Monday, April 30, 2012

A Little Surprise from Skype

Skype is a way for me and my love in Bordeaux to communicate via videocall
We do that almost 4 times in a week.
And on Friday, 27th April 2012, when we talk, suddenly my Verlaine makes some poems for me
It was making me blushed and happy of course.
I love poem and I love so much when someone give me a poem, specialy someone who I love
These are what my Verlaine wrote on Skype for me:

Ton visage brille de beauté, 
tes calins me manquent énormément, 
Mon rayon de soleil qui brille toute l'année, 
Tu fais vivre mes sentiments.

Verlaine c'est comme un mouton
Il fait de la laine, quand on le tond
Rimbaud, c'est le plus beau
Même s'il travaille trop et qu'il se lève tôt



J'ai pleins de souvenirs
De l'Indonésie
De Ricky
Du riz
Et de ton sourire

A jakarta nous nous sommes rencontrés,
A jakarta nous nous sommes promenés,
A Jakarta nous nous sommes aimés en vrai,
A Jakarta nous avons aussi pleuré.
A jakarta j'ai envie de voyager.
Pouvoir rester avec toi pour l'éternité

Le Soleil est caché derrière les nuages
Mon Rayon de Soleil n'est pas un mirage
Tu émerveilles mon visage
Je veille sur toi comme un ange

Tu n'es pas au ciel, pourtant tu es un ange.
Tu n'es pas sous terre, pourtant tu es vivant
Tu n'es pas medecin, pourtant tu as mon coeur

2 Years of Love Between Bandung and Bordeaux

16th April 2012

It's been finally 2 years, my relationship with someone who makes my life complete.
Eventhought thousands kilometers separate us, but I am very happy.
Two years, it's quiet long and it's not easy to maintain long distance relationship like this
Different age, different culture, different minds, different nationality, but one similiarity: love each other.
This relationship makes me far from my big family, but I don't care.
I am happy now and I enjoy my life like never before.
I have the true love which everyone dream to have it
God, please keep this feeling, keep this relationship alive forever...
I don't wanna lose my Verlaine
I don't wanna lose my hope
I don't wanna lose my spirit to live
Please unite us... I am patient to wait until that day...

Bandung will always love Bordeaux


Friday, April 27, 2012

Perpustakaan Konvensional dan Digital Harus Berkembang Bersama


     Kemajuan teknologi dunia sekarang ini telah mengubah kehidupan manusia dan gaya hidupnya serta menimbulkan pengaruh di berbagai aspek. Dengan peningkatan penggunaan internet, peningkatan jumlah pemilik ponsel cerdas, dan semakin canggihnya berbagai perangkat gagdet menyebabkan penurunan jumlah orang yang menggunakan layanan pos. Sekarang orang-orang merasa lebih mudah berkiriman pesan singkat (SMS), chatting atau saling berkomentar di berbagai media sosial dibandingkan dengan berkomunikasi via surat atau saling berkirim kartu ucapan. Selain sektor pos yang cukup terpukul karena sekarang semuanya serba digital, kini terdapat juga wacana untuk pengadaan perpustakaan digital. Apakah perpustakaan konvensional pun akan ikut terpukul? Mari kita lihat bagaimana perkembangannya di negeri Paman Sam, negeri yang menjadi kiblat kemajuan teknologi informasi.
      Menurut sebuah artikel di situs VOA (Voice of America) Indonesia yang berjudul “Perpustakaan Digital Tak akan Gantikan Perpustakaan Konvensional” tertanggal 3 April 2012, kampus-kampus di Amerika sudah memulai melakukan digitalisasi koleksi buku-buku yang dimilikinya, seperti yang dilakukan di Universitas California, Northridge. Lebih dari satu juta buku dan seperempat juta jurnal berkala disimpan di kampus yang terletak di pinggiran kota Los Angeles itu. Katalog-katalog itu berbentuk digital dan para mahasiswa menggunakannya untuk menunjang studi mereka. Dekan perpustakaan itu, Mark Stover, menyatakan bahwa jurnal-jurnal akademik modern kebanyakan dalam bentuk digital dan 90 persen dari jurnal langganan perpustakaan sekarang juga datang dalam format elektronik. Meskipun banyak jurnal yang berformat digital, tetapi sebagian besar buku baru di perpustakaan itu berbentuk kertas. 

Seseorang memperlihatkan notebook yang berisi eBooks (buku-buku digital) di sebuah perpustakaan umum di Amerika. (sumber: artikel VOA)
 
      Sebenarnya banyak keuntungan yang akan kita dapatkan dengan digitalisasi perpustakaan. Di dalam artikel, Steve Kutay, seorang pustakawan digital, menyebutkan bahwa buku-buku yang sudah digitalkan akan mempunyai cadangannya dan bisa disimpan di luar perpustakaan. Mereka bisa terlindungi dengan baik. Mark Stover mengungkapkan kelebihan dengan konversi dari bentuk konvensional ke bentuk digital akan memberikan lebih banyak ruang di perpustakaan dan kesempatan untuk mendesain ulang tata letak fisiknya. Banyak perpustakaan di Indonesia yang koleksi bukunya kurang memadai dan bahkan banyak daerah yang tidak terdapat perpustakaan, maka dengan adanya perpustakaan digital, akan semakin banyak orang yang dapat mengakses buku dan mendapatkan ilmu pengetahuan dengan lebih mudah. Jika mempunyai komputer dan koneksi internet di rumah, kita bisa dengan mudah mencari dan mengakses buku-buku yang diperlukan. Di kota-kota besar, kemacetan dan kesibukan akan menjadi penghalang orang-orang untuk berkunjung ke perpustakaan sehingga meskipun perpustakaan di kota besar cukup memadai dan banyak tetapi tak jarang sepi pengunjung. Maka dengan adanya perpustakaan digital, kapanpun dan dimanapun selagi terdapat koneksi internet, kita dapat mengaksesnya.

Beinecke Rare Books Library in Yale, USA.

      Di Indonesia, sebenarnya ITB sudah menerapkan perpustakaan digital sejak tahun 2000. Perpustakaan tersebut berisi karya ilmiah dan tugas akhir para mahasiswa SI, S2, hingga S3. Dalam setahun rata-rata terdapat 3.000 karya ilmiah produk dari mahasiswa yang wajib diserahkan dalam format digital sebagai tugas akhir mereka untuk kemudian disumbangkan ke perpustakaan digital ITB. UNPAD pun menerapkan hal yang sama untuk tugas akhir para mahasiswanya.
      
