untuk segera meninggal dunia?? Siapa tahu… Kalau semua uang untuk membangun stadion ini berasal dari beliau sih ya ga apa-apa namanya mau itu juga. Tapi kan ini uang rakyat juga yang dipake buat bangun stadion ini.

Balik lagi ke iklan Pemkot Bandung itu, kita sebagai warga Bandung diajak buat ikutan milih nama stadion itu lewat SMS. Sebagai warga Bandung atau siapapun yang tinggal di Bandung dan yang cinta Bandung, pasti bangga dong akhirnya kotanya bisa punya stadion baru berkelas internasional. Tapi kita juga harus pilih nama yang terbaik untuk stadion itu, bagaimanapun juga nama tetaplah penting. Gimana cara pilihnya?

Kirim SMS ke nomor 082121272700 ketik NAMA LENGKAP , ALAMAT LENGKAP , NAMA STADION PILIHAN*.

* GELORA BANDUNG LAUTAN API , GELORA GEDEBAGE KOTA BANDUNG , atau GELORA ROSADA

Polling berakhir tanggal 22 Maret 2013! Jadi, ayo buruan kirim SMS ke nomor itu sebelum waktunya habis, pilih nama yang terbaik dan ajak sodara-sodara atau teman-teman kita warga Bandung untuk ikutan pilih nama juga. Tarif SMS : NORMAL (sesuai operator yang dipakai).


Artikel berita: 
http://news.detik.com/bandung/read/2013/01/17/160024/2145236/486/ini-alasan-rekomendasi-nama-stadion-bla-stadion-gedebage-kota-bandung

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...