Saturday, June 16, 2012

A Dream Come True : The Netherlands


Tiba-tiba pada tanggal 29 Mei 2012, di twitter NESO Indonesia ada tweet “Ayo pilih tulisan favorit dari 30 Semifinalis Kompetiblog 2012 di... http://fb.me/IpxFYjNR Huaa....saya langsung panik dan langsung meminta bantuan teman-teman saya untuk merating tulisan saya. Memang sih saya berpikir pasti pemilihan pemenang tidak akan berdasarkan rating ini... Tapi tetap saja hal ini bikin panik. Ada hal baik sih yang bisa diambil dari peratingan ini. Ketika saya meminta bantuan teman-teman saya, ada teman-teman baik yang saya mintai tolong dan mereka menyanggupinya tetapi mereka tidak juga merating tulisan saya. Tapi ada juga teman-teman yang tidak saya duga, malah dengan senang hati merating tulisan saya, meskipun cara untuk meratingnya agak ribet. Cukup tau saja dan bahagia bisa punya beberapa orang yang benar-benar mendukung. 

Saya terus berdoa dan meminta kepada Tuhan agar saya diberikan kesempatan untuk meraih impian saya untuk menginjakkan kaki di negeri Belanda. Saya sangat menginginkan hal ini... Lalu keesokan harinya pada tanggal 30 Mei 2012 pagi hari, ada tweet dari NESO Indonesia yang bertuliskan “Hari ini pemenang #kompetiblog2012 akan diumumkan. Sobat Neso sudah siap? :)” Seketika juga saya deg-degan banget, yang asalnya saya berencana menulis pada hari itu, jadi tidak bisa menulis karena pikiran dan hati saya tidak tenang. Pikiran dan hati saya hanya tertuju pada KompetiBlog 2012. 

Sebelum berangkat kerja, ibu saya berkata “Nanti kalau sudah ada pengumuman pemenangnya, kasih tau ibu ya? Kalau belum menang jangan sedih, mungkin belum rejekinya.” Beliau tau kalau tanggal 30 Mei adalah hari pengumuman KompetiBlog2012 karena saya selalu mengingatkannya untuk terus mendoakan saya. Pagi itu saya terus memantau timeline twitter NESO tapi tidak juga ada tweet baru. Tepat tengah hari, perut saya lapar, jadi saya memutuskan untuk makan sambil memantau timeline @studidibelanda tapi saya waktu itu saya tidak nafsu makan karena rasa cemas dan gugup dengan pengumuman ini. Setelah makan, saya memutuskan untuk sholat dzuhur. Mungkin itu terakhir kalinya saya bisa meminta kepada Tuhan agar saya mendapatkan hasil yang terbaik. Menurut feeling saya, NESO akan mengumumkan hasilnya setelah jam makan siang. 

Setelah berdoa dengan sungguh-sungguh, saya pun kembali ke depan netbook saya. Setelah menunggu beberapa menit, ada tweet terbaru dari @studidibelanda “Ini dia! Pemenang Kompetiblog 2012 http://bit.ly/JzusuS - Siapa yang akan berangkat ke Utrecht Summer School?” Jantung saya berdetak semakin kencang, ya Tuhan saya deg-degan banget. Saya takut untuk membuka hasilnya dan takut menghadapi kenyataan kalau ternyata saya kembali kalah tahun ini. Tapi saya berpikiran positif saja dan menyiapkan mental, toh kalau rejeki tidak akan kemana... Akhirnya saya pun membuka link itu... 

Halaman yang berjudul “Para Pemenang Kompetiblog 2012” pun terbuka sepenuhnya. Saya baca secara perlahan setiap kata demi kata, kalimat demi kalimat. Terdapat tulisan “Dengan ini, kami umumkan 4 tulisan terbaik Kompetiblog 2012, dimana urutan 1 dan 2 akan membawa kedua penulisnya untuk mengikuti Utrecht Summer School di Belanda di bulan Juli atau Agustus 2012.” Saya menghela nafas untuk menenangkan diri saya. Lalu di bawah tulisan itu ada tulisan “GEFELICITEERD !!!” dan ada nama pemenang pertama Kompetiblog2012 yaitu Nurlela! Dan ketika saya melihat ke bawahnya, ternyata ada nama saya sebagai pemenang kedua!!! Saya terkejut dan tidak menyangka. Saya baca dengan teliti berkali-kali, takut kalau saya salah lihat. Tapi ternyata memang ada nama saya!! 


