Skip to main content

Juara Tiga Kompetiblog 2011

Tahun ini, saya kembali mengikuti Kompetiblog 2012 yakni sebuah kompetisi menulis yang diadakan oleh NESO Indonesia. NESO adalah sebuah organisasi non-profit yang merupakan representasi pemerintah Belanda untuk mempromosikan dan mengurusi masalah pendidikan tinggi Belanda di Indonesia. Setiap tahunnya, NESO mengadakan kompetisi menulis tentang negeri Belanda yang temanya berbeda-beda setiap tahun. Tahun 2011 lalu adalah pertama kalinya saya mengikuti Kompetiblog karena saya baru mengetahui ada kompetisi seperti itu. Tagline Kompetiblog yang berbunyi “Tulislah, dan berangkatlah ke Negeri Belanda” sangat menarik dan memotivasi saya untuk mengikuti lomba menulis ini. Impian untuk bisa ke Belanda bisa terwujud dengan mengikuti lomba ini. 


Hadiahnya sangat menggiurkan! Pemenang satu dan kedua pergi ke Belanda untuk mengikuti Summer Course di Utrecht selama dua minggu!! Saya pun sangat bersemangat untuk mengikutinya pada waktu itu. Kita dapat mengirimkan maksimal tiga artikel yang memuat maksimal 500 kata. Untuk memaksimalkan kesempatan maka saya pun mengirimkan tiga tulisan sebaik mungkin yang saya dapat buat. Saya sangat menginginkan hadiah ke Belanda tersebut karena sejak kecil saya sudah sangat menyukai negara Belanda. Orang tua dan sahabat-sahabat saya tahu akan hal itu. 


Saya kagum dengan negeri Kincir Angin itu yang dapat bertahan meskipun berada di bawah permukaan air laut. Saya juga suka dengan tim nasional sepakbola Belanda dan selalu mendukungnya pada saat EURO atau World Cup. Saya ingin sekali melihat bunga Tulip secara langsung, bunga yang menurut saya sangat indah dan ditambah ada bunga yang berwarna biru, warna kesukaan saya. Saat mengikuti Kompetiblog ini saya semakin banyak menemukan prestasi dan kelebihan negara Belanda dan itu membuat saya semakin kagum pada Belanda! 


Tema Kompetiblog 2011 adalah “Belanda masuk dalam 10 negara terbaik di dunia dalam berbagai macam hal, apa pendapatmu?” dan saya mencari dari berbagai sumber untuk membuat tiga artikel yang sesuai dengan tema tersebut. Akhirnya dalam saya berhasil membuat satu artikel mengenai kelebihan Belanda dalam mengolah sampah, satu artikel mengenai program luar angkasa Belanda dan yang terakhir adalah artikel mengenai pendidikan Belanda yang dibandingkan pendidikan negara lain seperti Amerika Serikat dan Australia. Saya menyiapkan ketiga tulisan itu selama tiga minggu lebih dengan sedikit rasa stress dan tertekan karena peserta tahun 2011 mencetak rekor baru dan tulisan yang masuk pun sangat banyak. Setelah memposting ketiga tulisan itu, ada jeda selama satu bulan untuk penilaian oleh dewan juri dan saya pun menjalani kehidupan sebagai mahasiswa seperti biasa. 


Pada tanggal 30 Mei 2011 jam 15:25, di website NESO dirilis nama-nama orang yang tulisannya masuk 30 besar Kompetiblog 2011. Saya sangat terkejut karena ternyata nama saya masuk menjadi salah satu dari 30 besar itu!!! Saya ga nyangka banget, padahal saya sangat pasrah dan tidak terlalu pede dengan tulisan-tulisan saya... Saya pun dihubungi oleh pihak NESO untuk datang langsung ke acara pengumuman pemenang Kompetiblog 2011 di salah satu tempat makan di Jakarta. Saya ingin sekali datang ke acara itu pada tanggal 9 Juni 2011 tapi saya ada ujian DELF di CCF Bandung, semacam ujian TOEFL untuk bahasa Perancis. Dengan berat hati saya pun menyatakan bahwa saya tidak bisa datang. 





