Saturday, November 15, 2008

Bandung Tercinta (Bandung, Je T'aime!)

Bandung adalah ibukota Propinsi Jawa Barat dan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia. Jawa Barat merupakan salah satu propinsi termaju dan terpenting di Indonesia. Bandung tuh salah satu ibu kota propinsi (kota besar) yang terletak di dataran tinggi dan di kelilingi gunung, oleh karena itu hawa Bandung lebih sejuk dibandingin ma kota-kota besar lain.


Wlopun Bandung ga termasuk dalam 4 kota pembangunan utama yang ditetapkan oleh pemerintah, namun kota yang dinamis ini bisa berkembang dan maju dengan sendirinya dan bisa bersaing dengan 4 kota itu. Mungkin bisa dibilang juga Bandung tuh kota yang paling populer n "paling megang" kedua di Indonesia abis Jakarta. Sekarang aja stiap ada event-event yang diadain suatu produk atopun suatu pemilihan, pasti Bandung masuk dalam kota pilihan dari sedikit kota yang dipilih. Contohnya Indonesian Idol, AFI, Penghuni Terakhir, LA Light Indie Fest, Power of Putih Abu-abu (POPA), POP Mie Cheerleadance Competition, Laurier Cheerleaders Competition, Let's Dance, Idola Cilik, dll. Itu ngebuktiin klo para EO mengakui kalo anak-anak BDG tuh emang pada kreatif n berpotensial. Bahkan ada juga event gede yang hanya diadain di Bandung, yaitu Clear Nation Metamorphoself ma Sunsilk Girl's Day. (ini bkn iklan lho! He he he)

Banyak banget juga artis-artis dari Bandung...dah ga keitung deh banyaknya! Contohnya Harry Roesly, Raffi Ahmad, Dwi Andhika, Laudya Chintya Bella, Rachel Maryam, Bintang2 Extravaganza (Aming, Tikeu, Virnie Ismail,), Donita, Adly Fairuz. Trus atlet terkenalnya Taufik Hidayat ma Mia Audina.

Selain itu yang terkenal dari Bandung tuh musisinya yang terkenal di dunia musik Indonesia, banyak banget juga! Contohnya Mulan Jameela, Peterpan, Armand Maulana, Marcell, Edi Brokoli, Seurieus, Mocca, Ten To Five, ST12, The Changchuters, The Titans, Sindentoska, Aura Kasih, Dygta, Gea idol, The Cinnamons, Project Pop, Keyla, dll. Band-band indie nya juga bejibun n tersebar di seantero BDG. Banyak yang asalnya band indie or penyanyi kafe yang bisa maju n jadi terkenal se-Indonesia. Ga salah dong kalo Bandung dikasih julukan Kota Musisi.

Dulu asalnya Bandung mo dijadiin ibukota Indonesia oleh Belanda, makanya banyak BUMN yang berpusat di Bandung, contohnya PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), PT Telkom, PT Pos Indonesia, n IPTN (sekarang PT DI). Tapi untung aja Bandung ga jadi ibukota Indonesia, ntar Bandung jadi penuh sesak oleh para pendatang n warga Bandung ga bisa jadi tuan rumah di kota sendiri!


BDG juga punya 2 Perguruan Tinggi Negeri yang terkenal di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung ma Universitas Padjadjaran yang berarsitektur khas Sunda. ITB masuk dalam 100 Universitas terbaik di dunia dari 3 Universitas di Indonesia yg masuk daftar itu.
ITB punya banyak banget jurusan yang jadi favorit, mulai dari ilmu yang membedah perut bumi (geologi) sampai ilmu yang mengamati angkasa raya (astronomi). BDG juga punya teropong bintang peninggalan Belanda, yaitu Boscha. Trus ITB juga punya Sasana Budaya Ganesha. Hanya Bandung yang punya 4 Perguruan Tinggi Negeri, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Perndidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Sedangkan kota-kota lain maksimal hanya punya 3 PTN. Selain PTN, banyak juga PTS yang bagus dan berkualitas di Bandung, contohnya Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Bandung, Institut T
eknologi Nasional, dll. Ada juga IPDN.


