Saturday, November 8, 2008

Masa SD ku

Masa SD adalah masa dimana masih polos-polosnya. Pada masa ini juga aku belajar bahasa Indonesia dan belajar terbiasa menggunakan bahasa itu, soalnya sehari-hari di rumah aku menggunakan bahasa Sunda. Ternyata mengalir begitu saja dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami ataupun berbicara. Mungkin kalo kita ada di luar negeri, kita juga bisa dengan mudah mempelajari bahasanya dengan lebih cepat.
Aku sekolah di SD Priangan, sebuah SD swasta di Jalan Baros no.1 Bandung. Meskipun jauh dari rumah, tapi orang tuaku menyekolahkanku disini karena ingin aku mendapatkan pendidikan terbaik. Kebanyakan gurunya etnis Cina (tapi bukan sekolah Kristen) jadinya kami dididik dengan disiplin. Jumlah muridnya pun tidak terlalu banyak, satu angkatan hanya ada 3 kelas. Karena letak sekolahnya jauh dan kedua orangtuaku bekerja, jadinya aku pergi sekolah menggunakan antar-jemput. Aku ikut antar-jemput Mang Ade, dia orang yang baik, ramah dan sabar. Aku menunggu dia menjemputku dipinggir jalan Padasuka, seberang jalan Utama. Dia juga mengantarkanku pulang di tempat yang sama. Ada belasan anak dalam satu mobil, campuran dari kelas 1 sampai kelas 6. Karena tiap hari pergi dan pulang ke sekolah bareng, kami pun jadi akrab dan suka konsultasi pelajaran juga ke anak yang lebih tua.
Waktu SD aku masuk kelas 1B, 2B, 3A, 4C, 5B, 6A. Wali kelasku baik-baik semua. Aku juga punya teman-teman yang baik. Ada seorang albino di sekolahku, namanya Arman. Dia bener-bener bule, rambut, kulit, dan matanya. Tapi dia orang Indonesia asli, itu karena dia kekurangan pigmen. Dia orangnya tempramental gitu. Makanya anak-anak (termasuk aku) suka ngejekin dia n dia ngejar-ngejar kita keliling sekolah, dan kalo dah ketangkep ma dia, kita bakalan dipukulin bertubi-tubi. Sakit sih, tapi fun juga! Kita jadi main kejar-kejaran n petak umpet juga, tapi dia seolah-olah jadi "kucing" nya, hehehe. Dia sebenernya orangnya baik sih. Kadang dia ga mood juga buat ngejar kita, jadinya aku ma temen-temen main sendiri. Biasanya main petak-umpat atau kucing-kucingan, kita suka main sampe keringetan.
Di SDku banyak banget penjual makanan dan rasanya enak-enak! Yang paling megang sih Batagor, itu Batagor yang paling enak yg pernah aku rasain dari SD sampe sekarang aku kuliah. Banyak banget yang belinya, harus ngantri. Tempat itu juga jadi tongkrongan ibu-ibunya yang nganter/ngejemput anak-anak. Ada juga Pisang Keju, Es Teh & Es Jeruk, Kue Cubit, Es Kelapa Nanas, dan masih banyak lagi.
Kalau kita gak buat PR atau PR nya ketinggalan, kita suka disetrap. Berdiri di dalam kelas di pojok deket pintu selama pelajaran itu berlangsung atau berdiri di luar. Aku juga beberpa kali pernah disetrap gara-gara PR ku ketinggalan, hehehe. Yah...itung-itung buat pengalaman.
Banyak juga produk-produk yang berpromosi ke SDku, seperti susu Milo, Dancow, Combantrine, dan masih banyak lagi. Jadinya kami minum susu gratis. Hampir setiap bulan ada dan dalam sebulan suka beberapa kali. Suka juga ada kuisnya dan aku pernah dapetin hadiahnya. Enak banget deh!
