Tuesday, May 3, 2011

Belajar dari Kesuksesan Pocari Sweat!


Siapa sih yang ga kenal Pocari Sweat? Ya, minuman isotonik itu sekarang udah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini adalah pelopor minuman isotonik di negara asalnya Jepang dan di Indonesia. Tau ga sih kalo ternyata Pocari Sweat itu waktu awal produksinya mengalami kegagalan dan penolakan oleh masyarakat? Gimana sih asal mula diproduksinya minuman ini? Penasaran kan? Coba deh liat video di bawah ini. Dengan alur cerita yang sederhana tapi menarik, pasti kalian bisa ngerti asal mula minuman ini tercipta sampe keberhasilannya sekarang. Kita juga bakal dapet banyak pengetahuan dari video ini.


  



Gimana? Dah ditonton kan videonya? Inspiratif banget ya videonya! Ga nyangka juga kan ternyata Pocari Sweat muncul dari ide "cairan infus yang bisa diminum" untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat ketika kita beraktivitas dan ternyata Pocari Sweat mendapatkan kesuksesan dengan cara yang ga gampang. 


 Hikmah yang bisa saya petik dari video itu adalah kesuksesan tidak dapat kita raih hanya dengan keberuntungan dan nasib semata tetapi melalui proses kerja keras, pantang menyerah terhadap kegagalan dan selalu berinovasi. 









Presiden Soekarno pernah berujar "Jas Merah" Jangan sekali-sekali melupakan sejarah! Beliau benar karena sejarah kita ketahui dan kita pelajari agar kita belajar dari kejadian-kejadian masa lalu dan dari pengalaman orang lain agar masa depan kita lebih baik lagi dibandingkan sejarah itu sendiri dan dari video Sejarah Pocari Sweat (History of Pocari Sweat) kita dapat belajar inovasi, kerja keras dan semangat pantang menyerah dari orang-orang yang ada di balik keberhasilan minuman Pocari Sweat.

Kita harus belajar kepada orang Jepang yang mempunyai sifat-sifat yang bagus seperti: Tekun, Pantang Menyerah, Pekerja Keras, berani, dan inovatif! Dari video Sejarah Pocari Sweat itu juga tercermin sifat-sifat orang Jepang:

* INOVATIF: Akihiko Otsuka mempunyai keinginan untuk membuat sebuah produk yang belum pernah ada dan dia tidak ingin mengekor begitu saja kesuksesan perusahaan kakek dan ayahnya, Otsuka Pharmaceutical. Perusahaan itu adalah produsen peringkat pertama di Jepang untuk cairan infus dan terkenal juga dengan minuman Orinamen C-nya. Rokuro Harima sebagai Penanggungjawab Pengembangan Minuman dan ahli rasa di perusahaan juga mempunyai ide yang inovatif untuk membuat minuman cairan infus yang bisa diminum. Lalu keputusan inovatif lainnya dari presiden direktur Akihiko Otsuka adalah membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis!

*PANTANG MENYERAH dan PEKERJA KERAS: Akihisa Takaichi, seorang peneliti muda yang ditugasi oleh Rokuro Harima untuk membuat minuman baru ini memikirkan penelitian siang dan malam, bahkan pada hari libur juga. Dan di saat dia berhasil menambahkan pemanis alami ke dalam minuman yang masih ditelitinya, Harima menolaknya karena minuman itu terlalu manis tetapi Takaichi tidak putus asa dan bahkan dia telah menghasilkan minuman uji coba sampai 1000 jenis! Coba bayangkan betapa gigihnya perjuangan dia sampai akhirnya dia menemukan paduan yang khas dengan salah satu jenis jeruk. Selain itu, Akihiko Otsuka yang mendapatkan tanggapan negatif dari para anggota direksi tetap teguh untuk menjual produk minuman barunya.

* BERANI: Selain inovatif, keputusan Akihiko Otsuka untuk membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis juga merupakan langkah yang BERANI banget! Bayangkan mereka membagi-bagikan lebih dari 30 juta kaleng Pocari Sweat senilai 400 milyar rupiah! Berani banget ngambil resiko kerugian. Tapi keberanian mengambil resiko itu membuahkan kesuksesan besar bagi Pocari Sweat hingga kini bisa hadir di 16 negara. 


Pantesan Jepang menjadi negara maju karena orang-orangnya pekerja keras dan pantang menyerah seperti yang tercermin di Sejarah Pocari Sweat. Kita harus mencontoh mereka agar bangsa ini bisa maju juga! :)
"Tidak banyak orang yang berhasil mencapai tangga kesuksesan tanpa melewati pengorbanan dan kesulitan. Sebagian besar mereka yang berhasil mencapai tangga kesuksesan dalam kehidupan pernah mengalami berbagai tantangan, kesulitan dan pengorbanan. Namun mereka yang mencapai tangga kesuksesan ini tidak pernah menjadikan kesulitan, tantangan dan pengorbanan sebagai kegagalan. Mereka menjadikan kesulitan dan kegagalan sebagai bagian dari proses perjalanan suksesnya. Resepnya, antara lain, tidak mudah berputus asa, memiliki keberanian mengambil resiko yang terukur, berani mengambil tindakan. Kalau melakukan kegagalan, mereka berusaha memperbaikinya dan terus bekerja, hingga akhirnya mencapai kesuksesan."

Kunci kesuksesan di atas yang pernah disampaikan oleh seorang motivator Indonesia, Mario Teguh, juga sangat tepat dengan video sejarah Pocari Sweat tersebut. Semoga kita bisa belajar dari kegagalan dan kesuksesan Pocari Sweat dan menjadi orang yang berhasil! Amin... :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...