Jadi ga heran kalo banyak banget mahasiswa dari seluruh Indonesia yg pengen blajar di BDG, ada yang jauh-jauh dari Medan, Bangka, Sulawesi, Kalimantan, dll. Hawa BDG ga terlalu panas dibandingin kota2 besar lainnya. Suhu Bandung rata-rata 18-32 derajat celcius. Kalau ada yang bilang sekarang Bandung jadi panas, itu karena PEMANASAN GLOBAL! DItambah pemerintah Indonesia tidak membatasi jumlah kendaraan pribadi jadinya banyak polusi.

Disamping itu mojang n jajaka BDG emg cantik2 n cakep2, didukung kulitnya yg kebanyakan putih n halus... Ga da yg nyangkal deh, sluruh Indonesia mengakuinya! (he he he, hiperbola bgt) Jadi ga heran kalo banyak cowok dari kota lain yg nyari cewek geulis BDG. Cewek-cowok yang cakep n cantik itu bersebaran di Bandung dengan berbagai profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, orang kantoran, hingga pelayan toko dan SPG/SPB.
Di Mirc, channel BDG aja banyak bgt org dari luar BDG yg pengen knalan ma org2 BDG, mereka bilang sih anak2 BDG tuh pd asik2. N perlu diketahui, channel BDG adalah salah satu channel yang paling favorit n rame! (Hampir) 24 jam channel ini selalu rame.
Cowok2 BDG juga terkenal dengan kegantengannya... Banyak cewek luar BDG yang kesengsem ma cowok BDG. Bahkan cowok2 luar BDG (luar Jabar) juga banyak lho yang nyari cowok2 BDG! (Lho...kok?! :) Ya..tau sendiri lah). Ga heran kalo banyak anak-anak Bandung yang jadi artis.

Setiap akhir pekan or pas liburan, BDG jadi macet bgt soalnya org2 JKT banyak yg liburan n belanja di BDG. BDG jg terkenal dgn Distro n Factory Outlet nya karena anak-anak Bandung yang kreatif yang mempelopori FO dan Distro di Indonesia, ga keitung banyaknya. Selain bagus2 barangnya, harganya juga terjangkau makanya org2 luar kota pd belanja di BDG. Banyak banget orang dari daerah lain yang pengen dateng ke Bandung, tapi terhalang kenda
la jarak yang jauh. Banyak juga bukan orang Bandung yang cinta ma Bandung. Teman-teman di Sumatera, Yogya, Kalimantan dan lainnya pengen banget dateng ke Bandung. Pokoknya masalah fashion, BDG megang bgt! Org2 BDG jg pada fashionable n gaul. Kalau ke mall aja, dandanannya diperhatiin, ga cuek kayak orang-orang di kota2 besar lainnya (menurut pengamatan). Masalah IT juga, anak2 remaja Bandung dah alert banget.


Jajanan makanan di BDG juga pada enak2 n banyak disukai org luar kota. Contohnya: Surabi, Cilok, Batagor, Cimol, Cireng, Combro, dll. Makanan Sundanya juga banyak yg suka. Ada juga Sop Buah yang penciptanya adalah orang Bandung. Banyak banget tempat makan yang enak-enak di Bandung, selain enak juga murah-murah. Ga heran klo Bandung sering diliput berbagai acara kuliner di TV.


Banyak tempat-tempat hangout/rekreasi di Bandung, ada mall2: Bandung Indah Plaza (BIP), Istana Plaza (IP), Cihampelas Walk (CiWalk), Braga City Walk, Bandung Super Mall (BSM), Paskal Hyper Square, Pizet Mall, Parijs van Java, Dago Plaza, Planet Dago. Kita juga bisa nongkrong di sepanjang jalan Dago, bisa juga ke Bukit Bintang, Ke Taman Ir. H. Juanda, ke Lembang, Maribaya, Pangalengan, Ciwidey, Kebun Binatang Bandung, Bandung Electonic Center, Plaza IBCC, Taman Lalu Lintas, Alun-Alun Bandung, Gasibu, Embassy Bandung, Score Bandung, Amare, Amnesia, Starbucks dan J-Co yang banyak di Bandung, dan masih banyak lagi.