     Tahun lalu tepatnya pada tanggal 8-10 November 2011 di Samarinda digelar Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) Ke-4 yang bertujuan untuk membangun kesadaran para pengelola perpustakaan akan pentingnya mewujudkan interoperabilitas antaranggota jejaring agar Perpustakaan Digital Nasional Indonesia segera dapat terwujud dan berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia juga cukup serius untuk menerapkan perpustakaan digital. Pusat Dokumentasi Ilmiah Indonesia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) pun mendukung pengembangan perpustakaan digital Indonesia. Teknologi perpustakaan digital juga bermanfaat membuka peluang bagi perpustakaan untuk memanfaatkan bersama (sharing) sumber informasi digital yang dimiliki, yaitu dengan menyediakan akses bagi perpustakaan lain ke koleksi digital miliknya dan sebaliknya. Dengan demikian peluang suatu perpustakaan untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka masing-masing semakin besar. Selain menghemat ruang bagi perpustakaan, perpustakaan digital juga akan mengurangi konsumsi kertas yang digunakan untuk produksi buku. Mungkin perpustakaan digital juga akan bisa mewadahi para penulis indie sehingga karya mereka bisa dibaca oleh banyak orang tanpa harus diterbitkan terlebih dahulu secara konvensional tetapi tentu saja tetap melalui proses editing.

Salt Lake City Library, USA (sumber: Wikipedia)
      
     Hal negatif dari perpustakaan digital juga tidak dapat dihindari dan masih harus dicari solusinya. Kepala layanan teknis perpustakaan di Los Angeles, Helen Heinrich bertugas mengawasi katalog buku dan majalah baru, dan memindahkan buku yang telah diubah secara elektronik. Dia menjelaskan bahwa banyak universitas di Amerika Serikat bekerja sama untuk menyimpan buku dalam bentuk asli meskipun telah dikonversi ke bentuk digital karena jika suatu hari ada serangan cyber dan semua data hilang dalam sekejap maka mereka akan masih mempunyai salinannya. Mark Stover, dekan perpustakaan Universitas California, juga mengatakan bahwa banyak file digital tidak tersedia karena penulis atau ahli waris penulis yang memegang hak cipta tidak mengijinkan karya mereka disebarluaskan secara elektronik. Di Indonesia sendiri peran perpustakaan digital belum besar di masyarakat. Pengguna perpustakaan digital masih terbatas kepada peneliti dan akademisi. Selain itu perpustakaan digital juga harus hati-hati, jangan sampai melanggar hak cipta penerbit dan penulis buku.
      Perkembangan perpustakaan baik itu yang konvensional maupun digital sebenarnya tak lepas dari para pembaca dan para pengunjungnya. Ada orang yang lebih suka membaca versi digital melalui laptop, PC, smartphone atau notebook-nya sambil bersantai di rumah. Tetapi banyak juga yang lebih menyukai buku konvensional karena mereka tidak merasakan sensasi membaca yang sesungguhnya jika membaca versi digital. Belum lagi mata juga akan cepat lelah jika memandang layar komputer berlama-lama. Seorang mahasiswi biologi Universitas California, Lisa Ochoa, mengaku lebih menyukai buku-buku dalam bentuk kertas seperti pendapatnya dikutip dari artikel VOA sebagai berikut, "Saya juga suka komputer, tapi saya lebih suka buku dan kertas." 
The U.S. Library of Congress
 
      The U.S. Library of Congress atau Perpustakaan Kongres Amerika Serikat selama ini dikenal sebagai perpustakaan konvensional terbesar di dunia. Sekarang perpustakaan itu juga sedang bertransformasi untuk menjadi perpustakaan yang mempunyai koleksi digital terbesar di dunia. Menurut laporan VOA dalam sebuah video resminya di Youtube tertanggal 9 Oktober 2009 menginformasikan bahwa Perpustakaan Kongres sekarang mempunyai 700 terabita data tetapi karena masalah hak cipta hanya 200 terabita yang tersedia di situs internetnya. Jumlah itu kira-kira sama dengan sekitar 330.jam menonton TV dan sekitar 2000 buku. Di Perpustakaan Kongres terdapat sekitar 120.000.000 buku dan 36000 feature film. Thomas Yako, seorang senior system engineer, mengatakan bahwa terdapat scan lab di sana yang dapat memindai 4 hingga 6 juta item per tahun. Dia tidak bisa menjamin bahwa semuanya itu bisa dipublikasikan di web, tapi kebanyakan sudah dilakukan. Mayoritas koleksi digital perpustakaan adalah untuk alasan jaga-jaga. 

 
      Digitalisasi Perpustakaan Kongres adalah pekerjaan yang sangat lama dan mahal. Di sana terdapat 205 jilid dokumen Abraham Lincoln dari tahun 1800-an. Pemindaian yang ekstra hati-hati terhadap manuskrip-manuskrip tersebut membuat itu menjadi pekerjaan yang sangat lambat. 65 juta manuskrip menjadi dokumen yang sangat berharga bagi perpustakaan. James Hudson dari bagian pengelolaan manuskrip mengatakan sejak jaman komputer berlangsung, proses penciptaan manuskrip menjadi hilang. Kita mungkin tidak akan punya coretan-coretan awal yang asli dari orang seperti Shakespeare atau Beethoven di masa yang akan datang karena semuanya serba digital. Di Perpustakaan Kongres, 5 juta peta juga didigitalkan, bentuknya banyak yang besar sehingga membutuhkan alat pemindai yang juga besar dan untuk peta dalam bentuk buku dibutuhkan teknologi yang lain sehingga memutuhkan banyak teknologi dan dana. Ada 1,5 juta foto yang sudah disimpan di web yang dapat dinikmati masyarakat luas. Tantangan terbesar bagi Perpustakaan Kongres adalah cepatnya perubahan teknologi. Contohnya dalam teknologi alat tempat penyimpanan data. Hal tersebut merupakan sebuah proses yang tak akan pernah berhenti. 

New York Public Library
      
     Melihat kekurangan dan kelebihan dari perpustakaan digital seperti yang telah diungkapkan di atas baik di Amerika Serikat maupun di negeri kita, akan lebih baik jika pemerintah Indonesia tetap berusaha untuk mengembangkan perpustakaan digital sebagai sarana memublikasikan karya ilmiah dan sebagai penyimpanan data base aset-aset nasional, tetapi juga pemerintah harus tetap membantu pengembangan, pengelolaan dan pertumbuhan perpustakaan konvensional di berbagai daerah. Apakah kita tidak iri atau malu jika melihat perpustakaan-perpustakaan di negeri lain memiliki bangunan yang bagus, megah, bersih dan terawat bahkan mungkin lebih indah dibanding bangunan-bangunan pemerintahan di Indonesia?! Mungkin dengan perbaikan kondisi perpustakaan konvensional di tanah air disertai pengembangan perpustakaan digital seperti di Amerika akan membuat minat baca anak-anak dan rakyat Indonesia secara umum semakin meningkat.

