Friday, September 30, 2016

Akhirnya Lulus Master (S2) di Prancis

Tahun 2014 silam, saya menulis artikel blog berjudul "Perjuangan Dua Tahun Akhirnya Berbuah Manis: Beasiswa Eiffel!" dan sekarang dua tahun pun telah berlalu... Saya masih ingat di hari-hari pertama kuliah S2 di Bordeaux sini, saya masih merasakan jet lag. Rasa lelah yang masih melekat di badan, rasa kantuk yang cukup berat, tapi semua itu tak mengalahkan rasa antusiame saya untuk memulai tahun pertama sebagai mahasiswa S2. Awalnya saya berpikir bahwa saya mungkin saja tidak lulus tahun pertama karena pelajarannya cukup berat dan di bidang yang baru saya kenal. Maklum lulusan Sastra Prancis tapi sekarang belajarnya urbanisme Prancis, hukum lingkungan, pariwisata Prancis, dll. Di minggu-minggu pertama juga saya masih merasakan gegar budaya (culture shock) dan juga banyak istilah-istilah teknis yang tidak saya mengerti. 

Tesis tahun kedua saya

Perkuliahan di Prancis sangat jauh berbeda dibandingkan dengan pekuliahan di Indonesia. Di sini murid-murid lebih dituntut untuk aktif, mandiri dan bertanggung jawab. Saat dosen sedang menjelaskan di depan kelas, murid juga bisa mengajukan pertanyaan sewaktu-waktu. Kadang murid dan dosen pun bisa berdebat jika mereka berbeda pendapat. Kalau di Indonesia ada rasa segan atau mungkin takut sama dosen, di sini ga ada sama sekali. Dosen saya sekaligus penanggungjawab Master saya pernah bilang ke saya di depan temen-temen yang lain "Saya masih ingat dulu ada mahasiswi Indonesia juga namanya W****. Dia baik dan hormat banget sama dosen-dosen. Di Prancis mah murid-muridnya udah ga ada rasa hormat lagi ama dosen" cerita beliau sambil tertawa. Dia bilang gitu pas hari-hari pertama kuliah. Begitu waktu berlalu, saya jadi mengerti apa maksud beliau. Temen-temen saya banyak yang ngobrol sendiri pas dosen nerangin, ada juga yang maen HP. 

Singkat cerita, setelah 2 tahun kuliah, 2 kali magang di perusahaan swasta Prancis, 2 kali bikin skripsi...akhirnya tanggal 19 September 2016 saya sidang tesis. Perjuangan untuk membuat 200 halaman skripsi ini pun tidak mudah. Meskipun tahun 2015 saya sudah pernah sidang skripsi untuk tahun pertama, tapi tetap saja saya merasa deg-degan dan takut. Haha. Mungkin karena efek akan berhadapan dengan dua penguji orang Prancis dan harus berargumen dengan bahasa Prancis. Setelah lima belas menit presentasi, 30 menit berikutnya adalah sesi tanya jawab. Alhamdulillah semuanya berlangsung dengan lancar dan baik. Komentar-komentar dosen-dosen pun alhamdulillah positif. Saya pikir mereka akan mengumumkan hasil sidang langsung, ternyata besoknya. Tapi begitu meninggalkan ruang sidang, saya tak bisa berhenti tersenyum karena saya merasa lega dan bahagia bahwa saya telah melewati salah satu proses yang sulit, sidang tesis S2. 

Ruang sidang tesis saya :D

Keesokan harinya saya mendapat email lengkap dengan daftar nilai tahun kedua. Saya pun dinyatakan LULUS dan sukses menyelesaikan program S2! Rasa syukur yang tak terhingga saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala bantuanNya. Saya pun langsung menelepon ibu saya di Bandung, Indonesia. Well, akhirnya saya pun selesai menjalani mimpi saya. Mimpi untuk melanjutkan sekolah ke jenjang S2 sudah terpenuhi. Sekarang saatnya berjuang untuk merealisasikan impian yang lainnya. Makasih buat kalian semua yang baca blog saya, jangan sungkan untuk follow saya di berbagai sosial media di bawah ini : 


Wednesday, September 7, 2016

2 Years in France and Europe



Tak terasa, sudah dua tahun saya tinggal di Prancis untuk menuntut ilmu, melanjutkan sekolah ke jenjang master. Di sela-sela waktu kuliah, saya juga menyempatkan sebisa mungkin untuk menjelajah Prancis. Saya ingin bisa mengunjungi sebanyak mungkin kota-kota di Prancis, meskipun di sini ada lebih dari 30.000 kota. Salah satu kota yang saya kunjungi pada Januari 2016 adalah kota Paris. Terakhir kali saya mengunjungi Paris adalah tahun 2012. 4 Tahun yang lalu! :D 
Selama dua tahun ini, alhamdulillah saya bisa berkunjung ke beberapa negara tetangga Prancis. Saya pergi ke Roma, Italia untuk melewati ulang tahun saya yang ke 26, ke Jenewa (Swiss), ke Barcelona (Spanyol), London (Inggris) untuk merayakan ulang tahun ke 27, dan ke Amsterdam sebagai tujuan liburan musim panas 2016. Saya juga menyempatkan ke Andorra, salah satu negeri terkecil di dunia yang terletak di antara Prancis dan Spanyol. Selamat menyaksikan!  

Voila, mes aventures et mes voyages pendant ces 2 ans en France et en Europe. J'ai pris plus de 72812 photos en total, j'en ai choisi quelques unes dans cette vidéo de 8 minutes. C’était pas facile de réaliser ce rêve, mais j'y croyais toujours et merci Dieu que je l'ai pu réalisé. ^^ Bonne vidéo !

8th of September 2016 is exactly 2 years I live in France.
This video resumes my 2 years of journey in France for my Master studies and in Europe. I also visited London (United Kingdom), Barcelona (Spain), Vatican City, Rome (Italy), Amsterdam (the Netherlands) for vacations. I love travelling and discover new places. It's my first time to create kind of video. ;) Thanks for watching. Don't hesitate to share and comment! :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...