Saturday, November 8, 2008

Masa SMP ku

Dengan NEM yang aku dapatkan, aku mendaftar ke SMP Negeri 14 dan 7. Ternyata aku diterima di SMP Negeri 14 di jalan Supratman. Seneng banget bisa masuk SMP Negeri peringkat 10 besar di Bandung. SMP ku ini tidak terlalu jauh dari SD ku, masih satu daerah. Letak SMP ku ini cukup strategis, di depan sekolah kami ada lapangan besar (lapangan Supratman), kalo mau ke mall BIP tinggal naik angkot sekali dan tidak jauh.
Waktu pertama kali masuk SMP ada pengenalan sekolah gitu (semacam ospek). Aku masuk kelas 1F dengan wali kelas pak Suhendar, dia orangnya baik banget, kalem, dan sabar. Waktu pertama kali masuk, aku duduk di bangku paling depan. Aku gak sekelas ma temen SD ku, meskipun ada beberapa temen SD yang masuk SMP 14. Setelah beberapa lama aku jadi duduk ma Widi. Aku seneng celana pendekku berubah warna, asalanya merah jadi biru (warna favoritku) hehehe...
Pas awal-awal belajar, guru bahasa inggris nyuruh anak buat maju ke depan siapa yg bisa ngerjain soal, tapi ga da yang mau maju. Ga tau karena ga bisa or karena malu. Di dalem hati aku bilang "Kok kayak gini aja ga bisa sih?" lalu aku pun maju ke depan dan jawabanku benar. Aku jadi ngerasa pinter, hehehe. Padahal di SD aku biasa aja, mungkin kualitas sekolah sebelumnya juga menentukan kali ya? Akhirnya aku jadi sering maju ke depan dan jadi anak kesayangan guru itu, hehehe. Seneng juga jadi anak kesayangan meskipun kadang suka disuruh2!
Aku gak mau banget nyontek dan ga mau dicontek juga. Meskipun tugasnya dah harus cepet-cepet dikumpul, tapi aku ga mau nyontek. Sampe-sampe salah satu temen sekelasku bilang 'Udah Ricky ih kmu nyontek aja nih!" Tapi aku tetep aja ga mau. Aku juga lumayan rajin belajar dan dapet ranking 3 besar dan 5 besar waktu kelas 1. Bangga banget deh, seneng juga bisa bikin orang tua bangga.
Karena tulisanku juga lumayan bagus, apalagi dibandingin ma cowok2, aku juga pernah jadi sekretaris, disuruh nulis catatan di papan tulis (dulu masih pake kapur). Waktu mau lebaran aku pengen ngirimin kartu lebaran tapi bingung mau ngirim ke siapa, soalnya aku blom ada temen yang terlalu deket, biasa-biasa aja. Aku pun nanya alamat rumah temen-temenku yang bernama Arsya, Gilang dan Ilham. Aku ngirim kartu Lebaran ke mereka. Akhirnya kita berempat jadi deket dan pergi kemana-mana bareng. Mereka pun yang menjadi sahabatku hingga sekarang, kami sudah bersahabat sekitar 7 tahun! Arsya orangnya jail, aku dan Ilham kadang suka marah-marahan ma dia, aku dan Ilham pun kadang suka marahan, hehehe.
Suatu hari diadakan lomba baris-berbaris, kelas kami ikutan dan aku, Ilham dan Arsya ikutan lomba itu mewakili kelas kami ditambah anak-anak lainnya. Kami kerja keras latihan dan menciptakan gerakan baris-berbaris. Kami latihan di lapangan Supratman.Dulu kelas 1 masih masuk siang dan pulang sore, jadi kita bisa latihan sebelum masuk sekolah. Pas hari pertandingannya kami melakukannya dengan baik, dan gak disangka-sangka kelas kami menang di peringkat pertama untuk kelas 1! kami dapat piala, kami seneng banget usaha kami ga sia-sia dan bisa membanggakan kelas 1F! Aku mulai enjoy dengan kehidupanku di SMP ini. Dengan prestasiku dan juga sahabat-sahabatku. Di SMPku ada kelas unggulan yaitu kelas 2A dan 3A, aku sangat berharap masuk kelas itu.
Akhirnya impianku terwujud, aku masuk kelas 2A meskipun katanya sekarang ga da kelas 2 yang unggulan (hanya kelas 3), tapi aku tetap senang masuk kelas berlabel A itu. Aku sekelas ma Arsya lagi n Raisa. Kelasnya heboh banget, orangnya gila-gila, tapi juga persaingannya ketat. Ada murid yang bernama Sugeng, dia cowok tapi latah banget, suka niruin goyang Inul segala. Dia suka perform di depan kelas gitu, hehehe.