Thursday, April 26, 2012

Remaja Butuh Wadah Positif Agar Tidak “Nakal”!


     Ketika membaca sebuah artikel berita di VOA yang berjudul Hindari Kenakalan Remaja, Sekolah Dasar Baltimore Luncurkan Program Yoga tertanggal 22 April 2012, saya menjadi teringat saat saya masih remaja dulu, tepatnya ketika SMA. Bukan karena dulu saat saya masih bersekolah saya adalah remaja yang nakal, tapi karena dulu sempat mengalami langsung kenakalan remaja. Di bangku SD, saya masih polos mengenai kenakalan remaja dan ketika SMP saya hanya tahu bahwa beberapa teman masuk menjadi anggota berbagai genk motor, tentu saja pihak sekolah tidak tahu akan hal itu. Ketika SMA saya lebih sadar lagi akan kenakalan remaja, contohnya ada beberapa genk di sekolah yang selalu berkumpul hingga larut malam entah melakukan apa, ada “perseteruan” antara SMA “A” dengan SMA “B”, SMA “C” dengan SMA “D”, dan lain-lain. Sampai pada suatu hari di siang bolong, SMA saya diserang oleh sekelompok gerombolan bermotor yang juga menggunakan seragam SMA! Mereka melempari sekolah saya dengan batu, mereka pun membawa berbagai “alat” seperti mau tawuran. Ada teman yang bilang bahwa mereka dari SMA “X” yang memang dikenal tidak suka kepada sekolah kami.
      SMA saya yang dijaga oleh satu satpam tentu tidak bisa berbuat apa-apa dan langsung mengunci gerbang sekolah serta menyuruh semua anak untuk masuk ke ruang kelas. Ada beberapa siswa yang terluka dan ada mobil dan motor yang diparkir di luar gerbang sekolah rusak akibat penyerangan itu. Pihak sekolah memanggil polisi dan polisi tiba di saat gerombolan itu sudah menghilang. Kami baru bisa pulang beberapa jam setelahnya. Pihak sekolah menghimbau siswa untuk tidak menyerang balik dan tidak melakukan hal-hal negatif lainnya.

      Sekarang dipikir-pikir apa sih untungnya melakukan penyerangan itu, menurut saya itu hanya faktor emosi saja, apalagi remaja seusia itu masih menggebu-gebu semangat maupun emosinya dan masih labil. Sepengetahuan saya, di Bandung tidak pernah ada tawuran antarpelajar secara terbuka seperti di Jakarta misalnya. Bahkan banyak juga siswa yang tak terlibat tawuran namun menjadi korban. Kemungkinan ke arah sana bisa saja terjadi suatu saat di Bandung ataupun kota lainnya. Masalah terbesar mengenai kenakalan remaja di Bandung saat ini mungkin salah satunya adalah genk motor yang sangat meresahkan masyarakat dan juga sudah banyak menimbulkan korban.
      Apa sih makna sebenarnya dari kenakalan remaja? Menurut Kartono, seorang ilmuwan sosiologi, kenakalan remaja atau dalam bahasa Inggris disebut dengan juvenile deliquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang atau tingkah laku yang tidak dapat diterima sosial sampai pelanggaran status hingga tindak kriminal. Banyak bentuk kenakalan remaja yang terjadi di masyarakat seperti seks bebas, penggunaan narkoba dan alkohol. Saya membaca satu berita yang membuat saya kaget yaitu ada remaja yang membunuh temannya gara-gara sebuah smartphone! Pastinya masalah-masalah yang dialami remaja sekarang berbeda dengan remaja dulu sehingga para orangtua, pihak sekolah dan berbagai pihak terkait harus pandai-pandai mencari cara untuk mengatasinya.
      Ketika membaca artikel berita VOA tentang sebuah SD di Baltimore, Amerika Serikat yang bernama SD Robert W. Coleman, saya berpikir mungkin ini bisa menjadi salah satu solusi untuk kenakalan remaja. Sekolah itu mengadakan sebuah program yang sangat bermanfaat. Seusai sekolah, anak-anak SD di sana mengerjakan PR dan setelahnya mereka duduk bersama untuk bermeditasi dan mempraktekkan yoga. Kepala sekolah SD tersebut mengatakan bahwa ia memasukkan anak-anak yang bermasalah ke dalam program yoga itu untuk menghindari menghukum mereka. Menurut saya, itu adalah pikiran yang sangat bagus! Seringkali hukuman tidak dapat mencegah terulangnya kesalahan atau kenakalan yang dilakukan remaja, tetapi justru menimbulkan dendam terhadap si penghukum atau malah kenakalan mereka akan semakin menjadi-jadi. Atman Smith yang merupakan salah seorang pendiri yayasan Holistic Life Foundation berpendapat bahwa program yoga usai sekolah ini berusaha membantu anak-anak melengkapi diri dengan keterampilan untuk menghadapi berbagai kesulitan hidup. 

      Saya kagum dengan pemikiran mereka! Mereka sudah berpikiran untuk melengkapi diri anak-anak dengan keterampilan untuk menghadapi berbagai kesulitan hidup, padahal anak-anak itu masih SD! Memang akan lebih baik jika hal positif itu dilakukan sejak dini sehingga mereka akan tumbuh menjadi individu yang lebih baik mental maupun fisiknya. Seharusnya di Indonesia pun mengadakan program yoga seperti itu untuk anak-anak SMP dan SMA sehingga mereka tidak cepat emosi, bersikap dan berpikir lebih tenang, dan mempunyai kegiatan yang positif. Memang sekarang juga di berbagai sekolah ada banyak kegiatan ekstrakulikuler sebagai wadah kegiatan para siswa tetapi saya rasa hal itu belum cukup. Sejak saya SD sampai SMA pun saya hanya bisa memilih kegiatan ekskul yang sudah ada di sekolah saja dan banyak siswa yang tidak ikut ekskul karena tidak sesuai dengan minat mereka sehingga mereka mencari wadah lain di luar sekolah dan tidak menutup kemungkinan mereka ikut kegiatan yang negatif. Akan lebih baik jika sekolah juga melihat minat para siswanya dan menyediakan sarana dan prasarana untuk kegiatan positif tersebut. Misalnya sekolah bisa mengadakan ekskul berbagai bahasa asing bekerjasama dengan para mahasiswa dari Fakultas Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya di universitas terdekat dengan sekolah. Saya sebagai mahasiswa sastra Perancis pun akan senang hati berbagi ilmu dengan para siswa. Apalagi di era globalisasi ini, kemampuan bahasa asing menjadi semakin penting. 