Air mata saya langsung berjatuhan tak terbendung... Oh my God...saya sangat tidak menyangka tahun ini saya berhasil! Saya sangat mengharapkan ini tetapi saya masih belum percaya kalau saya dipilih jadi juara kedua. Saya terus menangis entah berapa lama...tetapi cukup lama... Saya pun sujud syukur selama beberapa menit. “Alhamdulillahirobbil alamin...terima kasih banyak Allah SWT.... Makasih...makasih banyak...!” itulah yang saya ucapkan kepada Tuhanku. Semua perasaan bercampur aduk dalam diri saya, antara bahagia, terkejut, lega, dan bingung... Lalu saya teringat dengan ibu saya, saya harus memberitahu beliau! Lalu saya menuju telepon rumah saya, dan menelepon ke kantor ibu saya. Saya masih menangis saat itu... Orang lain yang mengangkat, lalu dia menyerahkan teleponnya pada ibu saya. Sambil menangis saya berkata “Bu... Iki juara dua...” lalu dia menjawab “Juara dua, ke Belanda??” saya kembali menjawab “Iya.......” sambil air mata terus mengalir. Ibu saya lalu bilang “Alhamdulillah...akhirnya ya... Syukur atuh...” saya mendengar ibu saya juga menangis. Oh my God, mendengar ibu saya menangis, saya menangis lebih kuat lagi... Saya hanya berharap saya dapat membuat ibu saya bahagia dan bangga kepada saya. Karena tidak kuat lagi, saya pun mengakhiri pembicaraan “Ya udah atuh ya Bu...”, dia menjawab “Iya...terus berdoa dan sholat ya!” ibu saya mengingatkan. 

Saya masih syok mendengar ibu menangis di telepon. Pasti temen-temen kantornya juga bakal bingung kenapa ibu tiba-tiba menangis waktu mendapat telepon dari saya. Ketika malam hari setelah ibu pulang ke rumah, ibu bercerita bahwa teman-temannya memang menanyakan ada apa? Lalu dia bercerita... Teman-temannya dan bahkan bosanya bilang “Wah...hebat ya si Iki!”. Saya hanya bisa tersenyum mendengarnya. Untung saja bukan berita buruk yang saya sampaikan. Kembali ke siang itu, setelah tangisan saya mulai reda, saya menghubungi seseorang yang selalu mendukung saya dan mengharapkan yang terbaik bagi saya, yaitu pacar saya di Prancis sana. Dia juga terkejut dan sempat tak percaya bahwa saya menang juara dua, lalu saya kasih linknya dan dia lihat sendiri. Lalu dia percaya dan dia bilang dia sangat bahagia mendengar kabar baik ini. 

Dia juga tau bahwa saya sangat suka Belanda dan tahun lalu, dia pun mendukung saya. Dia yang juga membesarkan hati saya ketika saya “hanya” juara tiga. Dan kini, saya sangat senang bisa memberikan kabar baik bagi dia. Lalu setelah itu, saya kepikiran sesuatu dan saya langsung pergi ke suatu tempat, saya tidak bisa sebutkan, yang pasti itu sebagai ungkapan syukur saya kepada mukjizat ini dari Tuhan. Seharian saya terus bersyukur kepada Tuhan, Dia telah menjawab permintaan dan doa saya. Ternyata memang benar firman-Nya yang kurang lebih intinya “memintalah kepada-Ku”. Memang saya hanya bisa meminta KepadaNya, tidak mungkin bisa meminta dan pasrah ke mahkluk lainnya. 

