Saturday, October 13, 2012

Holland Education Fair, Salah Satu Jalan Menuju Belanda



Setelah kita menyelesaikan program studi sarjana kita, apa sih yang mau kita lakukan? Apakah kita akan langsung mencari kerja ataukah kita ingin langsung melanjutkan studi kita ke jenjang master (S2)? Mungkin ada banyak juga orang yang sudah bekerja tapi ingin melanjutkan studinya. Sekarang semakin mudah untuk mencari informasi program master di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Bahkan kalau kita ingin mencari beasiswa pun, banyak sekali sumber informasi yang dapat kita temukan. Di internet, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai beasiswa yang ditawarkan oleh universitas-universitas di dalam dan di luar negeri. 

Saya adalah salah satu orang yang ingin sekali bisa melanjutkan S2 di negeri orang, khususnya di Eropa ! Itu udah jadi salah satu impian saya selanjutnya. Lagian siapa sih yang ga mau buat kuliah di salah satu negara Eropa? Selain kualitas pendidikannya yang tidak diragukan, kita juga bisa dapet banyak pengalaman baru, bisa jalan-jalan ke berbagai negara Eropa lainnya dan bisa berbaur dengan mahasiswa yang berasal dari seluruh dunia. Waktu kemaren aja pas saya summer course di Universiteit Utrecht, Belanda, saya dapet banyak banget pengalaman menyenangkan yang gak akan pernah saya lupakan dalam hidup saya. Gimana kalau kuliah master di sana selama dua tahun ya?! Kayaknya asik banget…

Mungkin kalian juga ada yang pengen kuliah di Belanda (baik itu master atau doktor) tapi kalian ga tau langkah pertama apa yang harus diambil? Kebetulan akhir bulan ini, Nuffic-NESO Indonesia yang merupakan perwakilan Belanda yang mengurus masalah promosi pendidikan tinggi Belanda ngadain pameran pendidikan yang bertajuk Holland Education Fair. Holland Education Fair tuh acara tahunan yang punya tujuan buat mempertemukan universitas Belanda dan masyarakat Indonesia yang berminat buat melanjutkan sekolah di Belanda. Kita akan diberikan informasi umum mengenai program studi dan beasiswa. Tahun 2012 ini, bagi teman-teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya bisa datang ke HOLLAND EDUCATION FAIR SEMARANG yang akan berlangsung pada hari Rabu tanggal 31 Oktober 2012 bertempat di Hotel Santika Premiere, Jl. Pandanaran 116-120 Semarang pukul 12.00-18.00 WIB.



Selain Holland Education Fair di Semarang, ada juga pameran pendidikan Belanda yang bernama Placement Day. Di acara ini, kita bisa konsultasi langsung one-on-one (satu per satu) dengan berbagai perwakilan universitas Belanda yang khusus dateng ke Indonesia. Di acara ini kita bisa bebas bertanya sampai kita puas dan bahkan kita juga bisa menyerahkan langsung berbagai dokumen untuk pendaftaran. Jadi pihak perwakilan universitas Belanda itu bisa meriksa langsung apakah kita bisa mendaftar program studi yang kita inginkan itu, atau kita harus melengkapi dokumen lainnya. Praktis bukan? Jadi kita ga perlu ragu-ragu dan takut untuk mengirimkan dokumen-dokumen kita melalui pos dan harap-harap cemas apakah pendaftaran kita akan diterima atau tidak oleh pihak universitas di Belanda sana.
Nah jadi sebelum pergi ke Placement Day itu, jangan lupa kita siapin dulu semua dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen itu adalah:

- Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh sekolah/universitas dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris
- Fotokopi daftar nilai (rapor/transkrip) yang dilegalisir oleh sekolah/universitas dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris
- Skor kemampuan bahasa Inggris IELTS atau TOEFL (dapat menyusul)
- Motivation Letter
- 2 (dua) buah surat rekomendasi dari dosen/atasan di tempat bekerja (khusus untuk mendaftar S2)
- Riwayat hidup / curriculum vitae (khusus untuk mendaftar S2)
*Beberapa program studi mungkin membutuhkan dokumen-dokumen tambahan selain yang telah disebutkan di atas.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan di atas ga begitu sulit kan?? Makanya ga ada salahnya kita coba, sapa tau kita bisa mendaftar di program studi impian kita di salah satu universitas Belanda. Di acara Placement Day juga selain bakal dibahas mengenai pendaftaran, kita bakal dapet informasi mengenai bantuan financial/beasiswa yang lagi ditawarkan oleh pihak universitas Belanda. Nah Placement Day ini di adakan di YOGYAKARTA pada hari Senin tanggal 29 Oktober 2012 yang akan bertempat di Gedung Pertamina Tower Lt. 7 Fak. Ekonomika & Bisnis – UGM pukul 15.00-18.00 WIB dan juga di kota JAKARTA hari Kamis tanggal 1 November 2012 di Erasmus Huis, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. S-3 Jakarta 12950. Kalau kalian ingin tau universitas apa aja yang bakal dateng ke Semarang, Yogyakarta dan Jakarta, kalian bisa lihat daftarnya di http://nesoindonesia.or.id/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/holland-education-fair/institusi-yang-berpartisipasi
 
Kalau ingin bertanya-tanya dulu mengenai Holland Education Fair 2012 dan Placement Day ini, kita kirim email ke hef@nesoindonesia.or.id atau bisa juga lihat info selengkapnya di situs http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/holland-education-fair/acara . Selain di kedua acara tersebut, berbagai institusi pendidikan tinggi Belanda bakal berpartisipasi di EUROPEAN HIGHER EDUCATION FAIR 2012 yang bakal diadain di Jakarta tanggal 3-4 November dan di Medan tanggal 6 November. Info selengkapnya bisa dilihat di www.ehef-indonesia.org . Jadi, tunggu apa lagi? Siapa tau ini bisa jadi jalan pembuka kita buat kuliah di Belanda ?!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...