 
      Selain program bahasa ataupun program lain sesuai minat siswa, program yoga seperti yang dilakukan SD Robert W. Coleman di Baltimore tersebut saya rasa akan cocok dilakukan di sini, selain bermanfaat bagi fisik dan mental, yoga pun sudah booming sejak beberapa tahun lalu di Indonesia tetapi sayangnya tidak banyak orang yang mempunyai akses atau mampu untuk mengikuti program seperti itu. Menurut kepala SD Robert W. Coleman, Carlillian Thompson, program yoga tidak mengubah perilaku anak dengan segera, tetapi setelah beberapa lama, anak-anak itu jadi mampu mengatasi berbagai situasi. Siapa tahu program yoga pun akan mampu berdampak positif bagi anak-anak Indonesia karena akan mengajarkan kesabaran dan ketenangan. Semoga saja orang tua, berbagai sekolah dan juga pihak pemerintah mampu mengayomi remaja dan menyediakan berbagai wadah positif bagi para remaja sehingga mereka tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja.

Wednesday, April 25, 2012

Cara Merawat Kesehatan Kulit Secara Alami dan Modern dengan AC Kesehatan


     Penampilan merupakan salah satu hal penting yang harus kita perhatikan, karena mau tak mau penampilan akan mencerminkan juga kepribadian kita. Tak hanya kaum hawa, penampilan juga harus diperhatikan oleh kaum adam. Salah satu hal penting yang menjadi daya tarik penampilan kita adalah kondisi kulit kita, baik itu kulit wajah maupun tubuh. Kita akan merasa tidak nyaman bukan jika di wajah kita terdapat jerawat, komedo, atau jika wajah kita terlihat kusam? Jika hal itu terjadi pastinya akan mengurangi tingkat kepercayaan diri kita. Nah, berikut ini saya akan berikan beberapa tips untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit secara alami dan secara modern dengan bantuan AC. AC? Ya! Air Conditioner atau penyejuk udara. Bagaimana bisa? Kita akan mengetahuinya nanti.

Pertama-tama, tips merawat dan menjaga kesehatan kulit secara alami adalah : 
    1) Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari.
    Hal ini tidak hanya akan menjaga tubuh kita dari dehidrasi tetapi akan membantu menjaga kesehatan kulit kita. Asupan air yang cukup bagi tubuh dan kulit akan membuat kulit kita tetap lembab dan tidak kering. Selain itu, air putih membantu proses elektrolisis dalam tubuh, jika tubuh kita kekurangan air maka sel-sel tubuh akan mati, toksin dalam tubuh pun akan menumpuk di dalam tubuh dan keluar melalui pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat.
 
    2) Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
    Kita sering mendengar tentang manfaat sayuran dan buah-buahan untuk diet tapi kurang diketahui manfaat mereka untuk kesehatan kulit. Ternyata, buah-buahan dan sayuran memiliki efek menguntungkan bagi kulit karena buah dan sayur memiliki kadar air yang baik. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung vitamin C alami, yang berkhasiat untuk menjaga elastisitas kulit tetap baik. Sebagai contoh, teraturlah makan kiwi, jeruk, apel atau pear. Selain vitamin C, buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang efektif melawan penuaan kulit.
    Sayuran yang paling direkomendasikan adalah wortel, bayam, brokoli dan kubis. Semakin banyak kita makan makanan yang mengandung beta karoten tersebut, kulit kita akan semakin bercahaya. Selain sayuran tersebut, tomat juga menjadi pilihan yang baik karena tomat berkhasiat melindungi kulit terhadap efek berbahaya dari ultraviolet dengan kandungan antioksidannya yang tinggi serta berfungsi untuk menangani kulit berminyak dan kering, sekaligus untuk memperkecil lubang pori-pori kulit.
      3) Makan yang benar untuk kesehatan kulit 
    Tubuh yang indah bukan satu-satunya manfaat yang akan didapatkan dari konsumsi buah-buahan dan sayuran dalam makanan yang seimbang yang kita makan. Ternyata keindahan kulit tergantung juga pada makanan yang kita makan setiap harinya. Jangan terlalu banyak makan makanan yang berlemak dan mengandung banyak kolesterol. Untuk mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan racun dalam tubuh, kita dapat melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam yang disebut alpha-linolenic yang akan kita dapatkan hanya pada tuna atau salmon. Peredaran darah akan menjadi lebih baik dan kulit kita akan bercahaya. Ada penemuan yang menyatakan bahwa konsumsi makanan laut memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Pernyataan itu masuk akal karena sea food sangat kaya akan seng dan beberapa juga mengandung selenium, contohnya tiram. Kulit kita akan menjadi sehat dan akan jauh dari jerawat dan penyakit kulit lainnya. Dengan demikian, konsumsi buah-buahan, sayuran dan makanan laut dapat membantu membuat kulit kita menjadi mulus. 
    4) Berolahraga, tidur yang cukup dan hindari stress!
    Berolahraga dan tidur yang cukup sangat penting juga, tidak hanya untuk kulit yang sehat tetapi untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menyebabkan pembentukan kerutan di bawah mata dan kurang olahraga dapat menyebabkan mengendurnya kulit. Jika kita tidak punya cukup waktu berolahraga, kita dapat melakukan push-up, sit-up, atau hanya dengan perbanyak berjalan kaki. Selain itu, olahraga dan jam tidur yang cukup membantu mengurangi stress. Kita juga harus melawan stress. Kita semua mengetahui efek negatif dari stress. Ya, stres juga bisa merugikan kulit. Jadi, beristirahatlah beberapa saat, mandi dengan air hangat atau tidur siang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan stress kita. 
         Nah, sekarang saatnya kita bahas mengenai cara merawat dan menjaga kesehatan kulit secara modern dengan bantuan AC. Di jaman yang sudah serba maju ini, AC tidak hanya berfungsi untuk menyejukkan udara yang sekarang semakin hari semakin panas, tetapi kini AC dapat juga membantu merawat dan menjaga kesehatan kulit kita, baik ketika kita sedang beraktivitas di dalam ruangan (di kantor) maupun di saat kita tidur. Yup, itulah kelebihan AC LG Skin Care, Deluxe InverterV. LG Skin Care, Deluxe Inverter V merupakan penyejuk udara terbaru dari LG dan merupakan produk pertama di dunia yang mampu menjaga kesehatan kulit penggunanya. AC ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki penyejuk ruangan lainnya, yakni :
  1. Plasmaster Ionizer
    LG Plasmaster yang menggunakan teknologi plasma yang memiliki fungsi merawat kulit dan meningkatkan tingkat kemurnian dan kebersihan udara. Sistem penyaringan yang komprehensif dari ion Plasmaster LG yang akan melindungi kita dari 99,9% jenis kuman, bakteri dan virus. Perangkat Ionizer ini akan memancarkan ion oksigen dan hidrogen aktif yang tidak berbahaya, dan menangkap substansi berbahaya yang adai di udara seperti jamur, kuman dan penyebab alergi. Dengan sistem Anti Virus dari LG, udara bersih akan disirkulasikan ke setiap sudut rumah sehingga kulit kita pun akan selalu bersih dan sehat karena terhindar dari berbagai macam bakteri dan virus.

