Wednesday, November 15, 2017

Cara Membuat Mousse au Chocolat, Mudah dan Enak


Pernahkan kalian mendengar "Mousse au Chocolat" atau malah pernah mencobanya? 
Pertama kali saya mencoba dessert Prancis ini ya di sini, Bordeaux. Biasanya saya membeli di supermarket. Di Prancis, setelah makan siang atau malam, biasanya kita makan dessert seperti kue atau yogurt. Yogurt di sini beda banget ma di Indonesia. Di Indonesia yogurt rasanya asam dan seringnya beraroma buah-buahan. Tapi di sini yogurt banyak rasanya dan lebih banyak juga beraroma coklat, karamel, atau pistache. 

Nah, selain makan yogurt rasa coklat, saya juga suka makan mousse au chocolat. Dalam bahasa Indonesia "mousse" berarti "busa". Tekstur dessert ini emang sedikit mirip busa, ringan dan mencair di mulut. Suatu hari, saya beli buku resep patisserie mudah dan murah. Ternyata di buku ini ada resep untuk membuat mousse au chocolat. Akhirnya saya memberanikan diri untuk mencobanya. 
Setelah sekitar 30 menut di dapur akhirnya mousse au chocolat saya jadi. Tapi untuk bisa memakannya, kita harus menyimpannya terlebih dahulu 2 sampai 4 jam di lemari es. 

Setelah 4 jam.... Hmm... ternyata rasanya jauh lebih enak daripada mousse au chocolat supermarket. Terlebih lagi mousse au chocolat bikinnan rumah jauh lebih sehat karena bahan-bahannya kita yang siapkan dan tidak ada bahan pengawet atau bahan kimia lainnya. Jadi aman untuk anak-anak juga. 
Mau tau bagaimana cara membuat mousse au choholat mudah dan enak? 

Pertama-tama siapkan bahan-bahannya :
  • 6 butir telur
  • 240 gram coklat hitam 
  • 60 gram mentega
  • 60 gram gula pasir
  • sedikit garam
Cara membuatnya :

1. Cairkan coklat hitam batangan dan mentega dengan api sedang dalam sebuah panci kecil, aduk sampai tercampur rata.
2. Pisahkan kuning telur dan putih telur, simpan di dua mangkok berbeda.
3. Kocok putih telur dengan sedikit garam sampai menjadi busa.


4. Kemudian campur gula pasir dengan kuning telur dan kocok sampai adonan menjadi berwarna sedikit keputihan dan berkilau. Tambahkan campuran ini ke coklat yang sudah mencair dan aduk rata dengan sendok lalu tambahkan 1/3 bagian busa putih telur dan aduk dengan perlahan. Tambahkan sisa busa putih telur dengan spatula. Aduk perlahan sampai busa putih telur tercampur rata dan tidak terlihat lagi. 


5. Tuang adonan ke stoples kecil atau mangkok dan simpan selama beberapa jam di lemari es sebelum mencicipi.


Voila ! Kasih komentar ya kalau kalian sudah mencobanya! :) 


2 comments:

  1. kak ngocok putih telurnya itu pake blender? beneran bisa?

    ReplyDelete
  2. Blog yang bagus.... semoga terus berkembang...Saya ingin berbagi article tentang Menara Eiffel di Paris di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/06/paris-di-menara-eiffel.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/wxxF0VWeFGY

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...