Friday, May 11, 2012

Rumus E = mc², Rahasia Kesuksesan Belanda


     Sektor industri kreatif memainkan peran yang cukup signifikan bagi perekonomian Belanda. Tidak hanya menghasilkan banyak wirausahawan, tetapi berperan besar menjadikan Belanda salah satu dari 10 negara pengekspor terbesar dan negara paling kreatif di dunia. Beberapa sektor unggulan dalam industri kreatif Belanda adalah desain, media, hiburan, fashion, dan arsitektur. Apakah rahasia kesuksesan Belanda tersebut?
      Albert Einstein menemukan rumus relativitas di bidang fisika yakni E = mc². Rumus ini juga digunakan untuk mengukur besarnya energi yang dihasilkan dalam reaksi nuklir. Belanda mempunyai sudut pandang lain terhadap rumus itu dan mengaplikasikannya dalam bidang pendidikan dan ekonomi. 

 
     Bagi Belanda, E = mc² adalah persamaan bagi Education = maintaining curiosity². Dalam artian, selain memberikan pendidikan yang berkualitas, sistem pendidikan Belanda benar-benar mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, menumbuhkan dan memelihara rasa keingintahuan, serta berusaha untuk menemukan jawaban kreatif dan inovatif bagi berbagai pertanyaan yang telah muncul di benak mereka. Ide-ide yang inovatif sangat dihargai dalam pendidikan Belanda dan rasa keingintahuanlah yang menjadi stimulus untuk mendapatkan ide-ide tersebut. Jean Piaget, seorang psikolog dan pionir dalam studi kepandaian anak (1896-1980) berkata “The principle goal of education is to create men who are capable of doing new things, not simply of repeating what other generations have done - men who are creative, inventive and discoverers” Dengan pendidikannya, Belanda sukses menghasilkan orang-orang yang kreatif dan inovatif. Salah satu contohnya adalah Sjoerd Smit yang merupakan lulusan TU Delft.
Sjoerd Smit
 
     Sjoerd adalah seorang industry designer VanMoof, perusahaan yang dirintis akan kecintaan terhadap sepeda. Timbul dalam benaknya mengapa ada orang-orang yang tidak suka bersepeda dan dia pun berkesimpulan bahwa mereka tidak menyukainya karena desain sepeda yang rumit. Oleh karena itulah di VanMoof, dia menciptakan sepeda dengan desain yang sesederhana mungkin tetapi memberikan kenyamanan, sistem pengamanan yang kuat, dan pencahayaan yang bagus sehingga hal itu diharapkan dapat membuatnya menjadi kendaraan alternatif pengganti mobil. Sjoerd menyembunyikan kebanyakan detail sepedanya di dalam rangka utama. 


     Rumus E = mc² juga diterapkan Belanda dalam bidang ekonomi, yakni Economy = managing creativity². Orang-orang kreatif Belanda yang menjadi wirausahawan dalam berbagai sektor juga diurus dan difasilitasi secara serius oleh pemerintah Belanda dalam naungan Kementrian Ekonomi, Pertanian dan Inovasi. Pemerintah menetapkan pajak yang rendah dan lebih sedikit birokrasi. Pengusaha dengan produk inovatif juga akan mendapatkan keuntungan pajak. Pemerintah juga telah membentuk Dutch Creative Industries Council (D-CIC). Badan ini mengkoordinasikan pelaksanaan rencana tindakan dalam industri kreatif sesuai dengan prinsip segitiga emas (kolaborasi antara industri, lembaga ilmu pengetahuan dan pemerintah). Pemerintah mengalokasikan dana tahunan sebesar € 250.000 untuk D-CIC. 

 
 
     Dengan rumus E = mc² dalam pendidikan dan ekonominya, Belanda menghasilkan orang-orang kreatif di berbagai disiplin ilmu yang berkontribusi dalam kesuksesan Belanda di dunia internasional. Keterbatasan lahan dan sumber daya alam membuat manajemen kreatifitas sangat penting bagi Belanda. Terdapat 43.000 perusahaan bergerak di sektor industri kreatif, mencakup 5% dari total seluruh perusahaan yang ada di Belanda. Industri ini menghasilkan berbagai produk inovatif yang diekspor ke seluruh dunia. Seperti halnya sepeda VanMoof yang kini dijual di berbagai negara. Mampukah negara kita mengaplikasikan juga rumus ini? 
 
References:
http://www.hollandtrade.com/sector-information/creative-industries/?bstnum=3556
http://en.wikipedia.org/wiki/Jean_Piaget
http://www.nuffic.nl/international-students/dutch-education/reasons-to-study-in-holland/2-be-creative
http://www.vanmoof.com/
https://www.facebook.com/VANMOOF.Bicycles
http://www.nuffic.nl/international-students/dutch-education/dutch-way-of-teaching
http://www.youtube.com/watch?v=4NRzy_g1p1A
http://www.government.nl/issues/enterpreneurship-and-innovation/investing-in-top-sectors/creative-industry

2 comments:

  1. keren :D semoga tahun depan bs ikut kompetisi kaya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak atas komentarnya. Tahun ini Kompetiblog ada lagi tuh! Mau ikutan? :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...