  2. Perawatan Kulit (Skin Care)
    Tetap mengaktifkan penyejuk udara ketika tidur akan membuat ruangan kita kering. Akan tetapi, Ion Plasmaster LG akan menjaga kehalusan dan kelembapan kulit kita hingga 15% sepanjang malam sehingga tidak membuat kulit kita menjadi ikut kering. 

  3. Plasmaster Auto Cleaning dan Plasmaster Cyclotron Filter
    AC ini juga berfungsi sebagai pembersih otomatis yang komprehensif mencegah pembentukan bakteri dan jamur pada unit pengubah panas sehingga dapat menghasilkan lingkungan yang nyaman. Teknologi Cyclotron Plasma Filter LG mampu membakar partikel-partikel debu halus serta menghilangkan bakteri hingga 30% lebih efisien dibandingkan dengan teknologi plasma filter konvensional sehingga udara pun menjadi lebih bersih. Kebersihan lingkungan dengan udara yang bersih dan tak berdebu dan tidak banyak mengandung bakteri juga akan mempengaruhi kesehatan kulit kita. 


 
     Kelebihan-kelebihan yang dimiliki LG Skin Care, Deluxe Inverter V tersebut membuat kita dapat melakukan perawatan kulit baik di saat kita sedang sibuk beraktivitas dan bekerja, maupun di saat kita sedang beristirahat dan tidur. Perpaduaan perawatan kulit secara alami dengan berbagai tips di atas ditambah dengan cara yang modern dengan kelebihan yang dimiliki AC LG ini dapat membantu merawat dan menjaga kesehatan kulit kita secara maksimal. Secara tidak sadar, di dalam ruangan kita terdapat banyak kuman, bakteri dan virus yang tak terlihat yang berbahaya bagi tubuh dan juga kulit kita, sehingga penting untuk menggunakan AC LG Skin Care, Deluxe Inverter V ini. Selain tubuh kita sehat, kulit pun ikut menjadi lebih sehat.  Keep charming and healthy!

Thursday, April 12, 2012

Indonesia, A Friendly Beautiful Country!

Thanks to the internet, who makes the world become smaller than ever! I like to have many friends from all over the world with many nationalities because I will get many knowledge and learn many things from them. I have a friend in France, he's name is Laurent. We speak a lot on Skype, I'm acquainted with him on Facebook almost two years ago. He teaches me a lot of french language and cultures. And this year on August, he had a vacation and he came to Indonesia. We met in Jakarta on the airport Sukarno-Hatta. It was his first time to visit Asia.



    On the second day, I took him to Tidung Island in Kepulauan Seribu. I never visited that island too but I searched on internet before to make sure that it's a good choice. From a hotel on Jalan Jaksa, we went in the morning by taxi to the Muara Angke harbor. To go to Tidung Island, there is only one departure by a boat on 8 o'clock sharp. We arrived on the harbor on 8 o'clock! There was a man who asked where will we go and he said “Oh! Hurry up! The boat to Tidung is almost leaving!” So Laurent and I were panic and we ran fast with his big suitcase and my big backpack. Many people there saw us running and a man asked again where will we go, and after he knew that we want to go to Tidung, he shouted to a boat “Tidung, wait! Wait! There are two more passengers!” and I saw a boat was started to leave from the harbor and then that boat was trying to go back and stop and we ran fast to reach that boat, there are two or three peoples who helped us to bring our belongings to the boat and until we went up on the boat. We almost missed the boat. It's so kind the people in the harbor to help us reaching the boat.

    It was a first time for Laurent taking a boat like that on the sea. He enjoyed the voyage, but suddenly, the boat was stopped and started to shake repeatedly. “Oh my God, what happen?” asked him. I didn't know. I tried to be calm even if I can't swim and we didn't use life belt and I saw Laurent started to be afraid. We were in the middle of the sea and the boat stopped suddenly! I asked to the ship's captain and he said that there was rubbish entered the engine of the boat. Oh my God! It is caused by garbage in the middle of the sea!

    And then after several minutes, the boat was starting to move, there was a man who took the garbage from the engine. Huff...thanks God! After more than two hours on the boat, we finally arrived on Tidung island. There was a boy who picked us up from the inn that I booked before via telephone. He showed us our inn and we took a rest. In the afternoon, Laurent wanted to go to the beach. So we went out from our inn and we walked pass through road between the houses. The people of Tidung on the street saw us, because I was with a stranger or we call it bule. There was no other bule on the island at that time.



    Almost every man, woman, teenager, or children whom we met in passing on the street, they said “Hi mister!” to Laurent and they smiled. I was rather surprised, so did Laurent. He was surprise because the people was really friendly here. Laurent picked his camera digital and took many photos. There are some trees in front of each house on Tidung Island, a majority is the tree with different fruits. Laurent never saw that kind of fruit so that he asked me what it is and he took a photo of it. We passed a child with his mom who tried to take a fruit, in Bandung we call it kersen, with a stick. The mom asked us, “You want to try?”, she handed the stick to me, then I asked Laurent to try to take the fruit from the tree. When he got successfully the fruit, he ate it and he found that it was delicious. We thanked the mom and the child. After that we passed by a man who climbed on the coconut tree, he was trying to get the coconut. Laurent was surprise to see that, he never saw it in his country.