Waktu kelas 1 aku pertama kali dapet ciuman! Tapi ciuman di pipi, kami duduknya cewe-cowo gitu. Ga tau kenapa tiba-tiba temen sebangku aku mencium pipi aku. Aku kaget sih, tapi seneng juga soalnya dia cantik, hehehe. Waktu perpisahan kelas 1, kami rekreasi ke Alfa Zone di jl. Cihampelas. Itu tuh tempat bermain untuk anak-anak. Arena bermainnya menjulang tinggi seperti labirin, ada perosotan dan bola-bolanya. Rame banget deh! Tapi sekarang tempat itu dah ga ada lagi, sayang banget.
Waktu kelas 3, kami rekreasi ke Taman Safari. Kami berangkat menggunakan bus pariwisata. Rasanya seneng banget bisa rekreasi bareng temen-temen. Di sana tidak hanya melihat hewan-hewan yang berkeliaran, tapi juga kami mencoba permainan yang ada disana, contohnya kora-kora. Berkesan banget deh liburannya meskipun sempet ujan n ujan-ujanan. Waktu kelas 3 juga, aku menaksir seorang cewe teman sebangku aku. Dia cantik banget, lucu. Dia nanya ke aku "kamu suka sama siapa? Tapi jawab dalam hati ya!" Aku pun menjawab pertanyaannya "Aku suka kamu" tapi aku jawab dalam hati. Lalu dia tiba-tiba nanya dengan setengah kaget dan malu "Apa? Kamu suka ma aku?" Hehehe, ternyata dia bisa baca pikiran orang, aku jadi malu, hehehe.
Kelas 3 juga pertama kalinya aku naik angkot dan tersesat! Kalo mau tau ceritanya, baca blog yang berjudul "Salah naik angkot". Mulai kelas 4, aku ga naik antar-jemput lagi soalnya aku dah bisa naik angkot. Jadinya aku pulang naik angkot ma temen-temen aku.
Kami pergi rekreasi lagi waktu kelas 5. Kami pergi ke Dufan dan Sea World. Kami berangkat dari Bandung subuh-subuh. Selama di Dufan aku bermain sekitar 8 permainan, ini mungkin ketiga kalinya aku ke Jakarta. Ga da bosennya deh kalo maen ke Dufan. Aku main pukul-pukulan buaya gitu ma temen-temen, eh ternyata aku yang paling banyak mukul buayanya, jadinya aku dapet hadiah boneka beruang putih yang kecil. Aku kasihin adik bonekanya.
Waktu kelas 6, aku sibuk pemantapan untuk Ebta dan Ebtanas. Aku juga ikut les di Ganesha Favorite di deket jl. Dipati Ukur. Pokoknya sibuk belajar deh buat ujian itu. Pas hari H nya sih lancar-lancar aja. Dan ternyata hasilnya juga lumayan bagus. SD kami mengadakan perpisahan di sebuah gedung, acaranya sangat meriah dan mengharukan. Rasanya sedih juga berpisah dengan sekolah, guru-guru, dan teman-teman yang telah bersama selama 6 tahun. Waktu pengumuman doorprize, ternyata aku disebutin nomornya. Aku dapet mug gede gitu warna cokelat, seneng banget rasanya dapet kenang-kenangan dari SD.
Masa SD ku adalah masa ketika aku lebih mengenal dunia luar dan pertumbuhan karakter dan kepribadian aku selama 6 tahun, rasanya lumayan lama juga menghabiskan waktu 6 tahun di satu sekolah. Tapi masa SD ku sangatlah menyenangkan, berwarna, dan berkesan meskipun selama SD prestasiku biasa saja. Paling bagus juga ranking 11, hehehe.
Buat Gea, Oki, Arman, Wisnu, dan teman-teman SDku lainnya, kalian sekarang kuliah dimana? Kalau baca tulisan ini, kasih kabar ke Ricky ya... I miss you all!

3 comments:

  1. Eh, kamu angkatannya Arman. Aku angkatan adiknya Arman, Marsha. Aku lulus tahun 2003. Ke SD, yuk, suka PNG ke sana tp gd temen yg bisa janjian di waktu aku senggang..

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hey Dani ! Wah salam kenal. Iya saya temennya Arman. Wah kamu ada FB/Instagram atau Twitter nya Arman ga? Ilang kontak sejak lulus SD nih.
      Pengen banget mampir ke SD lagi tapi saya sekarang tinggal di Prancis. hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...