Twitter saya langsung dibanjiri ucapan selamat dari teman-teman dan sahabat-sahabat saya. Di Facebook pun teman-teman, bahkan dosen-dosen dan Ketua Jurusan Sastra Perancis UNPAD memberikan selamat dan ada yang bilang bangga terhadap saya. Hal itu membuat saya sangat senang. Setidaknya ini mungkin bisa menjadi salah satu kontribusi saya untuk alumni. Sorenya saya membuka email dari NESO yang berisikan ucapan selamat dan pilihan studi yang bisa saya ambil untuk Summer Course ini. Tanggal 30 Mei 2012, hari yang tidak akan saya lupakan di hidup saya. Terima kasih NESO Indonesia! 




Hal ini membuktikan bahwa kerja keras yang disertai doa memang akan membuahkan hasil yang manis. Kegagalan di tahun lalu, bukanlah akhir dari segalanya. Tahun 2012 ini, saya bisa meraih impian saya untuk pergi ke Belanda, negara yang saya sukai sejak kecil. Selain itu, kemenangan ini sangat berarti bagi saya pribadi karena saya harap ini dapat menjadi pembuktian bagi orang lain, bagi orang-orang yang telah merendahkan dan menghina saya karena “prinsip hidup” yang saya ambil. Saya hanya bisa diam dan menahan rasa sakit atas hinaan mereka, dengan kemenangan KompetiBlog 2012 ini saya ingin menutup mulut besar mereka dan saya ingin membuktikan bahwa saya bisa berprestasi meskipun bagi mereka saya “blablabla”... Dengan kemenangan ini, saya tidak ingin sombong dan tidak berhak sombong, karena yang berhak hanyalah Tuhan! Saya hanya ingin membuktikan bahwa saya bisa meraih impian saya berkat restu Allah SWT. Jika kita pernah gagal, ayo kita terus mencoba dan belajar dari kegagalan dan kesalahan kita. Dengan kerja keras, pepatah “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda” memang akan menjadi kenyataan.





Tiga Artikel di 30 Besar KompetiBlog 2012


Penjurian KompetiBlog 2012 sedang berlangsung... Saya sedikit lebih tenang dan lega meskipun tetap ada sedikit rasa deg-degan kalau memikirkan hasilnya akan seperti apa. Saya mencoba menikmati hari-hari saya seperti biasa sambil terus berdoa kepada Allah SWT. Saya sudah berusaha sebaik saya selama sebulan untuk membuat ketiga artikel lomba itu dan kini, saya hanya bisa menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Ya, karena Tuhanlah yang menentukan segalanya yang terbaik bagi manusia. Itu yang saya percayai. Kita sebagai manusia bisa meminta apapun kepada-Nya dan bahkan Dia sendiri menyuruh kita meminta kepada-Nya. Maka, saya pun melakukan itu. Saya berdoa dan meminta kepada Tuhan agar saya diberikan hasil yang terbaik tahun ini...

Setelah menunggu selama beberapa hari dari tanggal 16 Mei 2012, tiba-tiba pada tanggal 24 Mei 2012 Twitter resmi NESO Indonesia  @studidibelanda ngetweet “Ini dia, 30 Tulisan Semifinalis Kompetiblog 2012. Sobat Neso salah satunya? http://t.co/O5YIkiBB. Jantung saya langsung berdebar kencang, apakah tahun ini saya bisa masuk lagi ke 30 besar?? Karena bisa saja malah tahun ini saya tidak masuk 30 besar. Sebelum membuka link itu, saya berdoa dulu, saya membaca Al-Fatihah dan saya menyiapkan mental saya kalau ternyata saya tidak masuk 30 besar kali ini. Mungkin agak lebay bagi sebagian orang, tapi bagi saya KompetiBlog tidak hanya sekedar suatu kompetisi, tapi inilah jalan untuk meraih impian saya sejak kecil.

Setelah siap, saya pun mengklik link itu... Halaman website resmi NESO pun terbuka, judul halamannya 30 Tulisan Semifinalis K2012 lalu terdapat kalimat “Berikut ini adalah 30 tulisan yang menjadi Semifinalis Kompetiblog 2012. Tulisan-tulisan di daftar ini diurutkan berdasarkan nomor entri, dan bukan berdasarkan skor penilaian Dewan Juri.” jantung saya semakin berdebar dan membaca perlahan dari atas ke bawah satu per satu nama peserta dan tulisannya yang masuk ke 30 besar. Dari judul-judul artikel yang saya baca, saya rasa artikel-artikel mereka menarik semua dan saya sempat tak yakin bisa masuk 30 besar, tapi di tengah-tengah daftar nama tersebut..... Ternyata ada artikel dan nama saya!!! Alhamdulillah! Tapi kemudian saya sangat terkejut karena ternyata nama saya ada TIGA!! 