Hari Kamis tanggal 9 Juni, bagi saya adalah hari yang sangat mendebarkan! Karena saya harus mengikuti ujian DELF dan saya tidak tahu apakah saya akan bisa melewatinya dengan baik atau tidak dan di sisi lain hari itu adalah pengumuman Kompetiblog 2011, sesuatu yang sangat saya inginkan dalam hidup saya. Jam setengah 4 sore, akhirnya saya beres ikut ujian tertulis dan lisan DELF, alhamdulillah cukup lancar. Dan setelah itu, Sheira salah satu sahabat saya, mengajak saya dan sahabat lainnya untuk makan di salah satu tempat makan di Bandung Indah Plaza. Sheira menraktir kami karena beberapa waktu sebelumnya dia berulang tahun. Kamu pun makan di sana dan saya berusaha untuk tidak terlalu memikirkan Kompetiblog agar tidak terlalu stress. 






Setelah selesai makan dan saya iseng ngecek twitter, ternyata ada mention dari beberapa peserta Kompetiblog lain yang sebelumnya sudah kenalan karena sama-sama masuk 30 besar. Mereka bilang saya masuk 8 besar! Saya kaget dan ga percaya, jantung saya juga makin berdebar. Lalu saya membuka link pengumuman 8 besar itu dan ternyata memang ada nama saya di 8 besar itu! Huaaa...saya makin deg-degan dan tidak tenang... Karena saya tidak bisa lagi menahan rasa tidak tenang ini, saya pun akhirnya cerita sama sahabat-sahabat saya kalau saya ikut lomba nulis Kompetiblog 2011 dan hadiahnya ke Belanda. Mereka sangat tau kalau saya suka banget ma Belanda dari kecil. Mereka menenangkan saya bahwa kalau memang sudah rejekinya, saya bisa aja menang, kalau belum ya sabar aja. 




Saya masih bisa belum tenang waktu itu.... Tiba-tiba ada mention lagi di twitter dari Zulfikra, dia juga masuk 8 besar. Dia bilang saya juara 3!! Saya sangat kaget dan tidak percaya, saya pun membalas “Ah bohong! Masa sih??” karena saya juga sangat tidak percaya diri dengan tulisan saya, saya berpikir tidak mungkin bisa masuk 3 besar, 8 besar saja sudah merupakan keajaiban bagi saya. Dan setelah saya melihat langsung pengumumannya di situs NESO yang saya akses pakai handphone saya, ternyata saya memang benar-benar juara 3!! Alhamdulillah....saya sangat bersyukur dan benar-benar tidak menyangka. Satu sisi saya sedih karena saya hampir bisa pergi ke Belanda untuk Summer Course karena juara pertama dan kedualah yang pergi. Tapi saya berpikir mungkin ini memang belum waktunya bagi saya untuk pergi ke negeri impian saya sejak kecil dan saya sudah sangat senang bisa menjadi juara tiga dan akan mendapatkan Blackberry, sebuah gagdet yang pada saat itu sedang booming-boomingnya. Sahabat-sahabat saya juga kaget dan senang saya bisa jadi juara tiga dan mendapatkan BB. Ternyata saya bisa menang berkat artikel saya yang terakhir yang berjudul If it ain't Dutch, It ain't much! , saya sangat senang bisa jadi juara 3 dari 763 tulisan yang ikutan Kompetiblog 2011! Kalau ingin membaca tulisan saya yang lain bisa dilihat di sini dan ini



Keesokan harinya saya dihubungi oleh pihak NESO, kang Yosua yang menelepon saya, dia pemenang Kompetiblog 2010. Dia tanya kapan saya bisa datang ke Jakarta untuk mengambil hadiahnya. Karena saya tinggal di Bandung maka hadiah tidak bisa dikirimkan. Sudah lama saya tidak ke Jakarta, dengan senang hati saya datang beberapa hari setelahnya ke kantor NESO di menara Jamsostek jalan Gatot Subroto. Saya lupa lagi waktu itu bertemu dengan mba siapa, tapi beliau baik sekali. Ternyata kantor NESO sangat nyaman dan ada perpustakaan yang cukup besar dan lengkap. Ada juga peta Belanda di sana. Hmm...membuat saya sangat ingin ke Belanda... Tapi ya sudahlah...mungkin belum rejeki saya. Mba itu pun mengambilkan hadiah untuk saya, wah...sebuah Blackberry Gemini! Saya sudah cukup lama ingin punya BB, tapi karena tidak memungkinkan untuk beli ya akhirnya keinginan itu terpendam. Ternyata saya bisa dapetin BB ini sebagai hadiah dari NESO. Seneng banget! 