   
We continued to walk and finally we arrived at the beach. It was so beautiful. The water of the sea is clear and soft blue and the beach has white sand. There is a bridge too who connect this island to island of Tidung Kecil. The view is really amazing! But unfortunately, we couldn't playing on the beach because there was many rubbish on the sand, even there were pieces of glasses on the sand, it could hurt us if we didn't watch out. Laurent was upset. We spent time on the beach until 5 o'clock and we took a walk on the island. The next day we came back to Jakarta, we spent the time in Jakarta, Bandung and we visited volcano Tangkuban Parahu too. He said that Indonesia is very beautiful and the people is so friendly but unfortunately there are many rubbish on the island and in the cities, but overall he loves Indonesia. So Indonesians, let’s keep our country clean and beautiful so that the tourists who visit our country will be pleasant!

Limit Vehicles!

Nowadays traffic congestion in big cities in Indonesia cause apprehension, for instance in Jakarta, Bandung, and Surabaya. One of the main problems that cause traffic congestion is the volume of vehicles was not equal with the available roads. The number of vehicles in Bandung in 2011 reaches 1.2 million units and in weekend the roads in Bandung must hold almost 120,000 units more. Whereas in fact length of the roads in Bandung just 1,200 km. Similarly, in Surabaya the number of vehicles reached 3,895,061 units and the number of private transportation is bigger than public transportation. And in the capital city, Jakarta, the number of vehicles reached 11,362,396 units. So to overcome unlimited number of vehicles in big cities, government should limit the ownership of vehicles.
   


We can see in the streets, there are many people who use their own vehicle but actually the vehicles just contain one person or not more than three persons. With the limitation of vehicles' ownership, people will use public transportation not use private transportation anymore. But it will be very difficult to realize and need a lot of money since public transportation in this country was unsafe and uncomfortable. For example in the bus or train, the passengers feel unsafe resulted from often happened crimes. They are also feeling uncomfortable because the condition of public transportation which dirty, old, damaged, and full over the capacity. Besides that, it will take longer time if we use public transportation than if we use our own vehicles because the public transportation will pass through traffic lane that has determined and will take more time if it stops waiting for passengers. And not all area passed by public transportation. That is why people prefer to use their own vehicles than public transportation so they can go anywhere and anytime they want safely, comfortable, and fast.


    As mentioned before, the huge number of vehicles nowadays causes bad traffic congestion, especially in the morning and afternoon when workers go out and go home. Of course it wastes our time. Moreover, it will take hours and it make many people in the street fed up. As we know, every weekend there are traffic congestion in Bandung because big number of vehicles comes from another city.



    The government has to limit the number of vehicles because the escalation number of vehicles also will make the escalation number of accidents. The accidents that often occur are motorcycle accidents because nowadays the number of motorcycle is huge. A total of  935 victims recorded fatalities resulted from traffic accidents in Jakarta from January to October 2011, and the majority of those involved motorcycles. The primary causes of these accidents were reckless driving by motorcyclists, defective motorcycles and poor law enforcement.


    In other side, level of pollutions in big cities, especially in Jakarta is in serious condition that cause by a lot of vehicles. If you pass by main streets in the business center with trees along the sidewalk, you will find the tree bark along that street seen pitch black colored and the leaves seen not green  anymore. Exhaust fumes from private transportation or public transportation has contributed to color alteration of that trees. Another thing that we can see everyday is the motorcyclists must use mask if they do not want to inhale exhaust fumes. In the morning when we can inhale fresh air, now it is become uncomfortable because we have to inhale filthy air that cause by exhaust fumes. Air pollution from vehicles also decrease air coolness that ought to enjoyed by people.


    To solve the problems that cause by the huge number of vehicles, government has to make regulation to limit the number of vehicles, especially private transportation. The regulation can be in each house permit only have one vehicle because nowadays in one house can be has two or three vehicles that used by each family's member separately. Or government can complicate people who want to have driving license, like in western countries it is very difficult to get driving license so people prefer to use public transportation than their own vehicle. Government also can burdened special tax for people who have more than one vehicle, maybe the tax can revolves around 10-15% of the vehicles' price and they pay annually. So government also can get income to improved mass transportation. People will change from using their own vehicles to using public transportation if the public transport system is accessible, safe, comfortable, and achievable. So government must improve mass transportation as a result people will interested to use mass transportation and the number of private vehicles will decrease significantly. Non government organizations who care to nature also can take part by campaign for the needs of clean air. Maybe they can campaign for “car free day” weekly, the day when people not allowed using vehicles that held one day in a week. At least people can feel clean air one day in a week better than nothing.



    In brief, to minimize the negative effects of the huge number of vehicles, government must make regulations to limit the number of vehicles. Because, if government do nothing,  the problems will be more complex and of course more difficult to solve. It's needed cooperation between government and people to solve these problems so it will be easier. Maybe some years forward if government limiting vehicles and build good mass transportation, people will use public transportation and the problem such as traffic congestion and air pollution will be decreased and the transportation in our country will be like Singapore or Japan.

University Students Wear High School Uniform

In the ladder of someone’s life, one of the unforgettable time would be the moments in high school. At that time, we had our puberty, we were pleased to get along, maybe we were a little bit naughty, tried new things, and it’s possible if many of us found our first love in high school, including me. I always remember the moments in high school. I had many best friends in high school and until now they remain my best friends even we study in different universities. I remember too my teachers in high school, there was a teacher of sport who’s fierce and he liked to checked out the uniform of students and the hair of the boys. I had several problems with him. He had cut my bangs and he scratched my shirt with felt-tip marker because my short was too skinny he said! Grr… I was pissed off! And a teacher of religion admonished me because I had colored my hair in brown. I was angry at that time, but now if I remember it, I think it’s a nice experience that will never come again. SMAN 20 Bandung, is always in my heart. I hope it remains a favorite high school in Bandung and hopefully become better.



Now I attend Padjadjaran University, Bandung. I was almost 4 years studying here. I have three new best friends, they are really nice and they understand and know me well. They are Bunga, Mela and Sheira. Somehow we suddenly remembered the high school’s time and we had desire to use high school’s uniform. Because we don’t have our high school uniforms anymore so we have decided to buy new uniforms in Pasar Baru, Bandung. Then several days later after we bought it, we wore high school uniforms and hung out to Bandung Indah Plaza and photographed in a studio photo. 