Ga salah kalo Bandung dapet julukan Paris van Java, Paris nya pulau Jawa (bahkan Indonesia) karena Bandung punya daya tarik yang luar biasa, mulai dari masih banyaknya bangunan-bangunan tua, banyaknya pepohonan besar, suhu udara yang lebih sejuk dibandingin kota-kota lain di Indonesia, dengan fashionnya (anak2 BDG yang fashionable, dengan bertaburannya distro2), dengan musisi-musisinya, tempat-tempat nongkrong yang banyak dan nyaman, dan lain sebagainya. Kalo Paris punya Sorbonne, Bandung punya ITB. Bahasa Sunda juga punya "accent" sama seperti bahasa Perancis. Juga kalo bahasa Perancis semua kata kerjanya berubah sesuai subjeknya, kalo bahasa Sunda bahasanya berbeda-beda untuk tingkatan orang yang kita ajak bicara. Tapi kalo orang2 Perancis dibilang sombong di Eropa, orang Bandung/Sunda nggak, mereka ramah dan halus. Kalo landmark Paris tuh menara Eiffel, klo Bandung punya kantor gubernur yang paling terkenal se-Indonesia, yaitu Gedung Sate. Sekarang BDG punya landmark tambahan, yaitu Jalan Layang Surapati.

Club sepakbola kebanggaan Bandung adalah Persib Bandung!

Bandung punya banyak banget stasiun TV lokal, mungkin yang terbanyak di Indonesia. Ada 8 stasiun TV: Bandung TV, STV, TVE, Pajajaran TV (PJTV), MQTV, Space Toon BDG, CT Channel, ma IMTV, Jakarta aja cuma ada 3 TV lokal. Di Bandung juga pertama kali dibangun bioskop terbesar di Indonesia, yaitu Blitz Megaplex di Parijs van Java. Biasanya yang pertama-pertama suka Jakarta, tapi Blitz Megaplex pertama kali dibangun di Bandung. Operator-operator telekomunikasi juga jadiin Bandung sebagai tempat pertama ujicoba mereka. AXIS pertama kali ada di Surabaya dan Bandung, Flexi pertama kali ada di Jakarta dan Bandung, Esia juga pertama kali di Bandung n Jakarta. Makanya anak-anak Bandung up-to-date banget. Di Bandung banyak banget Circle K, di Jakarta aja jarang. Saksikan juga Seputar Jabar di RCTI setiap pukul 6 pagi yang menyajikan berita khusus Jawa Barat. Kalo seluruh Indonesia menyaksikan Seputar Indonesia, hanya Jawa Barat dan jawa Timur yang menyiarkan berita khusus kedua daerah itu (Seputar Jabar dan Seputar Jatim). Mungkin karena kedua propinsi ini ada propinsi yang paling banyak penduduknya, paling maju dan penting di Indonesia.

Bandung sering banget jadi tempat shooting film, contohnya film Mirror, Cintapucino, Love is Cinta, Tarix Jabrix, From Bandung With Love, Sering juga TV-TV ngadain berbagai acara musik dan acara lain di Bandung. BDG juga pernah jadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika thn 1955, dan itu bikin nama BDG dikenal di dunia internasional. Pokoknya kita harus bangga sebagai orang BDG n harus ngejaga nama baik BDG.


BDG: Music, "Flower" n Fashion City!

Museum di Bandung: Museum Pos, Museum Geologi, Museum Sri Baduga

Stasiun TV di Bandung: Bandung TV, STV, TVE, Pajajaran TV (PJTV), MQTV, Space Toon BDG, CT Channel, ma IMTV

Media cetak: Pikiran Rakyat, Radar Bandung, Galamedia, Majalah Grey, Ninetyniners Magazine

Jalan-jalan yang terkenal: Jalan Merdeka, Asia-Afrika, Dago, Braga, Riau/Martadinata, Setiabudi

Bangunan-bangunan tua di Bandung: Gedung Sate, Gedung Bank Indonesia, Kantor Antara, Gedung SMAN 3, 5, dan 20 Bandung,

Radio-radio terpopuler di Bandung: Ninetyniners, Ardan, Paramuda, OZ Radio, I-Radio Bandung, Prambors Bandung,


Masjid Terkenal: Pusdai Jabar, Masjid Istiqamah, Masjid Agung Bandung, Masjid Cipaganti

3 comments:

  1. w stuju bnget ma blog lo.............w jg sangat amat mencitai kota bandung,selain dari orangnya yang ramah tamah, byk wisata kuliner,pariwisata yang sangat indah...dunia mode/FO....beuh meuni ajibbbb pisan...hahahay...
    ohhh a satu lgi...awewena euy meuni araredun....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisa wae si akang mah :D
      Tapi bener oge sih! :)
      Hatur nuhunnya atos baca sareng masihan komentar :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...