Tuesday, June 18, 2013

23 Juni 2013, Penentu Masa Depan Bandung



Pada tanggal 23 Juni 2013, masyarakat kota Bandung akan menentukan pemimpin terbarunya untuk lima tahun ke depan. Dalam Pemilihan Walikota Bandung (Pilwalkot) itu, terdapat delapan pasang calon yang bersaing untuk memperebutkan kursi no 1 di kota Bandung yang penduduk lebih dari dua juta jiwa. Sebagai warga yang dilahirkan dan dibesarkan di kota Bandung tercinta ini, saya tentu peduli dengan Pilwalkot ini karena kemajuan ataupun kemunduran Bandung sebagai sebuah kota besar akan dipertaruhkan dalam satu hari itu. Saya sudah muak dengan semua imej buruk kota Bandung dengan sampahnya, kemacetannya, kesemrawutannya, dll! Saya ingin kota saya ini menjadi kota yang lebih baik dan lebih nyaman untuk ditinggali. 



Kota Bandung tidak hanya bisa berbangga dengan masa lalunya yang heroik ataupun gemerlap, tapi kota ini pun harus bisa terus berbenah dan mempercantik diri agar bisa bertahan di masa depan, apalagi kota-kota besar lainnya di Indonesia atau bahkan kota-kota lainnya di Asia semakin maju dan cantik. Tahun lalu saya berkunjung ke kota Bordeaux, Perancis, sebuah kota yang lebih kecil dibandingkan Bandung dan mempunyai penduduk yang jauh lebih sedikit, tapi Bordeaux mempunyai status yang sama, ibukota sebuah provinsi (region). Beberapa tahun yang lalu, Bordeaux adalah sebuah kota yang kotor dan banyak ditinggalkan penghuninya, tapi setelah berbagai konstruksi dan perbaikan, Bordeaux kini menjadi salah satu kota tercantik di Perancis dan dikunjungi oleh lebih dari 3 juta wisatawan mancanegara.

Apa hubungannya Bordeaux dengan Bandung? Kota Bandung bisa berubah menjadi lebih baik jika ada keinginan dari pemerintah kotanya dan juga dukungan rakyatnya. Walikota Bandung bisa menjadi penentu yang sangat penting dalam pembangunan kota. Oleh karena itu kita sebagai warga Bandung harus benar-benar teliti dan jangan salah memilih pemimpin Bandung untuk lima tahun ke depan. Saya juga sudah muak dengan pemimpin yang hanya mengincar kekuasaan, mengandalkan pencitraan, atau bahkan korup! Saya ingin lima tahun ke depan, Bandung dipimpin oleh orang yang benar-benar mencintai Bandung, orang yang visioner, mempunyai solusi-solusi untuk semua permasalahan kota Bandung, dan tentu saja Walikota Bandung harus pintar dan tulus! 

Saat menonton debat kedelapan pasangan calon walikota-wakil walikota Bandung di sebuah TV swasta, saya jadi semakin tahu mana yang layak dipilih dan mana yang tidak. Ada yang tutur katanya kasar dan mengagetkan saya. Ada juga yang hanya terkesan mencari kekuasaan dan tidak benar-benar mempunyai solusi yang nyata untuk kota Bandung. Kini saya yakin, Ridwan Kamil dan Oded adalah pasangan yang tepat untuk memimpin ibukota Jawa Barat ini. Sudah banyak prestasi dan karya Ridwan Kamil yang membanggakan ditambah visi dan misinya pun jelas, kreatif dan konstruktif. 

Semoga warga Bandung semakin pintar dalam menentukan pilihannya di Pilwalkot beberapa hari ke depan. Yang saya inginkan hanya satu, melihat Bandung menjadi kota yang unggul dan jauh lebih baik dari sekarang. I love Bandung too much!


2 comments:

  1. Replies
    1. Aminnn...semoga hasil resmi KPU sama dengan hasil quick count! :)
      Semoga Bandung jadi lebih baik ! :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...