Di kelas 2A aku deket ma temen yang namanya Abyan dan Aryoso, sampe sekarang aku dan Aryoso bersahabat. Hampir 6 tahun kami bersahabat! Di kelas 2 ini, aku mulai mau nyontek, hehehe. Wali kelas kami Bu Agnes, dia orang Jawa yang punya pandangan luas dan juga tegas. Aku senang bisa deket ma dia, dia guru bahasa Indonesia. Aku juga deket ma guru matematika, namanya Bu Atin soalnya ulangan matematikaku selalu bagus. Kalo pas ulangan matematikku jelek, dia pasti nanya "Ricky kenapa nilainya jelek?" dengan nada bicaranya yang khas... Aku cuma bisa tersenyum. Dia orangnya galak dan ditakuti di kelas. Tapi aku malah semangat buat belajar matematik, sampe2 nilai matematik Ulangan Umumku dapet 10! Seneng banget, ga nyangka! Aku juga deket ma guru biologi, dia baik banget. Waktu kelas 2, nilai biologiku bagus-bagus walau kadang dapet jelek. Soalnya aku ngapalin pelajarannya sampe bener-bener hapal, jadi waktu ulangan ataupun tes lisan, aku bisa menjawab dengan benar. Aku juga masih suka disuruh nulis di papan tulis buat catatan anak-anak. Aku sering jadi ketua kalau disuruh bikin kelompok2 gitu, meskipun sebenernya aku males jadi ketua soalnya pasti mereka males buat kerja.
Aku juga diangkat sebagai ketua kebersihan kelas di daftar organigram. Anak-anaknya susah disuruh bersih-bersih, makanya aku sering nyapu kelas meskipun hari itu bukan giliran piketku. Aku semakin betah sekolahnya waktu itu, dekat dengan banyak guru, dan juga mendapatkan sahabat baru. sekarang sahabatku jadi Arsya, Ilham, Gilang, dan Aryoso. Kami suka shalat Jum'at bareng di masjid deket sekolah, jalan-jalan ke mall, main ke rumah Aryoso atau rumahku, kemana2 bareng. Aku juga deket ma genk Ijo Loemoet (bisa dibilang genk terbesar di kelasku).
Ada cerita lucu, aku kan bikin buku "Friendship" gitu. Isinya biodata lengkap (mulai dari nama, tempat tgl lahir, hingga makanan favorit), aku minta temen-temenku ngisi. Buat lucu2an aja. Aku juga minta tanda-tangan2 guru2. Pas aku minta tanda tangan Bu Atin (guru matematika itu) dia nanya "Ini buat apa? Da ibu mah belum mau pensiun! Harus nandatangan ini teh?" Anak-anak sekelas pada ngeliatin n heran, ada juga yang ketawa denger Bu Atin ngomong gitu. Aku bingung mo jawab apa, didalam hati aku bilang "Ih...aneh banget sih pikiran guru ini!" Trus aku bilang aja ke dia "Ah enggak kok Bu, ini buat kenang-kenangan aja..." Tapi akhirnya dia nanda-tangan juga, hehehe.
Aku juga seneng bisa dapet ranking di kelas, aku ingin masuk kelas unggulan. Ada 2 kelas unggulan, kelas 3A dan 3H. Pas liburan, kami seangkatan pergi ke Yogyakarta, liburan yang sangat berkesan dengan teman-teman SMPku. Kalo mo tau ceritanya, baca blogku yang judulnya "Liburan ke Yogyakarta".
Kenaikan kelas tiba, waktu melihat pengumuman pembagian kelas di lapangan ternyata aku terdaftar di kelas 3A! Aku seneng banget cita-citaku tercapai! Yang bikin seneng lagi, sahabatku Ilham juga masuk kelas yang sama. Kelas itu hanya berisi 10 orang laki-laki, bahkan untuk membuat grup sepakbola aja ga bisa. Yah...wajar lah kebanyakan yang pinter kan cewek. Aku sebangku dengan Dimas, tapi lalu ganti jadi dengan Azmi. Ada yang bilang kalo kelas 3A tuh arogan, padahal kami biasa aja kok...
Mulai kelas 3, aku dibelikan HP untuk yang pertama kali oleh orang-tuaku, seneng banget! Apalagi waktu itu masih sedikit yang punya HP. Tapi HP nya ga bertahan lama soalnya HP aku dan Ilham ilang waktu kami shalat di mesjid deket sekolah. Sedih banget... Waktu itu juga musim lagi yang namanya Tamagochi, aku suka bawa mainan itu ke sekolah. Hehehe, kalo dipikir2 lagi aku kayak anak kecil aja, hehehe.
Arsya masuk kelas 3B dan Gilang & Aryoso masuk kelas 3G. Kami sibuk belajar untuk menyiapkan ujian Nasional. Persaingan di kelas ini begitu ketat tapi kami tetap berteman baik. Aku ikut les di SSC, begitu juga Ilham, Gilang dan Azmi. Aku mendapatkan teman baru disana. Kadang nilai Try Outku bagus, kadang jelek juga. Waktu kelas 3 ini, aku merasa prestasiku semakin menurun, ga tau kenapa...
UAN pun tiba, dan kami libur panjang setelahnya. Akhirnya aku lulus UAN dan dapet NEM yang lumayan bangus! Huh...akhirnya lulus SMP juga. SMPku pun rankingnya naik jadi ranking 3 se-Bandung. Sampe sekarang aku merasa SMP adalah masa keemasanku dalam masalah pendidikan. :) Dan juga masa yang sangat berkesan dan masa dimana aku bertemu sahabat-sahabatku hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...