Saya sempat bengong dan bingung, kenapa ketiga artikel saya masuk ke 30 besar? Apakah ada kesalahan dari pihak NESO nya?? Tapi saranya tidak mungkin ada kesalahan, setelah saya hitung, jumlah seluruh artikelnya ada 30. Ditambah di situs http://kompetiblog2012.wordpress.com juga tercantum ketiga artikel saya di 30 besar. Huaa....berarti ketiga artikel saya memang benar-benar masuk ke 30 besar!!! Saya langsung sujud syukur dan berterima kasih kepada Allah SWT. Benar-benar tidak menyangka dan suatu kejutan yang indah. Saya sangat puas karena kerja keras saya selama 1 bulan kurang ini membuahkan hasil. Setidaknya ini hasil yang memuaskan bagi saya sendiri. Ada sisi buruknya sih, gara-gara ketiga artikel saya masuk 30 besar, saya semakin deg-degan dan bertanya-tanya apakah saya bisa meraih impian saya untuk pergi ke Belanda tahun ini??? 



Berdoa, berdoa, dan terus berdoa. Hanya itu yang kini saya bisa lakukan. Saya juga meminta doa dari ibu saya agar saya bisa terpilih sebagai dua besar pemenang KompetiBlog 2012 ini. Saya sudah merasakan berkali-kali bahwa doa seorang ibu, mungkin lebih ampuh daripada doa saya sendiri. Terakhir kali adalah ketika sidang skripsi, berkat doa ibu saya, saya mendapatkan hasil yang terbaik. Kini, saya pun mengharapkan hal yang sama. Saya meminta doa restu dari ibu, agar Tuhan pun merestui saya menjadi pemenang KompetiBlog 2012. Saya harus menunggu kembali pengumumannya pada tanggal 30 Mei 2012. Tanggal 25 Mei 2012, salah seorang juri yakni Rizki Pandu Permana, ngetweet "menatap nanar 30 tulisan bagus2 #kompetiblog2012. gimana milihnya inih? siapa yg bakal ke belanda summer ini?" Hmm...saya semakin tidak tenang...

Saturday, June 9, 2012

Berjuang Kembali di Kompetiblog 2012

Dengan tekad yang besar dan semangat berapi-api, tahun ini saya kembali mengikuti kompetisi menulis Studi di Belanda dari Nuffic-Neso Indonesia, Kompetiblog 2012. Saya pertama kali mengikuti lomba ini tahun lalu dan alhamdulillah dipilih menjadi juara tiga, dan berkat itu saya merasa “lebih berpengalaman” dan tau harus mulai dari mana, tak seperti tahun lalu yang benar-benar blank dan kewalahan. Tapi tetap saja tahun ini membuat saya stress juga karena saya benar-benar ingin bisa pergi ke Belanda. Negara impian saya sejak kecil. 


Sejak tahu bahwa Kompetiblog 2012 dimulai pada tanggal 16 April 2012, saya pun langsung tancap gas. Tahun keempat diselenggarakannya kompetisi ini mengambil tema “Dutch Creativity“. Saya langsung berpikir bahwa temanya lebih mudah dibanding tahun lalu....tapi setelah saya cari-cari sumbernya, ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Hal pertama yang saya lakukan (mungkin juga semua orang melakukannya) adalah mengetik Dutch Creativity di Google. Saya save semua situs yang menurut saya berpotensi diangkat menjadi tulisan, lalu saya juga menonton banyak sekali video tentang kreativitas orang Belanda. Karena koneksi internet yang kurang memadai, maka saya mendownload semua video itu untuk ditonton di lain waktu. 


