Saturday, June 9, 2012

Berjuang Kembali di Kompetiblog 2012

Dengan tekad yang besar dan semangat berapi-api, tahun ini saya kembali mengikuti kompetisi menulis Studi di Belanda dari Nuffic-Neso Indonesia, Kompetiblog 2012. Saya pertama kali mengikuti lomba ini tahun lalu dan alhamdulillah dipilih menjadi juara tiga, dan berkat itu saya merasa “lebih berpengalaman” dan tau harus mulai dari mana, tak seperti tahun lalu yang benar-benar blank dan kewalahan. Tapi tetap saja tahun ini membuat saya stress juga karena saya benar-benar ingin bisa pergi ke Belanda. Negara impian saya sejak kecil. 


Sejak tahu bahwa Kompetiblog 2012 dimulai pada tanggal 16 April 2012, saya pun langsung tancap gas. Tahun keempat diselenggarakannya kompetisi ini mengambil tema “Dutch Creativity“. Saya langsung berpikir bahwa temanya lebih mudah dibanding tahun lalu....tapi setelah saya cari-cari sumbernya, ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Hal pertama yang saya lakukan (mungkin juga semua orang melakukannya) adalah mengetik Dutch Creativity di Google. Saya save semua situs yang menurut saya berpotensi diangkat menjadi tulisan, lalu saya juga menonton banyak sekali video tentang kreativitas orang Belanda. Karena koneksi internet yang kurang memadai, maka saya mendownload semua video itu untuk ditonton di lain waktu. 


Bahasa Inggris saya tidak terlalu baik untuk mengerti semua perkataan di video-video itu, jadi seringkali satu video saya ulang berkali-kali. Lebih beruntung kalau video itu dalam bahasa Belanda tetapi ada teks terjemahan dalam bahasa Inggris, saya lebih mengerti seperti itu. Selama dua minggu, mulai dari tanggal 16 April 2012 saya setiap pagi dari jam 8 sampai sore duduk di depan netbook saya mengumpulkan data-data untuk Kompetiblog 2012 ini. Kebetulan saya baru saja menyelesaikan kuliah S1 saya pada tanggal 15 Maret 2012 dan tinggal menunggu wisuda tanggal 9 Mei 2012 jadi saya punya banyak waktu untuk mempersiapkan dan membuat tiga artikel sebaik mungkin yang saya bisa dan berharap agar tahun ini impian saya bisa terwujud. 





Kompetiblog 2012 tinggal tersisa selama 2 minggu sebelum berakhir, setelah terkumpul semua data-data yang menurut saya potensial, saya pun memulai menulis. Dua minggu terakhir ini saya curahkan benar-benar untuk membuat ketiga artikel Kompetiblog 2012. Saya tidak mau terpancing untuk terburu-buru mempostingkannya di situs Kompetiblog 2012 karena saya percaya hasil yang buru-buru tak kan semaksimal yang sudah dipersiapkan lama. Kegiatan menulis saya sempat terhenti ketika saya diwisuda tanggal 9 Mei 2012. Setelah itu saya kembali fokus menulis. Ketiga tulisan saya, saya revisi berkali-kali agar semua ide yang ingin saya tulis bisa dicantumkan di sana dan agar pemilihan katanya pun lebih baik. Pembatasan tulisan yang hanya 500 kata tentu saja sulit dan sangat menantang. 


Beberapa hari sebelum penutupan, saya memposting ketiga tulisan saya yakni “Belanda Mengubah Pertanyaan Menjadi Penghasilan” , “Rumus E = mc², Rahasia Kesuksesan Belanda”, dan “Botol Pipa Ajaib dari Belanda untuk Dunia”. Setelah mendaftarkan ketiga tulisan saya, saya agak kuatir kalau tulisan saya ada yang tidak memenuhi syarat. Karena setau saya, ada juga orang yang tulisannya tidak langsung dimuat di website www.kompetiblog2012.wordpress.com karena tidak memenuhi syarat. Tapi setelah menunggu, akhirnya H-2 penutupan Kompetiblog 2012, ketiga tulisan saya dimuat! Bahkan dengan nomor yang berurutan, nomor #301 , #302 , dan #303 . Agak heran juga sih kok bisa ketiganya diposting berurutan gitu. Sehari kemudian Kompetiblog 2012 resmi ditutup dan tinggal menunggu masa penjurian dan pengumuman... 

2 comments:

  1. Well, that's your secret of success! Kumpulkan data sebanyak mungkin, pelajari, tekun, tidak terburu-buru, revisi, dan yang paling penting: MIMPI.
    There's so much I have to learn from you, papi! Proud to have you as my papi! :*

    ReplyDelete
  2. Iya Mi, itu rahasia papi... hehehe ^^
    Makasih banyak Mi... :) :*
    I'm so happy to have you too as my mami

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...