Saturday, February 28, 2009

Matkul Baru, Ayo Kita Bangun Indonesia

Semester 4 ini, aku dapet beberapa mata kuliah baru... Yaitu Linguistik n Seminar Sosial Budaya... Linguistik belajar tentang ilmu bahasa seperti fonologi, semantik, morfologi, dll... Kompleks n susah kayaknya... Tapi sekarang2 sih baru awal2nya doang, sejarah linguistik doang... Bapak Linguistik modern dunia tuh dari Perancis lho... Namanya Ferdinand de Saussure... Mudah-mudahan aku bisa ngikutin matkul ini n dapet nilai bagus... Aku juga blom tau ntar penjurusan mau ngambil jurusan linguistik atau sastra...

Klo linguistik katanya bahasa kita bakalan mateng banget n nguasai bener2 karena kita mendalami tata bahasanya lebih dalem... Kalo sastra katanya wawasan kita akan lebih luas karena kita bakalan banyak baca buku... Sebenernya sih aku suka banget baca buku n seneng kalo wawasannya luas... Tapi ga tau juga ntar...

Sastra Perancis Angkatan 2007 hampir setengahnya ga ikut matkul seminar sosial budaya soalnya ada beberapa yang ga boleh ngambil dulu, banyak juga yang takut ngambil matkul ini. Jadinya yang ikut cuma 25 orang. Soalnya dosennya ketua jurusan sendiri trus di seminar tuh kita harus presentasi di depan kelas pake bahasa Perancis, n temen2 juga pada nanya n kita harus jawab langsung pertanyaannya... Selain itu matkul ini sebenernya buat semester 6, tapi ga tau kenapa malah dimajuin buat semester 4... Tapi sejauh ini sih aku baik2 aja di matkul ini... Kan disuruh per kelompok gitu buat presentasinya, aku sekelompok ma Christine n Pipit. Kami milih subjek "La vie privee en libre acces", dalam bahasa Indonesia "Kehidupan pribadi dalam akses yang bebas". Maksudnya kehidupan pribadi kita di internet yang bisa diakses dengan bebas oleh semua orang di dunia... Doain ya mudah2an sukses ntar presentasinya...

Semester ini aku juga ngambil matkul Bahasa Perancis 4, di matkul bahasa Perancis tuh kita belajar tentang segala aspek, seperti fashion, film, ekonomi, kehidupan sosial, politik, dll tapi dengan bahasa Perancis... Makanya wawasan kita pun jadi lebih luas... Yah...itu menampik kalo sastra Perancis tuh cuma mempelajari bahasa Perancisnya doang... Itu salah! Tapi kita mempelajari juga semua aspek kehidupan orang2 Perancis, kita ambil semua kebaikan negara barat itu dan menyaring yang jelek2nya, bukannya menjadi arogan seperti mereka dan jadi kebarat-baratan... Yah...mudah-mudahan aku bisa menerapkan semua kebaikan orang Perancis...

Aku pengen suatu saat bisa ngambil S2 di Perancis, aku pengen belajar dari negara maju itu untuk membuat Indonesia leih baik lagi... Aku ga pengen jadi warna negara asing, wlopun aku misalkan dapet kerjaan yang bagus di sana, aku ga mau egois. Aku pengen ngebangun n majuin negara aku sendiri, Indonesia! Aku ga pengen seperti Anggun yang sekarang tinggal di Perancis... Aku bener2 cinta Indonesia, seburuk apapun negara ini... Mudah-mudahan, semua mahasiswa yang beruntung yang bisa kuliah di luar negeri sekarang, aku harap mereka bisa pulang ke Indonesia n ngebangun Indonesia...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...