Bahasa Inggris saya tidak terlalu baik untuk mengerti semua perkataan di video-video itu, jadi seringkali satu video saya ulang berkali-kali. Lebih beruntung kalau video itu dalam bahasa Belanda tetapi ada teks terjemahan dalam bahasa Inggris, saya lebih mengerti seperti itu. Selama dua minggu, mulai dari tanggal 16 April 2012 saya setiap pagi dari jam 8 sampai sore duduk di depan netbook saya mengumpulkan data-data untuk Kompetiblog 2012 ini. Kebetulan saya baru saja menyelesaikan kuliah S1 saya pada tanggal 15 Maret 2012 dan tinggal menunggu wisuda tanggal 9 Mei 2012 jadi saya punya banyak waktu untuk mempersiapkan dan membuat tiga artikel sebaik mungkin yang saya bisa dan berharap agar tahun ini impian saya bisa terwujud. 





Kompetiblog 2012 tinggal tersisa selama 2 minggu sebelum berakhir, setelah terkumpul semua data-data yang menurut saya potensial, saya pun memulai menulis. Dua minggu terakhir ini saya curahkan benar-benar untuk membuat ketiga artikel Kompetiblog 2012. Saya tidak mau terpancing untuk terburu-buru mempostingkannya di situs Kompetiblog 2012 karena saya percaya hasil yang buru-buru tak kan semaksimal yang sudah dipersiapkan lama. Kegiatan menulis saya sempat terhenti ketika saya diwisuda tanggal 9 Mei 2012. Setelah itu saya kembali fokus menulis. Ketiga tulisan saya, saya revisi berkali-kali agar semua ide yang ingin saya tulis bisa dicantumkan di sana dan agar pemilihan katanya pun lebih baik. Pembatasan tulisan yang hanya 500 kata tentu saja sulit dan sangat menantang. 


Beberapa hari sebelum penutupan, saya memposting ketiga tulisan saya yakni “Belanda Mengubah Pertanyaan Menjadi Penghasilan” , “Rumus E = mc², Rahasia Kesuksesan Belanda”, dan “Botol Pipa Ajaib dari Belanda untuk Dunia”. Setelah mendaftarkan ketiga tulisan saya, saya agak kuatir kalau tulisan saya ada yang tidak memenuhi syarat. Karena setau saya, ada juga orang yang tulisannya tidak langsung dimuat di website www.kompetiblog2012.wordpress.com karena tidak memenuhi syarat. Tapi setelah menunggu, akhirnya H-2 penutupan Kompetiblog 2012, ketiga tulisan saya dimuat! Bahkan dengan nomor yang berurutan, nomor #301 , #302 , dan #303 . Agak heran juga sih kok bisa ketiganya diposting berurutan gitu. Sehari kemudian Kompetiblog 2012 resmi ditutup dan tinggal menunggu masa penjurian dan pengumuman... 

Juara Tiga Kompetiblog 2011

Tahun ini, saya kembali mengikuti Kompetiblog 2012 yakni sebuah kompetisi menulis yang diadakan oleh NESO Indonesia. NESO adalah sebuah organisasi non-profit yang merupakan representasi pemerintah Belanda untuk mempromosikan dan mengurusi masalah pendidikan tinggi Belanda di Indonesia. Setiap tahunnya, NESO mengadakan kompetisi menulis tentang negeri Belanda yang temanya berbeda-beda setiap tahun. Tahun 2011 lalu adalah pertama kalinya saya mengikuti Kompetiblog karena saya baru mengetahui ada kompetisi seperti itu. Tagline Kompetiblog yang berbunyi “Tulislah, dan berangkatlah ke Negeri Belanda” sangat menarik dan memotivasi saya untuk mengikuti lomba menulis ini. Impian untuk bisa ke Belanda bisa terwujud dengan mengikuti lomba ini. 


Hadiahnya sangat menggiurkan! Pemenang satu dan kedua pergi ke Belanda untuk mengikuti Summer Course di Utrecht selama dua minggu!! Saya pun sangat bersemangat untuk mengikutinya pada waktu itu. Kita dapat mengirimkan maksimal tiga artikel yang memuat maksimal 500 kata. Untuk memaksimalkan kesempatan maka saya pun mengirimkan tiga tulisan sebaik mungkin yang saya dapat buat. Saya sangat menginginkan hadiah ke Belanda tersebut karena sejak kecil saya sudah sangat menyukai negara Belanda. Orang tua dan sahabat-sahabat saya tahu akan hal itu. 


