Saturday, November 11, 2017

Musim Gugur di Perancis


Di Perancis, sekarang sudah memasuki musim gugur (automne). Cuaca dan temperatur udara mulai berubah.
Saya suka musim gugur karena di luar, kita bisa melihat perubahan warna pepohonan. Daun-daun mulai menguning, mengering, lalu berjatuhan. Hanya di bumi bagian utara dan selatan kita bisa menemukan musim gugur. Warna pepohonan pun berbeda-beda, ada yang berwarna kuning, oranye, coklat, bahkan merah.



Adapun hal yang saya tidak suka di musim ini adalah suhu udara yang mendingin. Ketika musim panas, saya bisa merasakan suhu seperti di kota asal saya Bandung dan kami bebas berpakaian semau kami. Orang-orang dengan senang hari berkaos, memakai sendal, celana pendek bahkan kaos oblong. Dan ketika musim gugur datang, kita bisa merasakannya dengan menurunnya suhu udara. Dingin mulai datang, matahari terbenam lebih awal daripada musim panas. Kita harus mulai mengeluarkan lagi jaket tebal, celana panjang, bahkan syal.

Bagi orang Prancis, musim gugur diasosiasikan dengan "kesedihan", "kesendirian", "monoton", bahkan "kematian"...
Ini adalah musim gugur keempat bagi saya. Tak terasa sudah lebih dari tiga tahun saya tinggal di negara Menara Eiffel ini.
Mulai terbiasa dengan dingin, tapi tetap saya mengeluh ketika dingin datang dan harus mulai menyalakan pemanas ruangan. Karena di sini setiap rumah/apartemen punya sistem atau alat pemanas. Ada yang menggunakan bahan bakar bensin, listrik, atau kayu.



Minggu lalu, saya pergi ke rumah orang tuanya temen. Dan kami melewati Canal du Midi. Canal du Midi adalah kanal yang dibangun di masa pemerintahan Napoleon. Canal du Midi menghubungkan Samudera Atlantik dan Laut Mediterania. 








Saya suka Canal du Midi karena tempat ini romantis, bagus dan spot yang menarik untuk foto. Canal du Midi bisa terlihat berbeda di musim yang berbeda. Foto yang diambil di musim panas akan berbeda dengan foto di musim gugur misalkan. Apalagi di sepanjang kanal ditanam pepohonan. 
Banyak kapal kecil yang melewati kanal ini untuk pergi ke laut Mediterania. Sepertinya seru berpetualang dengan kapal di atas kanal ini karena kita akan melewati puluhan kota dan kampung berbeda. Kita bisa berhenti di setiap kampungnya. Hmm...sudah dulu berkhayalnya... Sekarang nikmati aja dulu pemandangan Canal du Midi dari foto-foto yang saya ambil ketika saya berhenti sejenak di sana... ;)




Apakah kalian sudah pernah merasakan musim gugur? Kalau iya, dimana? Dan apa perasaan atau komentar kalian tentang musim gugur?

1 comment:

  1. suka sama warna daunnya, kayak yang sengaja diwarnaain pake cat, cantik banget

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...