Thursday, March 31, 2011

Surat untuk Yth Bpk Tifatul Sembiring

Dengan hormat,
Dengan menjaga segala bentuk sopan santun yang bisa saya pikirkan, saya ingin menyampaikan surat ini kepada bapak, dan akan terus mencoba sampai bapak membaca dan memberikan komentar. Sebagai orang yang berpendidikan dan mempunyai jabatan, saya rasa bapak pasti akan memberikan jawaban kepada saya , yang notabene adalah rakyat Indonesia biasa, pendidikan seadanya, tapi minimal saya punya hati nurani .

Bapak yang baik,
Saya ingin menanyakan satu hal yang terjadi beberapa waktu yang lalu . Bukan terlambat , tapi saya sebagai orang beragama dan berpendidikan , diajarkan untuk mendinginkan diri dulu, bicara tanpa emosi dan menggali data dengan benar sebelum bertanya . Sehingga jangan sampai ada kalimat sembarangan keluar dari mulut saya dengan emosi .

Bapak yang baik,
Ingatkah bapak bahwa beberapa saat yang lalu anda berbicara mengenai AIDS di twitter dan mengatas namakan penyebabnya adalah :
” AKIBAT ITUNYA DIPAKAI SEMBARANGAN ” ???
Kalau bapak lupa , bisa saya ingatkan karna tidak lama kemudian bapak kembali mengulang hal itu saat melakukan wawancara dengan Detik .

Bapak yang baik,
Kapankah terakhir kalinya bapak menginjak bangku sekolah ?
Andaikan terlalu jauh untuk bapak mengerti mengenai penyebab - penyebab penyakit tersebut,
pernahkah bapak mendengar yang namanya Hak Azazi, sopan santun ,empati dan PERASAAN?

Bapak yang baik,
Dimata orang awam seperti saya, andalah orang yang harus nya bisa memberikan saya info dan masukan dan bimbingan .
Tapi tidak masalah kalau memang ternyata anda tidak pernah diajarkan dimanapun atau tidak pernah menemukan akses untuk bisa mendapatkan data tentang AIDS .

Marilah kalau begitu, saya yang memberikan anda sedikit masukan .

1 . Sebutlah mereka ODHA , Orang dengan HIV Aids .
2 . Sebutlah mereka sahabat pak, karna mereka adalah sahabat .
3 . Itu nya itu apa pak ? Mulut nya dipakai sembarangan ? Oh maaf . Kita tidak sedang membicarakan anda .
4 . Saya mempunyai beberapa orang teman yang hidup sebagai ODHA ,dan mereka perawan pak. Saya sharing info sedikit, hal tersebut bisa kita dapatkan dari orang tua kita . Bukan dari ITU!
5 . Saya punya banyak teman ODHA dan masih perawan juga pak , justru dengan persentase lbh besar , mereka tertular melalui jarum suntik pak , bukan dari ITU !!!
6 . Apakah anda tahu bahwa kita bisa berciuman sekalipun dengan ODHA , dan tetap tidak tertular selama kita tidak ada luka terbuka ?
7 . Apakah anda tahu bahwa kita bisa berhubungan badan dengan seorang ODHA dan berkurang resiko tertularnya dengan benda yang disebut sebagai kondom ?
8 . Tahukah anda bahwa ada banyak cara lain tertular selain melalui ITU ?? Ataukah cuma itu yang ada di kepala bapak ?

Banyak sekali lembaga diluar sana yang sangat terbuka untuk memberikan info mengenai HIV Aids .

Bapak yang baik, apakah pemmbicaraan ini tabu dan haram untuk anda ?
Seharam menyentuh seorang wanita kecuali itu adalah ibu negara dari negara adidaya ?

Bapak yang baik,
Pernahkah anda berpikir bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kecuali memakan kepala sendiri ?
Pernahkah anda berpikir bahwa suatu hari , salah satu anggota keluarga anda mungkin saja mengalami hal ini ?
Pernahkah anda bayangkan rasanya disaat itu , orang menunjuk keluarga anda dan cuma berkata ” ITU NYA SIH DIPAKE SEMBARANGAN !!! ”

Bapak yang baik,
Mengertikah anda kata empathy atau simpati … ataukah anda sama tidak mengertinya seperti anda tidak mengerti gejala dan penyebab penyakit HIV Positif?

Bapak yang baik,
Kalau mereka dianggap buruk karena tidak bs menjaga tubuhnya , apakah bedanya mereka dengan orang lain yang tidak bervirus bakteri tapi memakan lemak setiap hari bak pejabat rakus dan harus sakit - sakitan karena kerakusannya ? Sama pak .
Sehingga saat kita tidak menjaga tubuh ,makan, mulut dengan baik, kita sama - sama mengidap pnyakit itu dengan cara yang berbeda ?