Saya kagum dengan negeri Kincir Angin itu yang dapat bertahan meskipun berada di bawah permukaan air laut. Saya juga suka dengan tim nasional sepakbola Belanda dan selalu mendukungnya pada saat EURO atau World Cup. Saya ingin sekali melihat bunga Tulip secara langsung, bunga yang menurut saya sangat indah dan ditambah ada bunga yang berwarna biru, warna kesukaan saya. Saat mengikuti Kompetiblog ini saya semakin banyak menemukan prestasi dan kelebihan negara Belanda dan itu membuat saya semakin kagum pada Belanda! 


Tema Kompetiblog 2011 adalah “Belanda masuk dalam 10 negara terbaik di dunia dalam berbagai macam hal, apa pendapatmu?” dan saya mencari dari berbagai sumber untuk membuat tiga artikel yang sesuai dengan tema tersebut. Akhirnya dalam saya berhasil membuat satu artikel mengenai kelebihan Belanda dalam mengolah sampah, satu artikel mengenai program luar angkasa Belanda dan yang terakhir adalah artikel mengenai pendidikan Belanda yang dibandingkan pendidikan negara lain seperti Amerika Serikat dan Australia. Saya menyiapkan ketiga tulisan itu selama tiga minggu lebih dengan sedikit rasa stress dan tertekan karena peserta tahun 2011 mencetak rekor baru dan tulisan yang masuk pun sangat banyak. Setelah memposting ketiga tulisan itu, ada jeda selama satu bulan untuk penilaian oleh dewan juri dan saya pun menjalani kehidupan sebagai mahasiswa seperti biasa. 


Pada tanggal 30 Mei 2011 jam 15:25, di website NESO dirilis nama-nama orang yang tulisannya masuk 30 besar Kompetiblog 2011. Saya sangat terkejut karena ternyata nama saya masuk menjadi salah satu dari 30 besar itu!!! Saya ga nyangka banget, padahal saya sangat pasrah dan tidak terlalu pede dengan tulisan-tulisan saya... Saya pun dihubungi oleh pihak NESO untuk datang langsung ke acara pengumuman pemenang Kompetiblog 2011 di salah satu tempat makan di Jakarta. Saya ingin sekali datang ke acara itu pada tanggal 9 Juni 2011 tapi saya ada ujian DELF di CCF Bandung, semacam ujian TOEFL untuk bahasa Perancis. Dengan berat hati saya pun menyatakan bahwa saya tidak bisa datang. 





Hari Kamis tanggal 9 Juni, bagi saya adalah hari yang sangat mendebarkan! Karena saya harus mengikuti ujian DELF dan saya tidak tahu apakah saya akan bisa melewatinya dengan baik atau tidak dan di sisi lain hari itu adalah pengumuman Kompetiblog 2011, sesuatu yang sangat saya inginkan dalam hidup saya. Jam setengah 4 sore, akhirnya saya beres ikut ujian tertulis dan lisan DELF, alhamdulillah cukup lancar. Dan setelah itu, Sheira salah satu sahabat saya, mengajak saya dan sahabat lainnya untuk makan di salah satu tempat makan di Bandung Indah Plaza. Sheira menraktir kami karena beberapa waktu sebelumnya dia berulang tahun. Kamu pun makan di sana dan saya berusaha untuk tidak terlalu memikirkan Kompetiblog agar tidak terlalu stress. 






Setelah selesai makan dan saya iseng ngecek twitter, ternyata ada mention dari beberapa peserta Kompetiblog lain yang sebelumnya sudah kenalan karena sama-sama masuk 30 besar. Mereka bilang saya masuk 8 besar! Saya kaget dan ga percaya, jantung saya juga makin berdebar. Lalu saya membuka link pengumuman 8 besar itu dan ternyata memang ada nama saya di 8 besar itu! Huaaa...saya makin deg-degan dan tidak tenang... Karena saya tidak bisa lagi menahan rasa tidak tenang ini, saya pun akhirnya cerita sama sahabat-sahabat saya kalau saya ikut lomba nulis Kompetiblog 2011 dan hadiahnya ke Belanda. Mereka sangat tau kalau saya suka banget ma Belanda dari kecil. Mereka menenangkan saya bahwa kalau memang sudah rejekinya, saya bisa aja menang, kalau belum ya sabar aja. 