Many people payed attention of us, maybe because Sheira had a little make-up. We passed by many “real” high school students too but they didn’t look at us strangely. Sheira told me that there was a woman in the toilet who asked “Wow, nowadays the high school students are beautiful! Where is your school?” Firstly she was confuse but she remembered that SMA 20 was my school so Sheira answered “Hmm…thank you. Euh…my school is SMA 20”. LOL. And one thing who made me surprised, when I went to the toilet there is a men who flirted at me and when I washed my hands he said “You are cute! Where is your school? Which grade are you?” I said “Oh my God” in my heart and and then I answered “Thanks, I study in SMA 20. I’m third grade.”, he believed it. Then I went out quickly and met Sheira, Bunga and Mela again. The photographer in a photo studio also considered us as third grader in high school, LOL. Whereas in fact, we are in eight semester, we almost finish our study in university! What a crazy fun day! After spent time in BIP we walked around in Jalan Braga. While we still have younger face than our age, take advantage of it guys! ^ ^ By the way, we have a plan to spend one day with high school uniform again, but with more friends…

Wednesday, April 11, 2012

HUT Konferensi Asia Afrika ke 57

Untuk menyambut hari jadi Konferensi Asia Afrika ke 57 pada tahun 2012 ini, pada tanggal 18-22 April akan diadakan berbagai acara menarik di berbagai venue di kota Bandung. Kebetulan saya menjadi volunteer untuk membantu pelaksaan HUT kali ini. Saya senang bisa membantu dan berpartisipasi. 

Ayo datang ke Bandung dan ikuti berbagai rangkaian acara yang menarik dan gratis! Ada Pengibaran Bendera 106 Negara Asia-Afrika, Sejarah Perkembangan Kain dan Batik di Asia-Afrika, Jawa Barat Handicrafts Exposition, Simulasi Sidang PBB, Youth Talk, Film Screening, Kamari -Bihari -Kiwari Tour, Periksa Kesehatan Cuma-Cuma, Apple Day & Penyuluhan Lingkungan, Braga Walking Day (Braga Car Free Day) , dan masih banyak acara menarik lainnya. Untuk mengetahui lebih detail dapat mengklik gambar-gambar di bawah ini.




Tuesday, April 10, 2012

TITANIC, The Best Movie of All Time


Pertama kali saya menonton film pada tahun 1998. Waktu itu ibu dan bapa saya mengajak saya dan adik saya untuk menonton di sebuah bioskop di kota Bandung pada suatu malam. Pada saat itu saya masih berumur 9 tahun, sedangkan adik saya berumur 7 tahun. Karena film ini adalah film dewasa, saya masih ingat ketika itu ibu saya ragu apakah saya dan adik saya bisa masuk ke dalam bioskop melewati pemeriksa karcis, tetapi berkat ayah saya yang melakukan sedikit lobi dengan pemeriksa karcis akhirnya saya dan adik saya bisa masuk ke teater ! Itu adalah pertama kalinya saya dan adik saya menonton film di bioskop.

 
Sambil memakan popcorn yang kami beli, saya menonton film itu dengan penasaran. Tentu saja karena saya masih kecil, saya tidak terlalu mengerti jalan ceritanya sehingga saya hanya menikmati tampilan visualnya. Dan saya juga masih ingat, ibu dan bapak saya menutupi mata saya dan adik saya ketika dalam film itu ada adegan ciuman dan dewasa. Pada masa itu tentu saja saya tidak tahu adegan seperti apa yang ditampilkan itu. Saya hanya patuh untuk tidak melihat. Tetapi sebagai anak kecil, setelah menonton film itu secara keseluruhan, saya sangat terkesan dengan film Titanic ini dan juga dengan kapal laut yang megah ini. Saya terkesan secara visualnya dan adegan-adegan di saat Titanic tenggelam. Begitu memukau.

Sekitar dua atau tiga tahun kemudian, di daerah rumah saya biasanya ada layar tancep yang digelar di lapangan di belakang rumah saya. Kebetulan pada suatu hari, layar tancapnya menayangkan film Titanic ! Tentu saja saya mengajak semua genk bermain saya sewaktu itu untuk menonton layar tancap sekitar jam 7 malam. Kami hanya membayar beberapa ratus rupiah untuk bisa menonton layar tancep itu. Kami memakai jaket dan membawa alas duduk dan membawa beberapa cemilan. Pada saat itu, saya lebih mengerti jalan ceritanya dan lebih terpukau akan film yang luar biasa ini. 

 
Beberapa tahun setelah itu film ini hadir di sebuah stasiun TV nasional dan saya pun tak bosan untuk terus menontonnya. Setiap tahun, stasiun TV itu memutarkan film ini dalam dua bagian dan saya terus menontonnya. Saya pun menontonnya beberapa kali di VCD ketika itu dan kalau dihitung-hitung saya sudah menonton film ini lebih dari 16 kali ! Tetapi saya tak pernah bosan. Bahkan seiring pertumbuhan pikiran dan kedewasaan saya, saya semakin kagum akan film ini dan juga jalan ceritanya dan bahkan beberapa kali saya menitikkan air mata menonton film yang menyentuh ini.

Rose yang diperankan Kate Winslet dan Jack yang diperankan Leonardo DiCaprio begitu pas dan sangat hebat aktingnya. Saya membayangkan dan berpikir, pasti banyak orang yang juga merasa hidupnya begitu hampa sehingga mereka memutuskan untuk bunuh diri seperti Rose. Saya termasuk orang yang sempat berpikir untuk melakukan itu. Namun, saya masih memikirkan keluarga dan saya punya seseorang yang selalu membuat saya kuat dan menerima saya apa adanya, yakni kekasih saya yang sekarang. Saya pun belajar dari Jack, meskipun dia orang yang miskin, tetapi dia menikmati hidup apa adanya dengan senang hati dan berkat keberuntungan dan takdir, dia berhasil mendapatkan kesempatan untuk naik kapal semewah Titanic. Dengan segala keterbatasan finansial, saya masih beruntung dapat merasakan berbagai kenikmatan dan kebahagiaan yang Tuhan berikan untuk saya, juga keberuntungan-keberuntungan yang sudah saya dapatkan. 