Bapak yang baik,
” Siapakah yang memberi hak kepada anda untuk menilai orang lain , dan siapakah yang pernah menunjuk anda atau memberikan anda derajat yang lebih tinggi dari orang lain ?”

Bapak yang baik,
Tahukah anda bahwa Baik Presiden maupun abang becak itu sama kedudukannya di mata TUHAN ??

Bapak yang baik,
pernahkah bapak berpikir bahwa semua orang pasti disaat nya melakukan pilihan yang salah , atau kadang tidak mempunyai pilihan sama sekali ?
Sama seperti mereka yang menjadi ODHA tanpa pilihan ?
Sama seperti mereka yang pernah berbuat salah dan kini sudah menyesal dan menerima tanpa harus diingatkan dan dihina lagi ?
Bukankah itu makna agama ?
Bukankah akar dari semua agama harusnya adalah KASIH ?

Bapak yang baik,
Satu pesan yang diajarkan orang tua, keluarga, suami, sahabat dan agama saya adalah :
jangan hidup bak Tong Kosong Nyaring Bunyinya .

Jangan mengatakan sesuatu tanpa berpikir .
Jangan pernah menganggap diri kita lebih baik dari orang lain, karna kita TIDAK lebih baik .

Bapak yang baik,
terima kasih atas waktunya …
Saya akan menanti komentar bapak atau ajakan diskusi bapak sebagai seorang pejabat, seorang bapak, seorang yang saya harapkan bisa saya pandang di Indonesia .

Jawablah dengan cerdas .

Hormat saya
Melanie Subono

Sunday, March 27, 2011

My 22nd Birthday, 20th March 2011

Waktu berlalu dengan cepat dan kadang tak terasa… Begitu juga dengan umur kita. Tak terasa 20 Maret 2011 kemarin aku sudah berumur 22 tahun. Rasanya baru saja aku takut untuk masuk ke usia berkepala 2 namun sekarang aku sudah 22 tahun… hmmm… Tahun ini aku melewati pergantian umurku di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Pramuka. Jam setengah 12 malam sampai jam setengah 1 tanggal 20 aku lewatkan di pinggir laut, meskipun angin bertiup begitu kencang, dingin menusuk tulang dan bertepatan juga dengan Supermoon. Di umurku yang baru 22 tahun ini, aku merasakan begitu banyak cobaan yang telah aku dapatkan dari Tuhan dan terkadang aku merasa lelah dengan hidupku. Malam itu rasanya ingin sekali terjun ke laut… Tapi aku tak cukup berani, karna aku tahu akan ada kehidupan abadi setelah hidup ini yang akan meminta pertanggungjawaban kita.

Aku sangat senang bisa berlibur di sana dan bisa merasakan secara lebih dekat keperkasaan Tuhan Yang Maha Kuasa ketika kami naik perahu boat untuk pergi dari dan kembali ke jakarta, karna jika Dia menghendaki, bisa saja perahu yang kami tumpangi terbalik di tengah-tengah lautan yang luas dan aku tidak bisa berenang ! Tetapi alhamdulilah kami tiba di Jakarta daratan dengan selamat. Dan hari itu juga, 20 Maret, aku kembali ke Bandung, pulang ke rumah. Dan pada malam harinya setelah Maghrib sahabat-sahabatku yang sudah aku anggap saudara sendiri datang ke rumah, ibuku mengundang mereka untuk makan nasi kuning buatan ibu. Mereka memberiku kado dan kue. Makasih banyak ya Ulan, Bobby, Raisa, Arsya n Aryoso.

Dan keesokan harinya aku berangkat ke kampus untuk kuliah dan pulang kuliah, sahabatku mengajak aku makan di Cafe Ngeumong, Jatinangor. Sheira dan Bunga katanya mau pergi ke Tiki dulu jadinya aku dan Mela pergi duluan ke Ngeumong. Eh taunya beberapa lama kemudian Bunga n Sheira datang bawa kue ultah ! J Ga nyangka n seneng banget… ! he he he. Dan yang lebih mengejutkan, sahabat-sahabat aku yang lain datang juga, Giby, Pipit, Chirstine n Gizca. Aku heran kenapa mereka juga dating padahal mereka ga ada jadwal kuliah pada hari itu. Taunya Bunga, Sheira n Mela yang mengundang mereka! Lengkap pake kartu undangan! Hahaha. Sumpah ga nyangka banget… N lucu banget pake kartu undangan Doraemon, kayak anak kecil aja… hehe. Makasih banyak ya sahabat-sahabatku! I really appreciate it! I was very happy and surprised.

Dan tentu saja terima kasih banyak kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikanku kesempatan untuk hidup selama 22 tahun dan memberikan kejutan dan kebahagiaan pada hari ulang tahunku yang ke 22 itu… Alhamdulilah.