Mba itu mengucapkan selamat dan menyuruh saya ikut lagi Kompetiblog tahun depan. Saya kaget dan saya tanya “Oh! Saya masih bisa ikutan tahun depan ya? Tapi kan sekarang saya juara 3?” lalu dia pun menjawab, “Iya lasih bisa, kan belum menang hadiah ke Belandanya kan? Jadi ikutan aja...!” Huaaa....saya langsung lega dan seneng! Saya pikir kalau sudah mendapatkan ahdiah dan masuk 4 besar saya tidak bisa ikut lagi Kompetiblog. Ternyata saya masih bisa ikut tahun depan. Dari sana, saya sudah bertekad untuk ikut Kompetiblog 2012 sesibuk apapun saya! Setelah beres di kantor NESO, saya pun pulang ke Bandung pake kereta Parahyangan. Keesokan harinya saya langsung mengaktifkan BB saya! Hahaha. Terima kasih banyak NESO dan Kompetiblog 2011! It was an amazing experience in my life.

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Perancis UNPAD

Aku sekarang kuliah di jurusan sastra Perancis UNPAD.Mungkin kebanyakan orang berpikir sastra itu mudah...Tapi kenyataannya tidak. Ilmu dari segala ilmu adalah filsafat, setelah itu dibawahnya adalah logika, dan dibawahnya adalah sastra, setelah itu lalu cabang-cabang ilmu lainnya.Untuk mendapatkan gelar doktor di jurusan sastra sangatlah sulit, tidak semudah jurusan kedokteran, psikologi, ekonomi atau ilmu2 lainnya. Sastra tidak sekedar mempelajari bahasa, tapi lebih dari itu. Ketika aku ingin memilih jurusan untuk SPMB, aku putuskan memilih sastra Perancis UNPAD di pilihan kedua karena aku sangat ingin bisa berbahasa Perancis, bahasa yang sangat romantis dan elegan menurutku. Tapi Om ku berkata, "les aja bahasa Perancis kalo mau bisa bahasanya." tapi aku juga ingin mempelajari kebudayaan dan sejarah Perancis, sebuah negara yang punya pengaruh besar di Eropa dan dunia. Dan yang ibukotanya menjadi pusat mode dunia dan mempunyai ikon yang populer, menara Eiffel. Seka

Belajar dari Kesuksesan Pocari Sweat!

Siapa sih yang ga kenal Pocari Sweat ? Ya, minuman isotonik itu sekarang udah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini adalah pelopor minuman isotonik di negara asalnya Jepang dan di Indonesia. Tau ga sih kalo ternyata Pocari Sweat itu waktu awal produksinya mengalami kegagalan dan penolakan oleh masyarakat? Gimana sih asal mula diproduksinya minuman ini? Penasaran kan? Coba deh liat video di bawah ini. Dengan alur cerita yang sederhana tapi menarik, pasti kalian bisa ngerti asal mula minuman ini tercipta sampe keberhasilannya sekarang. Kita juga bakal dapet banyak pengetahuan dari video ini.    Gimana? Dah ditonton kan videonya? Inspiratif banget ya videonya! Ga nyangka juga kan ternyata Pocari Sweat muncul dari ide "cairan infus yang bisa diminum" untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat ketika kita beraktivitas dan ternyata Pocari Sweat mendapatkan kesuksesan dengan cara yang ga gampang.   Hikmah yang bisa saya petik dari video itu a

15 Maret 2012, Saya Sidang Skripsi dan Menjadi Sarjana!

Seminggu sebelumnya... Saya, Mela, Bunga, Sheira dan Nene (Elia) sedang jalan kaki di gerbang UNPAD hendak keluar dari kampus. Tiba-tiba Sheira teriak : « Ayy, nih telepon dari Icha ! ». Lalu saya ambil handphone Sheira dan mendengarkan suatu kabar yang sangat mengangetkan bagi saya : « Rick, jadwal sidang kita dimajuin ! Jadi tanggal 15 ! », kata Icha. Perasaan saya bercampur aduk, sangat kaget sekaligus senang ! Ketika saya lihat handphone saya, ternyata ada miss called dari Icha. Saya kaget karena dua hari sebelumnya saya pasang status di Facebook « Ya Allah, semoga Kau memberikan kado terindah untuk ulang tahun saya di tahun ini. » Saya tersadar, mungkin itulah jawaban dari Tuhan. Seharusnya saya dan Icha sidang tanggal 28 Maret tetapi dimajukan 2 minggu jadi tanggal 15. Saya lalu menyelesaikan dengan cepat semua bagian skripsi yang belum selesai seperti daftar isi, sinopsis, belum lagi ditambah revisian dari pembimbing kedua. Pada hari Jumat tanggal 9 Maret saya menyebar