 
Beberapa adegan yang membuat saya terharu juga adalah ada sepasang suami istri lanjut usia yang pasrah menghadapi kematian dengan berbaring di tempat tidur sambil berpelukan, sebuah cinta sejati... Juga ada seorang ibu yang di saat-saat kapal akan tenggelam, dia berusaha menidurkan kedua anaknya yang masih kecil dan akhirnya mereka tenggelam bersama. Juga di saat kapten kapal Titanic (Edward John Smith) dan pembuat kapal Titanic (Thomas Andrews) memilih untuk tenggelam bersama kapalnya. Terutama di saat Rose ketika sudah berada di sekoci, dia memutuskan untuk loncat kembali ke kapal karena dia tidak ingin pergi tanpa orang yang dicintainya dan yang telah menyelamatkan hidupnya ketika dia berusaha untuk bunuh diri sebelumnya. Meskipun itu cerita dalam film, namun saya yakin orang-orang seperti itu ada dalam kehidupan nyata. Orang-orang baik, orang-orang yang bertanggung jawab atas kesalahannya, orang-orang yang tidak bisa pergi tanpa orang yang dicintainya. Saya yakin orang-orang seperti itu ada. Bukan hanya ada orang-orang yang egois yang ingin menyelamatkan diri di saat seperti itu dengan menghalalkan berbagai cara seperti Joseph Bruce Ismay dan Caledon Nathan "Cal" Hockley.

 
Dari film ini, saya juga belajar untuk tidak sombong. Karena White Star Line pada masa itu mengklaim kapal adalah kapal terbesar yang pernah dibuat manusia dan kapal ini tidak bisa tenggelam dan bahkan Joseph Bruce Ismay berkata « Bahkan Tuhan pun tidak bisa menenggelamkan kapal ini ! ». Manusia sebenarnya tidak berhak sombong, hanya Tuhanlah yang berhak sombong. Tetapi sebagai manusia, adalah hal yang manusiawi jika berbuat salah dan kadang-kadang merasa sombong, bahkan saya sendiri. Namun kita harus berusaha untuk terus rendah hati dan mengurangi terus rasa sombong yang kita miliki. 

 
Saya pun terpukau dengan sekelompok pemain musik yang terus memainkan untaian nada-nada indah meskipun di saat-saat kapal itu akan tenggelam. Saya sangat suka dengan semua musik dalam film ini. Sangat pas dan sangat menyentuh. Fisual efeknya juga sangat keren ! Ketika menggambarkan suasana saat tenggelamnya Titanic, orang-orang berjatuhan ketika Titanic terbelah dua, juga menggambarkan begitu besar, megah dan mewahnya kapal ini, ketika air mengepung seisi kapal, sangat memesona ! Yang membuat saya sedih adalah ketika Jack Dawson meninggal karena kedinginan dan dia berhasil mensugesti dan membuat Rose untuk bertahan hidup dan berusaha untuk selamat. Sebuah kisah cinta yang luar biasa. Selain itu hal yang menyedihkan adalah dari 20 sekoci yang ada, tetapi hanya 1 sekoci yang memutuskan untuk kembali dan berusaha menolong para penumpang yang mengapung di lautan tapi mereka hanya berhasil menolong 6 orang yang masih selamat dari dinginnya samudera Atlantik.

 
Begitu banyak hal yang membuat saya kagum akan film ini yang tidak bisa saya jelaskan satu per satu karena saking banyaknya. Salut untuk James Cameron ! Bukan hanya saya yang menilai film ini sangat luar biasa, buktinya film yang pernah menjadi film dengan biaya produksi termahal di dunia yakni senilai sekitar 200 juta dollar Amerika ini meraih 14 nominasi Academy Awards (Oscar) dan berhasil mendapatkan 11 Oscar, termasuk untuk Best Picture dan Best Director. Selain itu, film Box Office ini pernah menjadi film terlaku sepanjang masa dengan perolehan $1,843,201,268 di seluruh dunia. Hal itu dikalahkan oleh fil Avatar yang juga disutradarai James Cameron pada tahun 2010. Namun saya rasa film Avatar tidak terlalu membekas seperti Titanic dan tidak bisa seberhasil Titanic di Oscar. Film Avatar hanya mendapatkan 9 nominasi Oscar dan hanya berhasil mememenangkan 3 Oscar. Oleh karena itu bagi saya film Titanic ini merupakan film terbaik sepanjang masa. 

 
Pada tanggal 9 April 2012 kemarin, saya menonton film Titanic 3D di bioskop Blitz Megaplex Paris van Java Bandung dengan sahabat-sahabat saya. Entah keberapakalinya saya menonton film ini dan masih terpukau oleh film ini dan tidak bosan untuk menontonnya. Film Titanic 3D rilis untuk merayakan 100 tahun berlayar dan tenggelamnya kapal ini. Saya senang bisa ikut menyaksikannya lagi di bioskop.



Thursday, April 5, 2012

Rasa yang Kuyakini

 
Saat tak kutemukan setitik cahaya 
Saat semuanya terasa gelap dan kelam 
Hanya satu bintang yang aku percaya
Kepadanya aku bicara di waktu malam 

Saat semua ombak menjauh pergi 
Meninggalkan hamparan pasir putih 
Tak ada pancaran sinar mentari pagi 
Aku akan tetap berjalan meski tertatih 

Berbekal keyakinan akan sebuah rasa 
Sebuah cinta yang tulus nan berbalas
Dengan semua harapanku yang tersisa 
Aku rajut mimpiku tanpa rasa malas

Tak kuhiraukan gonggongan para pendusta 
Mengalun indah hinaan dari mulut manisnya 
Lebih berharga bagiku besarnya cinta 
Dari sebuah bintang yang tak kalian punya 

Bandung, 4 April 2012, 23:30 
 
Ricky Mardiansyah 
 
 

IF NO ONE WILL LISTEN

Maybe no one told you there is strength in your tears
And so you fight to keep from pouring out
But what if you unlock the gate that keeps your secret soul
Do you think that there's enough that you would drown?

If no one will listen
If you decide to speak
If no one's left standing after the bombs explode
If no one wants to look at you
For what you really are
I will be here still

No one can tell you where you alone must go
There's no telling what you will find there
And, God, I know the fear that eats away at your bones
Screaming every step, "Just stay here"

If no one will listen
If you decide to speak
If no one's left standing after the bombs explode
If no one wants to look at you
For what you really are
I will be here still

If you find your fists are raw and red from beating yourself down
If your legs have given out under the weight
If you find you've been settling for a world of gray
So you wouldn't have to face down your own hate

If no one will listen
If you decide to speak
If no one's left standing after the bombs explode
If no one wants to look at you
For what you really are
I will be here still

If no one will listen
If you decide to speak
If no one's left standing after the bombs explode
If no one wants to look at you
For what you really are
I will be here still
I will be here still

by: Kelly Clarkson


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...