Tuesday, September 8, 2015

One Year in France

Tidak terasa waktu cepat berlalu...
Dan hari ini tepat satu tahun saya tinggal di Prancis.
Banyak banget pengalaman yang pengen dibagi dan diceritakan, harus lebih semangat lagi nyari waktu dan motivasi buat ngeblog ! :D

Tinggal di negeri orang sendirian tentu aja ga gampang. Banyak banget urusan administrasi yang mesti diurus misalnya memperpanjang visa. Kalau sakit, harus ke rumah sakit sendiri dan ke apotek sendiri. Sewaktu di Indonesia, saya bisa minta anter ke keluarga... Hiks hiks. Jadi kangen banget ma keluarga di Bandung. 

Tapi saya seneng banget bisa melewati 4 musim berbeda (musim gugur, musim dingin, musim semi dan musim panas). Pemandangan di sini berubah sesuai musimnya. Saya masih inget waktu November-Desember-Januari saat udara bisa minus 2 derajat celcius. Rasanya kangen banget ma matahari ! :D
Meskipun Indonesia ga punya 4 musim, tapi orang Indonesia harus bersyukur karena bisa ngerasain matahari sepanjang tahun, hidup ngga ribet, buat milih pakaian juga ga ribet. Bisa pakai kaos tiap hari. Dll dll...

Setahun tanpa bertemu orang tua, adik, sahabat-sahabatku, dan dua anjing di rumah rasanya sedih. Meskipun rasa kangen bisa sedikit terobati dengan jalan-jalan ke beberapa kota di sini, saya pengen banget bisa cepet ketemu mereka semua! 

Oya, saya juga secara resmi udah lulus Master tahun pertama ! Dan lusa saya mulai masuk perkuliahan Master tahun kedua. Di Prancis masternya emang dua tahun, kayak di Indonesia. Tapi kalau di sini, lulus M1 (master tahun pertama) udah dianggap berpendidikan pascasarjana meskipun lebih baik lanjutin sampai beres M2. So, wish me luck ya ! :D 

Saya harap juga apapun yang kalian kerjakan semoga semuanya lancar-lancar aja dan sesuai dengan harapan kalian ;)


Taman di kota Blanquefort

Resort Ski di kota Cauteret

Di Taman Botani kota Bordeaux

Pantai Le Porge

Valras Plage ! Kota wisata di Laut Mediterania

Di dalem gereja. Lupa lagi nama kotanya apa. hehe

Di kota Fumel


4 comments:

  1. Assalamualaikum Kan Ricky

    Saya dari Bandung, mau tanya mengenai perkuliahan di Perancis sama beasiswa eiffel.

    1. Master di Perancis kan ada M1 dan M2, apakah setelah selesai M1 dan mau ngambil M2 bisa di universitas yang berbeda? terus apakah kita bisa seenaknya pindah univ buat M2 atau univ nya yang udah kerjasama sama tempat M1 dulu?

    2. Apakah beasiswa eiffel bisa membiayai sekolah di Ecole?

    Mohon bantuan informasinya dan Terima kasih banyak

    Salam dari Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam Ade,
      Saya juga tinggal di Bandung dulu :D Gimana kabar bandung skrg?
      Saya jawab pertanyaan kamu ya :)
      1) Iya bener banget. Kamu bisa pindah universitas kok dari M1 ke M2nya. Ga mesti ada kerjasama antara univ M1 dan univ M2. Tahun ini saya juga ada temen2 baru, mereka pindah M1 dari univ lain dan M2 nya masuk ke jurusan saya.
      2) Saya rasa iya, tapi mereka kasih jatah uang bulanannya sama. Sebenernya kamu yang bayar uang kuliah dan mereka kasih uang bulanan buat biaya hidup, tiket pesawat PP dan asuransi. Tapi karena saya penerima beasiswa Eiffel dan saya kuliah di Univ pemerintah jadinya saya mah gratis biaya kuliahnya. Untuk tahu lebih detail, kamu bisa tanya2 ke Campus France di IFI Bandung sebrangnya BEC. Gratis kok buat tanya2.
      Sukses buat kamu ya ! :) Jangan lupa kabar2in

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...