Saya masih bisa belum tenang waktu itu.... Tiba-tiba ada mention lagi di twitter dari Zulfikra, dia juga masuk 8 besar. Dia bilang saya juara 3!! Saya sangat kaget dan tidak percaya, saya pun membalas “Ah bohong! Masa sih??” karena saya juga sangat tidak percaya diri dengan tulisan saya, saya berpikir tidak mungkin bisa masuk 3 besar, 8 besar saja sudah merupakan keajaiban bagi saya. Dan setelah saya melihat langsung pengumumannya di situs NESO yang saya akses pakai handphone saya, ternyata saya memang benar-benar juara 3!! Alhamdulillah....saya sangat bersyukur dan benar-benar tidak menyangka. Satu sisi saya sedih karena saya hampir bisa pergi ke Belanda untuk Summer Course karena juara pertama dan kedualah yang pergi. Tapi saya berpikir mungkin ini memang belum waktunya bagi saya untuk pergi ke negeri impian saya sejak kecil dan saya sudah sangat senang bisa menjadi juara tiga dan akan mendapatkan Blackberry, sebuah gagdet yang pada saat itu sedang booming-boomingnya. Sahabat-sahabat saya juga kaget dan senang saya bisa jadi juara tiga dan mendapatkan BB. Ternyata saya bisa menang berkat artikel saya yang terakhir yang berjudul If it ain't Dutch, It ain't much! , saya sangat senang bisa jadi juara 3 dari 763 tulisan yang ikutan Kompetiblog 2011! Kalau ingin membaca tulisan saya yang lain bisa dilihat di sini dan ini



Keesokan harinya saya dihubungi oleh pihak NESO, kang Yosua yang menelepon saya, dia pemenang Kompetiblog 2010. Dia tanya kapan saya bisa datang ke Jakarta untuk mengambil hadiahnya. Karena saya tinggal di Bandung maka hadiah tidak bisa dikirimkan. Sudah lama saya tidak ke Jakarta, dengan senang hati saya datang beberapa hari setelahnya ke kantor NESO di menara Jamsostek jalan Gatot Subroto. Saya lupa lagi waktu itu bertemu dengan mba siapa, tapi beliau baik sekali. Ternyata kantor NESO sangat nyaman dan ada perpustakaan yang cukup besar dan lengkap. Ada juga peta Belanda di sana. Hmm...membuat saya sangat ingin ke Belanda... Tapi ya sudahlah...mungkin belum rejeki saya. Mba itu pun mengambilkan hadiah untuk saya, wah...sebuah Blackberry Gemini! Saya sudah cukup lama ingin punya BB, tapi karena tidak memungkinkan untuk beli ya akhirnya keinginan itu terpendam. Ternyata saya bisa dapetin BB ini sebagai hadiah dari NESO. Seneng banget! 


Mba itu mengucapkan selamat dan menyuruh saya ikut lagi Kompetiblog tahun depan. Saya kaget dan saya tanya “Oh! Saya masih bisa ikutan tahun depan ya? Tapi kan sekarang saya juara 3?” lalu dia pun menjawab, “Iya lasih bisa, kan belum menang hadiah ke Belandanya kan? Jadi ikutan aja...!” Huaaa....saya langsung lega dan seneng! Saya pikir kalau sudah mendapatkan ahdiah dan masuk 4 besar saya tidak bisa ikut lagi Kompetiblog. Ternyata saya masih bisa ikut tahun depan. Dari sana, saya sudah bertekad untuk ikut Kompetiblog 2012 sesibuk apapun saya! Setelah beres di kantor NESO, saya pun pulang ke Bandung pake kereta Parahyangan. Keesokan harinya saya langsung mengaktifkan BB saya! Hahaha. Terima kasih banyak NESO dan Kompetiblog 2011! It was an amazing experience in my life.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...