Saturday, May 12, 2012

Botol Pipa Ajaib dari Belanda untuk Dunia


     Air adalah sumber utama kehidupan di bumi ini. Tapi, tahukah kamu bahwa setengah penduduk bumi menghabiskan 70 liter air yang dapat diminum hanya untuk menyiram toilet mereka dan ada banyak orang di belahan bumi lain yang mati kehausan? Gerardo Vallen dan Lorenzo de Rita berpikir bagaimana cara agar air dapat didistribusikan dengan lebih adil di dunia ini, sedangkan Belanda sendiri adalah negara yang “kebanyakan” air dan terus berjuang dari ancaman air.
     

     Mereka berdua berpikir bahwa kita membutuhkan pipa untuk mendistribusikan air. Berkat kreativitas mereka, maka terciptalah ide untuk membuat botol air minum berbentuk potongan pipa. Lalu didirikanlah sebuah organisasi non profit yang bernama Join the pipe pada tahun 2009. Organisasi ini merupakan komunitas peminum air keran pertama di dunia. Bekerjasama dengan sebuah agen desain, Dwars Ontwerp, mereka menciptakan botol air minum dan carafe yang sangat tahan lama, unik, menarik dan bebas Bisphenol A (senyawa berbahaya dalam plastik). Botol ini juga memenangkan Dutch Design Awards 2010 untuk kategori Sustainable Design Award. Dengan botol pipa yang “ajaib” ini, diharapkan orang-orang mengisi-ulang air minum mereka dan tidak membeli air minum dalam kemasan botol plastik.

 
     Plastik menjadi masalah serius bagi lingkungan. Menurut Napcor USA, hanya 27% botol plastik yang didaur ulang. Amerika Serikat adalah negara pengonsumsi air kemasan terbesar di dunia. Hal ini menyebabkan 29 miliar botol plastik dibuang per tahunnya dan untuk membuat semua botol plastik itu diperlukan 17 juta barel minyak mentah, jumlah minyak yang cukup untuk mengisi satu juta mobil selama 12 bulan! Menurut data PBB tahun 2006, dalam setiap satu mil persegi lautan terdapat 46.000 plastik mengambang. Sepuluh persen dari plastik yang dihasilkan setiap tahun di seluruh dunia dibuang ke laut dan 70%-nya mengendap ke dasar laut. Selain itu, energi yang digunakan untuk mendaur ulang satu botol plastik cukup untuk menyalakan sebuah bola lampu 60-watt selama enam jam.

 
     Komunitas Join the pipe ingin agar masyarakat dunia mulai membiasakan meminum air keran, tidak membeli air dalam botol plastik dan mereka ingin membantu menyediakan air bagi orang-orang yang tidak mempunyai akses untuk air minum di seluruh dunia. Hasil penjualan botol pipa ini didonasikan untuk membiayai pemasangan pompa, sumur dan proyek air lainnya di negara-negara Afrika dan Asia. Pada awalnya mereka hanya menjual botol pipa ini ke anggota komunitas, kini sudah ada lebih dari 3.500 orang, 67 perusahaan nasional dan multinasional, belasan universitas, bandara, 35 kota (termasuk Utrecht) dan banyak pihak lainnya yang bergabung untuk membantu menyediakan puluhan stasiun keran air minum gratis.


     Komunitas dari Belanda ini membuktikan bahwa kreativitas sangat diperlukan untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan. Dengan kreativitas, mereka menciptakan botol pipa ajaib yang tidak hanya berguna bagi pemiliknya tetapi juga menolong banyak orang dan di waktu yang bersamaan dapat menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan akibat botol plastik. Sebanyak 10.000 orang yang sebelumnya sangat sulit mendapatkan air telah mendapatkan bantuan dari proyek ini. Botol air minum berbentuk pipa yang merupakan simbol perjuangan komunitas ini telah terjual di berbagai negara di dunia. Sebuah cara yang sangat kreatif untuk berbagi kepada sesama dan untuk menyelamatkan lingkungan! It's Dutch creativity!

 
References:
http://www.dutchdesignawards.nl/en/hall_of_fame/winners_2010/
http://jointhepipe.org/
http://www.dwarsontwerp.nl/
http://jointhepipe.blogspot.com/
http://kids.nationalgeographic.com/kids/stories/spacescience/water-bottle-pollution/
http://www.reuseit.com/learn-more/top-facts/plastic-bottle-facts
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=N-3bwABjFUs
http://www.academyofclimateinnovation.org/spark/spark-2/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...