Amazon, Kejutan eBook


Ada kejutan akhir tahun dari situs Amazon. Pada hari Natal, situs Amerika tersebut telah berhasil menjual buku digital melebihi penjualan buku biasa. Hal tersebut akan membungkam para pesaing buku elektronik. Namun rekor penjualan yang masih berlangsung ini (berdasarkan catatan pada hari Natal) tidak perlu menyembunyikan kelemahan eBook untuk diketahui masyarakat, walaupun bisa menggunakan wi-fi, perangkat Kindle ini tidak berwarna, selain itu layarnya pun bukan layar sentuh, serta tidak dapat dilipat. Namun muncul pesaing baru yang siap berkompetisi seperti Skiff dari Amerika yang mengembangkan purwarupa layar sangat tipis (setebal 6 milimeter, yang belum pernah ada sebelumnya) yang bisa dilipat dan disimpan dalam jas. Inilah buku saku yang sebenarnya.

 

Anggur Perancis


Sejak zaman Yunani kuno, menikmati minuman anggur bersama teman merupakan momen kebersamaan yang penting. Apakah minuman anggur yang merupakan simbol khas Perancis dapat menjadi bagian dari seni mencicipi minuman?
Dalam buku yang berjudul “Dionysos crucifié”, M. Le Gris menyangkal tegas pernyataan tersebut. Pada dasarnya rasa minuman anggur masuk dalam lingkup cita rasa dan keindahan. Namun kini kecenderungan dari bidang oenologi lebih condong ke arah segi komersialisasi dibandingkan segi estetika minuman anggur.
Perkebunan anggur harus mematuhi aturan ekonomi saat ini (sistem pertanian intensif, kemampuan pengembalian modal, dan perluasan pasar) demi percepatan produksi.
Tentu saja kepuasan minum anggur biasa tidaklah sama dengan menikmati anggur yang berkualitas. Namun contoh yang terjadi di Bordeaux, anggur yang dijual sebelum musimnya menggambarkan jelas tingginya permintaan dalam industrialisasi anggur.
Untungnya ada F. Morel yang mencatat dalam bukunya “Le livre des vins insolites” minuman anggur langka atau yang terlupakan, yang diproduksi dalam jumlah terbatas berdasarkan metode yang tidak biasa dari berbagai belahan dunia.
Selain itu, adapula buku “L’Atlas Hachette des vins Français” yang berisi daftar lengkap perkebunan anggur di Perancis. Namun dalam buku “le Guide hachette des vins” tercatat bahwa hanya 9.000 jenis minuman anggur yang berkelas dari 28.000 jenis minuman anggur yang terdaftar.
Angka tersebut menunjukan bahwa sistem sertifikasi anggur masih harus ditinjau ulang. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan secara sistematis terhadap perkebunan anggur, harus dilaksanakan agar reputasi kualitas minuman anggur Perancis tetap terjaga.

Thursday, March 10, 2011

Anak-anak Semester 8 Pake Seragam SMA! ^^

Dalam jenjang kehidupan seseorang, salah satu masa yang tak terlupakan adalah masa-masa SMA. Karena pada masa itu, kita sedang puber-pubernya, sedang senang bergaul, nakal-nakalnya, mencoba hal-hal baru, banyak yang menemukan cinta pertamanya pada masa SMA. Termasuk aku, aku juga selalu teringat masa-masa SMA. Teringat pada sahabat-sahabatku yang hingga sekarang tetap menjadi sahabat meskipun beda universitas, teringat pada guru-guru yang suka merazia pakaianku ^^ teringat pada masa-masa ulangan yang membingungkan :p dan masih banyak hal lainnya. SMA Negeri 20 Bandung, selalu ada di hatiku. Tetaplah menjadi SMA favorit dan semoga menjadi lebih baik lagi.

Kini aku kuliah di Universitas Padjadjaran, Bandung. Sudah hampir 4 tahun aku berkuliah di sini. Aku mendapatkan 3 sahabatbaru yang benar-benar baik dan mengerti aku. Mereka adalah Bunga, Mela dan Sheira. Entah mengapa tiba-tiba kami teringat masa SMA dan mempunyai keinginan memakai seragam SMA lagi. Karena seragam SMA kami sudah menghilang entah kemana akhirnya kami membeli seragam baru di Pasar Baru, Bandung. Lalu pada hari Rabu kami memakai seragam SMA dan hang out ke Bandung Indah Plaza dan berfoto studio di Jonas Photo ^^

Banyak orang yang memperhatikan kami, karena Sheira pakai sedikit make-up! Dan waktu di toilet BIP saya sempat digodain om-om juga (><)! Tapi fotografer Jonas percaya kalau kami anak kelas 3 SMA, hehehe. Padahal kami sudah mau lulus kuliah... Amin... Gokil lah pokoknya. Abis dari situ kami foto-foto di Jalan Braga :) Mumpung muka masih awet muda, manfaatkan sebaik2nya guys! ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...